Logo Sulselsatu

Kunjungi Kantor BPBD, Wagub Sulsel Minta Pengadaan Kontak Darurat

Asrul
Asrul

Sabtu, 04 Januari 2020 13:00

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman. (Foto/Ist)
Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman. (Foto/Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, mengunjungi kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulsel, di Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar, Jumat (3/1/2019).

Kepala BPBD Sulsel, Syamsibar mengatakan, kedatangan wagub adalah spirit bagi para anggota BPBD dalam menghadapi cuaca ekstrim yang ada di Sulsel. Sehingga, langkah-langkah yang dilakukan ke depan di tahun 2020 ini, bisa semakin dimaksimalkan, kolaborasi dengan kabupaten/kota dan juga instansi terkait.

Ia melaporkan, hasil rapat koordinasi nasional di Jakarta yang dihadiri oleh beberapa stakeholder terkait, bahwa tingkat tinggi intensitas bencana ada di Pulau Jawa, kemudian Sumatera, Papua dan Papua Barat, Kalimantan, setelah itu Sulawesi. Sulawesi yang dikhawatirkan adalah Sulawesi Tengah.

Baca Juga : Lantik Bupati dan Wabup Torut, Ini Pesan Plt Gubernur Sulsel

“Untuk Sulawesi Selatan, BNPB sebut tidak perlu diwaspadai. Tapi, intensitasnya berbeda dengan yang lain, hanya saja ini masih prediksi. Sehingga, diharapkan dapat mengantisipasi hal-hal tersebut,” ucap Syamsibar.

Sponsored by MGID

Sementara, Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan, kedatangannya untuk mengecek kesiapan dalam menghadapi cuaca yang tidak menentu saat ini. Tentunya, hal ini perlu dilakukan untuk menyiapkan segala sesuatunya yang dibutuhkan dan tidak diinginkan. Termasuk emergency-emergency yang terjadi di lapangan.

“Kita juga memberikan motivasi kepada tim kita bahwa solidaritas, kerja sama yang baik dan bagaimana close penanganan yang tinggi untuk cuaca yang ekstrim,” ucap Andi Sudirman.

Baca Juga : Plt Gubernur Sulsel Sampaikan Duka dan Harap Keselamatan Atas Tenggelamnya KRI Nanggala-402

Selain itu, ia meminta kepada BPDB agar memiliki file drive system dan emergency system termasuk mitigasinya, guna melihat pemetaan di Sulsel. Termasuk di Makassar sebagai kota central yang sering langganana banjir di titik-titik tertentu.

“Saya juga meminta kepada BPBD dan ternyata sudah dilakukan pembagian job desk untuk masing-masing pertanggungjawaban di wilayah-wilayah tertentu dan tanggal 20 Januari akan dilakukan simulasi oleh BPBD,” kata dia.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Kink Kusuma Rein

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar19 September 2021 16:45
PNLH XIII WALHI, Plt Gubernur Sulsel Dorong Pendekatan Green Economy
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menilai, pendekatan green economy dapat mendorong laju perekonomian. Men...
Sulsel19 September 2021 15:53
Di Malino Bakal Dibangun Wisata Baru Bernuansa Eropa
SULSELSATU.com, GOWA – Objek wisata bernuansa Eropa akan hadir di Kabupaten Gowa, Sulsel. Wisata bernama Kampung Eropa tepatnya akan dibangun di...
Video19 September 2021 15:26
VIDEO: Arena Muscab PPP Makassar Memanas, Rachmat Taqwa Mengamuk
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Arena Musyawarah Cabang (Muscab) DPC PPP Kota Makassar di Hotel Sheraton memanas, Minggu (19/9/2021). Salah satu calo...
Sponsored by MGID
OPD19 September 2021 14:36
Warga Pertanyakan Nasib Stadion, Debbie Tegaskan Pembangunan Tetap Dilanjutkan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Lapangan Sepak Bola adalah salah satu sarana bagi anak dan pemuda untuk mengembangkan bakatnya dalam dunia sepak bola...