Logo Sulselsatu

Iqbal Setuju Rencana Jokowi Pangkas Eselon III dan IV

Asrul
Asrul

Rabu, 04 Desember 2019 23:39

Iqbal Setuju Rencana Jokowi Pangkas Eselon III dan IV

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Samad Suhaeb setuju dengan rencana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) berencana memangkas eselon di seluruh instansi pemerintah pada 2020 mendatang.

Menurutnya, pemangkasan itu baik untuk mengefisienkan kerja-kerja pemerintahan.

“Justru bagus untuk efisiensi. Jadi jelas kerjaannya, tidak ada lagi orang yang bekerja tidak jelas apa kerjanya,” tutur Iqbal, Selasa (2/12/2019) kemarin.

Baca Juga : Siapkan Simulasi PTM, Pemkot Makassar Pastikan Kondisi Pelajar Sehat Terlebih Dulu

Beberapa SKPD memang membutuhkan eselonisasi. Ia memberi contoh Inspektorat yang memiliki pekerjaan utama sebagai pemeriksa. Menurut Iqbal, Inspektorat justru harus memiliki lebih banyak jabatan fungsional dibanding jabatan struktural.

Sponsored by MGID

“Seperti misalnya juga di Balitbangda. Tugas pokoknya adalah peneliti. Yang diperbanyak adalah pegawai peneliti. Nda perlu strukturalnya,” jelas Iqbal.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyatakan akan memangkas eselon III dan eselon IV dalam struktur jabatan aparatur sipil negara (ASN). Hal itu ja sampaikan saat berpidato usai dilantik sebagai Presiden untuk masa jabatan 2019-2024 pada 20 Oktober 2019 lalu.

Baca Juga : Jubir Makassar Recover: Mulai September, Vaksinasi Sasar 100 RT Per Hari

Menurutnya, pemangkasan jenjang kepangkatan dan golongan tersebut dibutuhkan untuk menyederhanakan birokrasi negara dan mengurangi hambatan-hambatan yang dapat mengganggu masuknya investasi.

Penulis: Resti Setiawati
Editor: Awang Darmawan

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video27 September 2021 23:22
VIDEO: Harimau Berukuran Besar di Grobogan Ternyata Hanya Editan, Pelaku Beri Klarifikasi
SULSELSATU.com – Seekor harimau berukuran cukup besar muncul di dekat pemukiman warga di Grobogan, Jawa Tengah. Video tersebut dibagikan oleh ak...
Makassar27 September 2021 21:13
Pulihkan Pariwisata Sulsel, Forum Pariwisata Sulsel Bergerak Launching Hastag #KeSulSelmi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Forum Pariwisata Sulsel Bergerak melaunching slogan hastag #KeSulSelMi di Kopi Kebun Jalan Racing Center Makassar, Se...
Video27 September 2021 20:57
VIDEO: Badak Bercula Satu Lepas, Tampak Berjalan Santai di Jalan Raya
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan badak bercula satu jalan-jalan di sebuah jalan raya. Dalam video terlihat badak bercula satu tengah...
Sponsored by MGID
Makassar27 September 2021 19:46
Kanwilkumham dan Dinsos MoU Pembinaan Warga Lapas, Plt Gubernur Sulsel Harap Ada Sertifikasi Pembinaan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kantor Wilayah Kemen...