Logo Sulselsatu

BMKG Prediksi Musim Hujan di Makassar Mulai Pertengahan November

Asrul
Asrul

Selasa, 05 November 2019 17:58

Sejumlah pengendara roda dua menerobos hujan yang mengguyur Kota Makassar, Rabu (7/11/2018). (Sulselsatu/Moh Niaz Sharief)
Sejumlah pengendara roda dua menerobos hujan yang mengguyur Kota Makassar, Rabu (7/11/2018). (Sulselsatu/Moh Niaz Sharief)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Badan Meteoropogi Klimatalogi dan Geofisika Stasiun Klimatologi (BMKG) Wilayah IV Makassar memprediksi awal musim hujan di Kota Makassar terjadi pada minggu kedua November.

Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar, Re’kun Matandung mengatakan secara keseluruhan di Kota Makassar akan diguyur hujan pada minggu kedua November.

“Prediksi awal musim hujan terjadi November minggu kedua secara keseluruhan. Minggu kedua itu akan terjadi hujan hampir tiap hari,” tutur Rere, sapaannya, saat ditemui di balai BMKG Wilayah IV Makassar, Selasa (5/11/2019)

Baca Juga : BMKG Prediksi Kota Makassar Berstatus Siaga Cuaca Ekstrem

Namun, ia memperkirakan puncak dari musim hujan untuk Kota Makassar terjadi pada Akhir Desember 2019 sampai awal Februari 2020.

“Puncak musim hujan di akhir Desember sampai awal Februari, Dengan kategori 100 mm atau lebih per hari,” tuturnya.

Untuk curah hujan, Rere menyebut, di awal musim hujan masih intensitas sedang, sedangkan di puncak musim hujan intensitanya tinggi di sertai angin dan petir.

Baca Juga : Perkiraan Cuaca 8 Januari 2024, Makassar Hujan Ringan

Rere mengaku untuk musim hujan tahun ini mengalami kemunduran yang seharunya pada Oktober.

“Normalnya harusnya musim hujan itu sudah terjadi di Oktober, tapi ini mengalami kemunduran tapi masih normal,” katanya.

Menurutnya, kemunduran musim hujan tergantung dari arah angin. Jika angin mulai bertiup dari arah barat maka mulai musim hujan sedangkan untuk saat ini arah angin masih dari arah tenggara hingga selatan.

Baca Juga : BMKG Prediksi Puncak Musim Hujan Terjadi Januari Hingga Februari 2024

Penulis: Resti Setiawati
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video18 April 2024 22:35
VIDEO: Viral, Pria Bule Isi Bensin Mobil Mewahnya di Warung Eceran
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan mobil mewah mengisi bensin di warung eceran. Kejadian ini terjadi di Pulau Dewata Bali. Video ini d...
Teknologi18 April 2024 21:15
Indosat Bersama Mastercard Kolaborasi Hadirkan Cybersecurity Center of Excellence
Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat or IOH) dan Mastercard menandatangani nota kesepahaman berkolaborasi menjaga ekonomi digital Indonesia melalui pere...
Hukum18 April 2024 21:03
Peringati HBP ke-60, Kanwil Kemenkumham Sulsel Gelar Donor Darah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) menyelenggarakan kegiatan donor dar...
Video18 April 2024 20:39
VIDEO: Rekonstruksi Kasus Pembunuhan Suami Terhadap Istrinya di Makassar
SULSELSATU.com – Polisi menyelenggarakan rekonstruksi kasus pembunuhan yang melibatkan tersangka berinisial H (43) terhadap istrinya JU (35) di ...