Logo Sulselsatu

Tips Sehat: Kenali Cirinya, Ini Gejala Kanker Ginjal

Asrul
Asrul

Jumat, 03 Januari 2020 13:16

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, PAREPARE – Ginjal terdiri dari dua bagian organ terpisah yang berbentuk seperti kacang, masing-masing ginjal seukuran kepalan tangan. Ginjal berada di dalam perut bagian bawah, dengan satu ginjal di sisi sebelah kanan dan kiri tulang belakang.

Ginjal adalah bagian dari organ saluran kandung kemih. Ginjal memproduksi air seni dengan membuang sampah hasil pencernaan makanan dan kelebihan cairan dari darah. Kanker ginjal adalah kanker yang berasal dari dalam ginjal.

dr Mahyuddin menjelaskan, orang yang memiliki kanker ginjal akan merasakan beberapa gejala :

Baca Juga : Tiba di Parepare, Pj Gubernur Sulsel Tebar Benih Udang Vaname dan Tanam Pisang Cavendish

– Perubahan warna urine
Warna urine (air kencing) umumnya adalah bening, jika setiap harinya rutin mengonsumsi banyak air putih. Jika warna urine yang keluar adalah kuning artinya cairan tubuh mengalami dehidrasi. Namun, pada orang yang memilki kanker ginjal, urine akan berubah warna menjadi kemerahan atau kecoklatan.

– Sakit punggung
Rasa sakit seperti adanya tekanan di punggung bisa jadi tanda adanya kanker ginjal. Namun, gejala ini biasanya terasa jika massa tumor sudah membesar dan menekan jaringan lain di sekitar ginjal.

– Nafsu makan hilang
Apabila mengalami nafsu makan yang cenderung menurun sehingga berat badan turun secara drastis, ditambah gejala gangguan ginjal lainnya, sebaiknya langsung cek ke dokter untuk mendeteksi gejala kanker ginjal lebih dini.

Baca Juga : VIDEO: Capres Anies Baswedan Bakal Hadiri Kampanye di Parepare

– Tubuh cepat lelah
Tubuh yang terasa lelah, lemas, dan lesu dapat terjadi karena hilangnya nafsu makan. Tubuh akan menjadi sangat lemas bila tetap tak diisi dengan makanan dan minuman yang cukup. Jika keluhan ini disertai juga dengan nyeri punggung hingga urine yang berdarah, segera periksalah ke dokter.

Beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko dari kanker itu sendiri, seperti orang dengan obesitas atau kelebihan berat badan. Faktor genetis, dimana faktor risiko ini diturunkan dari keluarga. Kebiasaan buruk merokok dan minum minuman beralkohol. Sering makan junkfood dan fastfood serta makanan yang mengandung pewarna.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...