Logo Sulselsatu

Pangkep Kedua Terbesar Daerah Miskin, Nirawati: Sinergitas Semua Pihak Dibutuhkan

Asrul
Asrul

Selasa, 10 Desember 2019 11:19

Anggota DPRD Sulsel, Andi Nirawati. (Sulselsatu/Asrul)
Anggota DPRD Sulsel, Andi Nirawati. (Sulselsatu/Asrul)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Badan Pusat Statistik (BPS) merilis persentase data penduduk miskin 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

Berdasarkan rilis tersebut, Kabupaten Pangkep tercatat sebagai daerah kedua terbesar kategori termiskin setelah Kabupaten Jeneponto dengan angka 14,06 persen.

Menanggapi hal itu, Anggota DPRD Sulsel Fraksi Gerindra Andi Nirawati mengatakan meski saat ini Pangkep masuk kategori daerah miskin kedua, namu setidaknya mengalami penurunan dari tahun sebelumnya.

Baca Juga : Mizar Roem Apresiasi Pj Gubernur Sulsel Beri Perhatian Lebih di Sektor Pertanian

“Meskipun Pangkep masuk kategori daerah termiskin kedua tapi bukan berarti Pangkep tidak mngalami peningkatan. Sebab berdasarkan data BPS Kabupaten Pangkep, angka kemiskinan pada tahun 2018 menurun dari 16,22 persen menjadi 15,06 perseb serta tingkat kesejahtraan juga cenderung membaik,” kata Anir, begitu dia disapa, Selasa (10/12/2019).

Anggota Komisi A DPRD Sulsel ini pun meyakini tidak begitu sulit dalam meningkatkan perekonomian warga Pangkep, tergantung cara pemerintah saja.

“Ini berarti tidak terlalu sulit untuk meningkatkan perekonomian Pangkep karena jika ditinjau dari aspek potensi alam, Pangkep sangat kaya akan SDA, kalau dikelola dengan baik maka akan mampu memberikan income daerah yang cukup tinggi, otomatis lapangan kerja juga tercipta luas,” kata putri daerah Kabupaten Pangkep ini.

Baca Juga : DPRD Sulsel Janji Tempuh Jalur Musyawarah Mufakat Dalam Penentuan Komisioner KPID dan KIP

Dia pun berharap, kedepan pemerintah di tingkat kabupaten bisa bersinergi dengab semua pihak agar angka kemiskinan tersebut bisa ditekan, sebab Anir berpandangan Pemkab Pangkep belum maksimal dalam melakukan sinergitas.

“Makanya sinergitas antara pemerintah daerah dan DPRD serta masyarakat perlu semakin diperkuat, agar penurunan angka miskin bisa lebih ditekan secara maksimal dengan cara pemanfaatan SDA secara maksimal. Jika ini dilakukan saya optimis akan mampu keluar dari posisi kemiskinan saat ini,” tutup Anir.

Penulis: Asrul
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...