Logo Sulselsatu

Pemkot Parepare Beri Bantuan 100 Beasiswa Berprestasi

Asrul
Asrul

Selasa, 12 November 2019 21:33

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, PAREPARE – Pemkot Parepare menyalurkan bantuan bagi mahasiswa S1, S2, dan S3 asal Parepare.

Bantuan untuk penyelesaian skripsi itu indikator penerimanya adalah mahasiswa berprestasi yang sesuai diatur dalam Perwali Parepare.

Hal ini diungkap Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parepare, Arifuddin Idris dalam hearing bersama Komisi II DPRD Parepare dan HIPMI Pare di ruang rapat paripurna DPRD Parepare, Selasa, 12 November 2019.

Baca Juga : Hingga 9 Desember, Kompetisi BRI Write Fest 2023 Tawarkan Hadiah Ratusan Juta! Ini Syarat dan Ketentuannya

Arifuddin mengemukakan, tahun ini kuota bantuan untuk mahasiswa S1 untuk 100 orang, sementara pemohon 195 orang. “Jadi ada 95 orang yang tidak dapat. Besarannya, Rp700 ribu untuk setiap mahasiswa,” terang Arifuddin.

Sementara kuota untuk mahasiswa S2 15 orang dari 29 pemohon, dan S3 untuk empat orang dari enam pemohon. Besarannya, Rp13 juta untuk mahasiswa S2 dan Rp25 juta mahasiswa S3. “Ini bukan wajib, hanya bantuan untuk meringankan saja,” kata Arifuddin.

Sebelumnya, Pemkot Parepare juga menganggarkan bantuan untuk mahasiswa S1 semester 3 dan 4 sejak 2016. Dasarnya adalah program Gubernur Sulsel saat itu untuk membantu mahasiswa S1. Itu juga diatur dalam Perwali Parepare tahun 2016. Besarannya Rp1 juta per semester untuk setiap mahasiswa.

Baca Juga : BRI Write Fest Digelar! Kompetisi Berhadiah Ratusan Juta hingga Berpeluang Dapat Beasiswa S2

Namun pada 2017, tidak ada lagi bantuan untuk mahasiswa S1 semester 3 dan 4. Menyusul keluarnya Perwali nomor 12 dan nomor 13 tahun 2017 yang mengatur tentang penyelesaian tugas akhir sarjana (S1) dan pasca sarjana (S2 dan S3).

“Kami akui keterbatasan menginformasikan khususnya keluar Parepare dan Sulsel. Yang kami lakukan hanya persuratan ke perguruan tinggi. Namun kami tetap berupaya untuk mentransparankan. Penerima yang lolos akan kami telepon langsung dan mengirimkan pengumumannya ke perguruan tinggi masing-masing,” tandas Arifuddin.

Hearing dipimpin Ketua Komisi II DPRD Parepare, Kamaluddin Kadir, bersama beberapa anggota DPRD yakni Namri Nasir, Hariani Ridwan, H Bambang Nasir.

Baca Juga : Pemkot Makassar Rakor Pengentasan Kemiskinan Ekstrem, Siapkan Beasiswa Bagi Anak Lorong

Penulis: Andi Fardi
Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....