Puncak Musim Penghujan, BPBD Imbau Masyarakat Waspada Banjir

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar menghimbau masyarakat waspada terhadap potensi banjir saat puncak musim penghujan.

Terkhususnya lima wilayah di Kota Makassar rentan terdampak banjir yakni Biringkanaya, Tamalanrea dan Manggala,  Rappocini dan Tamalate.

Kepala BPBD Kota Makassar, Muhammad Rusly memberi atensi khusus kepada lima wilayah tersebut dengan membangun posko-posko siaga yang dikoordinir langsung oleh camat dan lurah masing-masing.

“Jadi setiap kecamatan ada (posko) dikoordinir oleh camat dan lurahnya masing-masing. Personil juga disiagakan di sana. Kita sudah mengantisipasi semuanya dan berdoa mudah-mudahan banjir yang tahun lalu tidak terulang lagi. Itu harapan kita bersama,” jelasnya, Sabtu (04/01/2020g

Tak hanya itu, Rusly pun mengimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga kebersihan khususnya membersihkan lingkungan terutama drainase atau saluran air, agar tak terjadi penyumbatan saat hujan.

Hal itu, sebagai langkah-langkah antisipasi yang perlu dilakukan menjelang puncak musim penghujan serta tetap waspada akan bencana yang dapat datang sewaktu-waktu.

“Kita mengimbau kepada masyarakat, tetap waspada terhadap banjir, kemudian bersih-bersihkan got ta,” pungkasnya.

Penulis: Resti Setiawati
Editor: Awang Darmawan