Logo Sulselsatu

Ponsel Hilang? Begini Cara Melacaknya

Asrul
Asrul

Kamis, 28 November 2019 11:59

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com – Di era modern ini, kehilangan ponsel bisa dibilang bencana. Seluruh data personal seperti pesan singkat, kontak, foto, media sosial, bahkan akun perbankan tersimpan di dalamnya. Jika jatuh ke tangan orang yang salah, seluruh informasi pribadi Anda akan diketahui dan hal itu tentu sangat berbahaya.

Untuk menanggulangi peristiwa tersebut, ada sejumlah cara yang dapat dilakukan saat ponsel hilang, yakni dengan melacak keberadaannya. Setiap jenis ponsel memiliki cara yang juga berbeda. Ponsel dapat dilacak lokasinya selama GPS ponsel dalam keadaan menyala. Berikut cara melacak ponsel iPhone dan juga Android.

Iphone

Ponsel Iphone yang hilang bisa dilacak dengan mudah apabila sebelumnya telah mengaktifkan fitur ini. Cara pertama, yaitu membuka tab Icloud pada Pengaturan. Kemudian pilih Find My Iphone untuk mengaktifkannya.

Jika ponsel hilang, gunakan perangkat Apple lainnya untuk mengakses aplikasi Find My apps kemudian masukkan email Icloud yang sama dengan ponsel yang ingin dicari. Anda juga dapat melacaknya melalui desktop dengan membuka situs https://www.icloud.com/find.

Jika telah berhasil menemukan lokasi ponsel, selanjutnya ada beberapa fitur yang dapat digunakan. Apabila lokasinya tak terlalu jauh, Anda dapat membunyikan suara yang dapat mempermudah saat mencari.

Mode Hilang atau Lost Mode juga dapat diaktifkan jika dirasa ponsel terlampau jauh untuk dijangkau. Dilansir dari CNET, ponsel akan otomatis terkunci dan tetap mengirimkan lokasi sehingga siapapun yang menemukan tak dapat membukanya. Telepon maupun FaceTime yang masuk juga tetap akan berbunyi.

Android

Ponsel Android yang hilang juga dapat dilacak keberadaannya. Cara mudah yang dapat dilakukan adalah membuka browser pada komputer atau perangkat lain yang juga menggunakan email Google yang sama. Kemudian cari ‘Find my phone’ di kolom pencarian Google dan Anda akan menemukan informasi tentang ponsel Anda yang hilang. Anda juga dapat mengakses android.com/find. Informasi tersebut berupa lokasi, daya baterai, dan nama wifi yang tersambung.

Jika lokasinya tak terlalu jauh, Anda dapat membunyikan ponsel selama lima menit walau ponsel dalam keadaan mode diam.

Anda juga dapat mengirimkan pesan yang akan muncul di layar ponsel sehingga siapapun yang menemukannya dapat mengetahui bahwa ponsel tersebut sedang dicari. Di menu yang sama, pilih ‘Secure Device’. Kemudian masukkan recovery message yang ingin disampaikan pada orang yang menemukan ponsel dan juga nomor telepon yang dapat dihubungi. Ponsel akan otomatis terkunci namun tetap dapat menerima panggilan masuk.

Jika tak bisa mengakses komputer, gunakan ponsel Android lainnya dan coba buka aplikasi Find My Device yang dapat diunduh melalui Play store.

Cek Google Maps

Aplikasi Google Maps biasanya digunakan pada ponsel iOS maupun Android. Ponsel dapat dilacak apabila terpasang email Google. Selanjutnya untuk tampilan yang lebih mudah dibaca, buka situs maps.google.com/timeline. Pada halaman tersebut akan terlihat rute dan lokasi mana saja yang telah dilalui oleh ponsel tersebut.

Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama28 Maret 2024 22:24
PLN Jeneponto Bukber Sekaligus Berbagi Keberkahan Ramadhan Dengan Yatim Dhuafa
SULSELSATU.com,JENEPONTO – PT. PLN Persero Rayon Jeneponto berkolaborasi dengan Yayasan Baitul Maal (YBM) menggelar buka puasa bersama (Bukber) ...
Sulsel28 Maret 2024 22:02
Ekonomi Kabupaten Gowa Tumbuh 5,82 Persen Selama 2023
Dari data BPS pertumbuhan ekonomi Kabupaten Gowa tumbuh positif. Menjadi 5,82 persen pada 2023, lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya yang hanya 4,5...
Video28 Maret 2024 21:34
VIDEO: Muchlis Misbah Atensi Khusus Pasar Sentral dan Butung
SULSELSATU.com – Podcast bersama Anggota DPRD Kota Makassar, Muchlis Misbah pada Selasa (26/3/2023) lalu. Dalam kesempatan tersebut, Muchlis Mis...
Nasional28 Maret 2024 21:30
Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Punya Fitur Lebih Responsif dan Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran
Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) meluncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3/2024) di Jakarta....