Logo Sulselsatu

Dana Hibah Pilwali Makassar Rp78 Miliar

Asrul
Asrul

Rabu, 02 Oktober 2019 18:34

KPU Makassar (Dok.Sulselsatu.com)
KPU Makassar (Dok.Sulselsatu.com)

SULSELSATU.com, MAKASSARPemkot Makassar sepakat menganggarkan dana hibah untuk Pilwali 2020 di KPU Makassar sebesar Rp78 miliar.

Komisioner KPU Makassar Endang Sari mengatakan, awalnya, KPU mengusulkan dana pilwali Rp98 miliar, namun pemkot hanya bisa menganggarkan Rp78 miliar.

KPU Makassar sudah melakukan penyesuaian dan pengurangan dari jumlah pengajuan awal Rp96 miliar menjadi Rp78 miliar,” kata Endang kepada Sulselsatu.com.

Baca Juga : Dihadapan Menteri PPPA, PJ Sekda Sebut Longwis dan Jagai Anakta Jadi Program Keterlibatan Peran Perempuan

Anggaran Rp98 miliar untuk Pilwali Makassar merupakan hasil kajian bersama, namun dengan anggaran tersebut, KPU Makassar melakukan penyesuaian dan pengurangan dengan memangkas biasa sosialisasi, menilangkan pemilihan suara ulang dan memotong anggaran pencalonan.

“Kami memangkas biaya sosialisasi dari semula Rp10 miliar menjadi Rp3 miliar, menghilangkan anggaran PSU yang sebenarnya sangat krusial, mengurangi jumlah TPS, dan memotong anggaran pencalonan, dan lain-lain,” katanya.

Meski begitu, pihaknya tetap mempertahankan anggaran yang dianggap krusial, yang tidak bisa dikurangi karena bisa berdampak pada kualitas penyelenggaraan pilkada, seperti di data, penyelenggaraan teknis, dan logistik.

Baca Juga : Menteri PPPA Apresiasi Tiga Inovasi di Kota Makassar

“Misalnya mengurangi anggaran dan kuantitas bimtek di tingkat PPS dan KPPS bisa berdampak pada lemahnya pemahaman penyelenggara adhoc. Atau memangkas biaya pemuktahiran data yang bisa berimbas pada efektifitas petugas lapangan. Begitu pula dengan mengurangi biaya logistik berpengaruh pada ketersediaan dan kualitas logistik,” pungkasnya.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...