Pemprov Sulsel Terima Hibah Mobil Ambulance dan Damkar dari Jepang

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemprov Sulsel kembali mendapatkan bantuan hibah mobil Ambulance dan mobil pemadam kebakaran dari pemerintah Jepang.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Biro Pengelolaan Barang dan Aset Daerah Pemprov Sulsel, Nurlina saat dikonfirmasi di Hotel Four Point Makassar, Selasa (2/12/2019).

Nurlina menjelaskan bantuan mobil ambulance dan damkar tersebut merupakan hibah Ehime Toyota dan Ehime Nissan dari Jepang. Tahap pertama tiba pada Jumat (22/11/2019), sementara tahap kedua ambulance dan damkar tersebut tiba Jumat (29/11/2019) lalu.

“Tanggal 22 itu tiba ambulans dan damkar di tahap pertama, sementara ditahap kedua baru saja tiba pada hari Jumat lalu,” kata Nurlina.

Nurlina mengatakan total hibah ambulance dari Jepang keseluruhan berjumlah 11 unit, sementara untuk damkar berjumlah 27 unit.

“Jumlahnya itu 11 ambulance, dan 27 damkar jadi total hibah yang kita terima itu 38, dik,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengatakan, sebelum hibah ambulance dan damkar tersebut diserahkan ke daerah, Pemprov terlebih dahulu bakal mengusulkannya ke bea cukai.

“Hibah ini harus kita usulkan lagi ke bea cukai, tidak bisa serta-merta kita serahkan ke daerah,” kata Nurdin.

Nurdin menjelaskan, pengusulan ke bea cukai ini diperlukan agar peruntukan pemanfaatan hibah mobil ambulance dan damkar jelas proses administrasi berjalan lancar.

“Jadi harus jelas peruntukannya juga kita tetapkan misalnya ke Gowa itu harus diusulkan lagi bahwa ini akan dimanfaatkan ke Gowa, supaya administrasi nya bagus,” jelasnya.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Awang Darmawan