Logo Sulselsatu

Tim Dosen FE UNM Gelar Pengabdian Masyarakat di Kabupetan Jeneponto

Asrul
Asrul

Selasa, 24 September 2019 09:56

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tim Dosen Fakultas Ekonomi (FE), Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar pengabdian masyarakat di Desa Palajau, Kecamatan Arungkeke, Kabupaten Jeneponto pada Selasa, 27 Agustus 2019 dan Kamis, 5 September 2019.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Tim Dosen Fakultas Ekonomi UNM dengan Ketua Tim Dr. Hj. Sitti Hasbiah, M.Si dan Anggota Dr. Basri Bado, S.Pd, M.Si, serta bekerjasama dengan Mitra Karangtaruna di Desa Palajau ,Kecamatan Arungkeke, Kabupaten Jeneponto dan dibiayai oleh DRPM Dikti Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Ketua Tim Dosen Pengabdian Masyarakat FE UNM Dr. Hj. Sitti Hasbiah, M.Si mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan keterampilan anggota Karangtaruna di Desa Palajau ,Kecamatan Arungkeke ,Kabupaten Jeneponto.

Baca Juga : VIDEO: Kebakaran terjadi di Tappalalo Jeneponto

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan anggota karangtaruna pada usaha percetakan yang selama telah dilakukan oleh beberapa anggotanya,” jelasnya.

Dalam prosesnya, instruktur yang diundang untuk memberikan materi adalah Bapak Syamsu Alam , S.Si, M.Si, sebagai dosen dan pegiat usaha desain dan percetakan. Materi yang disampaikan fokus pada peningkatan keterampilan teknik mendesain menggunakan Corel Draw dan Photoshop secara cepat dengan menggunakan aplikasi. Pada kegiatan ini, peserta dibimbing secara bertahap, dari teknik dasar sampai setting shortcut bersifat tutorial.

Usaha percetakan yang dilakukan oleh kelompok usaha pemuda Karang Taruna di Kecataman Arungkeke, masih menggunakan sistem manual, desain dan proses percetakannya masih menggunakan sistem dan pola yang sangat sederhana, mengakibatkan kapasitas produksinya relatif masih rendah.

Baca Juga : VIDEO: Pelaku Pemerkosaan dan Pencurian di Jeneponto Berhasil Diamankan

Guna mengatasi permasalahan tersebut dari Tim PKM kemitraan bagi Masyarakat Universitas Negeri Makassar (UNM) merancang kegiatan:
1) Kegiatan pelatihan pembuatan desain grafis percetakan dan sistem percetakan dengan menggunakan komputerisasi,
2) Memberikan penerapan menajemen Pemasaran supaya Mitra mengerti tentang bagaimana manajemen pemasaran yang baik dan jejaring pasokan bahan baku dengan harga yang kompetitif.

Sitti Hasbiah berharap, kegiatan pelatihan seperti ini dapat berkelanjutan dan terwujudnya Desa mandiri.

“Semoga kegiatan ini dapat berkelanjutan, dan mendukung terwujudnya desa mandiri dan berdaya,”.

Baca Juga : VIDEO: Rumah Terduga Pelaku Pemerkosaan di Jeneponto Dirusak Massa

Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video18 Mei 2024 22:20
VIDEO: Anak Hilang Misterius Dijembatan Merah Makassar Ditemukan Meninggal Dunia di TPA Antang
SULSELSATU.com – Media sosial dihebohkan dengan anak hilang di jembatan merah, Makassar, Sulawesi Selatan. Anak tersebut berhasil ditemukan dala...
Kesehatan18 Mei 2024 21:35
Kupas Tuntas Penyakit Lupus, Waspada Autoimun
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penyakit Lupus atau umum dikenal Systemic Lupus Erythematosus merupakan penyakit reumatik autoimun yang menyerang be...
Video18 Mei 2024 20:37
VIDEO: Trafo Terbakar Depan Masjid Al-Khaeriyah Palopo
SULSELSATU.com – Sebuah trafo tiang listrik terbakar di depan Masjid Al-Khaeriyah, Wecudai, Palopo tiba-tiba meledak. Kejadian tersebut terjadi ...
Makassar18 Mei 2024 19:19
Kepala Humas UNM Edukasi Warga Tentang Perda Perlindungan Guru Sebagai Profesi Mulia
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Akademisi Universitas Negeri Makassar (UNM), Dr. Burhanuddin menjadi narasumber dalam sosialisasi penyebarluasan pera...