iklan Kareba Parlementa

Jokowi Tawarkan Investasi di Ibu Kota Baru ke Seluruh Dunia

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh negara di dunia untuk berinvestasi di ibu kota negara baru.

Ia ingin ibu kota baru tak hanya mendapat kucuran dana dari investor asing namun juga teknologi terbaik dari berbagai negara di dunia.

Tawaran ini disampaikan langsung oleh Jokowi ketika menjadi pembicara kunci di forum internasional bertajuk Abu Dhabi Sustainability Week (ADSW). Forum tersebut digelar di Abu Dhabi National Exhibition Center (ADNEC), Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) pada Senin (13/1/2020).

“Di ibu kota negara baru, kami mengundang dunia untuk membawa teknologi terbaik, inovasi terbaik, dan kearifan terbaik,” ujar Jokowi dalam pidatonya.

Kepala negara mengatakan investasi di ibu kota baru akan menarik bagi investor asing karena Indonesia ingin kawasan pemerintahan itu dibangun dengan teknologi mutakhir. Selain itu, ia ingin ibu kota baru juga menjadi wadah dari perkembangan inovasi dan kreativitas, namun tetap ramah lingkungan bagi masyarakat.

“Energi terbarukan dan teknologi yang bersih akan menghasilkan kehidupan berkelanjutan bagi pembangunan sosial dan ekonomi,” ucapnya.

Lebih lanjut, menurutnya, pembangunan ibu kota baru akan menjadi proyek yang menarik bagi investor karena akan berpopulasi sekitar 6 juta sampai 7 juta orang. Angka ini berasal dari estimasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) mencapai 1,4 juta orang ditambah anggota keluarga yang ikut diboyong mereka.

Menurutnya, estimasi populasi ini akan memberikan daya tarik bagi pengembangan ekonomi di kawasan ibu kota baru. Jumlah ini, sambungnya, bahkan lebih tinggi dari beberapa ibu kota pemerintahan sejumlah negara di dunia, sehingga ibu kota baru nanti tidak akan menjadi kota berskala kecil dan sepi.

“Kami ingin membangun kota smart metropolis karena populasinya akan 3 kali lipat populasi Paris, 10 kali lipat populasi Washington DC, bahkan akan menyamai populasi New York dan London,” terangnya.

Lebih lanjut, ibu kota baru akan memberikan kontribusi tidak hanya di kawasan tersebut, namun juga perekonomian Indonesia secara keseluruhan. Hal ini, katanya, akan menjadi daya tarik juga untuk investor.

Sementara pemerintah turut menikmati pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan dari proyek tersebut.

“Di negara yang memiliki lebih dari 17 ribu pulau, konsep pemerataan pembangunan sangat diperlukan sehingga pembangunan bisa dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia. Ini yang kami namakan Indonesia sentris,” pungkasnya.

Selain menawarkan investasi ibu kota baru, Jokowi turut mengantongi komitmen 16 perjanjian investasi dari Abu Dhabi. Lima perjanjian berupa kerja sama antar pemerintah di bidang keagamaan, pendidikan, pertanian, kesehatan, dan penanggulangan terorisme.

Sedangkan 11 perjanjian lain merupakan kerja sama antar bisnis di bidang energi, migas, petrokimia, pelabuhan, telekomunikasi, dan riset dengan estimasi total nilai investasi sebesar US$22,89 miliar atau sekitar Rp314,9 triliun.

Editor: Awang Darmawan

Iklan PDAM
...

Populer

VIDEO: Habis Nonton Film Porno, Seorang Ayah di Medan Tega Setubuhi Anak Kandung

SULSELSATU.com - Seorang pria di Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatra Utara tega setubuhi anak kandungnya. Dalam video terlihat pelaku berada di kantor polisi untuk dimintai keterangan. Pelaku...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

Gempa di Sulbar, Wali Kota Parepare Intruksikan Jajarannya Salurkan Bantuan

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe, prihatin atas gempa berkekuatan 6,2sr yang terjadi di Sulawesi Barat. Dimana mengakibatkan berbagai fasilitas pemerintahan...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

VIDEO: Kepanikan Warga Saat Gempa 6,2 Magnitudo di Majene Sulbar

  SULSELSATU.com - Gempa bumi di Majene, Sulawesi Barat membuat kepanikan dan kerusakan di Wilayah Sulawesi Barat (Sulbar) , Jumat (15/1/2021) pukul 01.28 WITA. Sejumlah rumah...

Kabar Buruk! Pemkot Makassar Bakal Rumahkan Tenaga Honorer

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Sebanyak 200 pegawai Pemerintah Kota Makassar yang berstatus tenaga kontrak atau honorer disejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) akan di rumahkan. Hal...

Artikel Lainnya

Waskita Karya Jual Lima Jalan Tol Tahun Ini

SULSELSATU.com, JAKARTA - PT Waskita Karya (Persero) Tbk berencana melakukan divestasi...

Polisi Bantah Kriminalisasi Rocky Gerung

SULSELSATU.com, JAKARTA - Polisi membantah pemeriksaan terhadap Rocky Gerung merupakan kriminalisasi....

UKM LP2KI FH Unhas Terbitkan Jurnal Ilmiah Mahasiswa

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Penalaran dan Penulisan...

Pemkab Lutra Kumpulkan Penyuluh Pertanian, Bahas Residu Pestisida pada Tanaman

SULSELSATU.com, MASAMBA - Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) se-Kabupaten, Penyuluh Pertanian...

Iqbal Suhaeb Sidak Kondisi Kebersihan di Pantai Losari

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, menunjukkan komitmennya...

Terkini

Duka Gempa Sulbar, Pemuda Masjid Kamara Barru Buka Posko Bantuan

SULSELSATU.com, BARRU - Pemuda Masjid Kamara Kecamatan Barru membuka posko bantuan...

Jangan Lupa Tips Berkendara Sepeda Motor Saat Hujan

SULSELSATU.com, Makassar - Sejak penghujung tahun 2020, intensitas hujan terus meningkat....

Tidak Terurus, Dewan Sebut Terminal Makassar Seperti Tempat Berhantu

SULSELSATU.com,MAKASSAR - Fasilitas dan Pelayanan dua terminal di Kota Makassar semakin...

Satgas Penanganan Covid-19 Parepare Perpanjang Batas Jam Operasi Usaha

SULSELSATU.com, PAREPARE - Surat edaran pembatasan aktivitas masyarakat dan perdagangan serta...

VIDEO: Tegur Pembeli Jangan Merokok, Petugas SPBU di Makassar Dikeroyok

SULSELSATU.com - Seorang petugas SPBU di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar...