Logo Sulselsatu

Taufan: Parepare Jadi Kota Mercusuar Pendidikan di Utara Sulsel

Asrul
Asrul

Rabu, 15 Januari 2020 15:26

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, PAREPARE – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare bertekad menjadikan daerahnya sebagai mercusuar pendidikan di utara Sulawesi Selatan.

Keinginan itu bukan tidak mungkin, tekad Parepare sebagai mercusuar pendidikan telah didukung adanya tokoh nasional yang menjadi inspirasi, yakni keberadaan Presiden RI ketiga, Prof. Dr. Ing. BJ. Habibie.

Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe menjelaskan, sejumlah program pendidikan telah dilaksanakan guna mewujudkan hal itu. Seperti program pendidikan gratis, agar setiap usia wajib sekolah dapat menikmati pendidikan.

Baca Juga : Tiba di Parepare, Pj Gubernur Sulsel Tebar Benih Udang Vaname dan Tanam Pisang Cavendish

“Program pendidikan gratis yang menjadi komitmen Pemerintah Kota Parepare dan telah berdampak pada peningkatan partisipasi sekolah. Selain itu, juga diberikan beasiswa bagi siswa kurang mampu sehingga akan mengurangi beban para orang tua dalam membiayai sekolah anak-anaknya,” ujarnya.

“Program pendidikan gratis lainnya yang sangat dirasakan oleh orang tua siswa adalah adanya transportasi gratis bagi anak didik SD dan SMP, dengan sistem antar jemput di titik tertentu. Sejak tahun 2019 hingga saat ini, bus sekolah yang melaksanakan layanan di Kota Parepare sebanyak 5 armada,” tambahnya.

Selain itu, Pemerintah Daerah juga telah menerapkan program pendampingan yakni Program Gakken After School bagi anak-anak usia sekolah dasar untuk dapat mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang positif setelah pulang sekolah.

Baca Juga : VIDEO: Capres Anies Baswedan Bakal Hadiri Kampanye di Parepare

“Sejumlah program ini berdampak pada Angka Harapan Lama Sekolah (HLS) penduduk Kota Parepare usia 7 tahun keatas. Dimana HLS tahun 2016 yaitu 14,45 tahun, meningkat menjadi 14,46 tahun pada tahun 2017, dan meningkat lagi pada tahun 2018 menjadi 14,47 tahun. Kemudian rata-rata lama sekolah juga terus meningkat dimana tahun 2016 Rata-Rata lama sekolah penduduk Kota Parepare 10,02 tahun, ditahun 2017 adalah 10,09 tahun dan pada tahun 2018 naik lagi menjadi 10,29 tahun,” jelasnya.

“Tidak hanya itu, dampaknya juga terasa pada meningkatnya indeks pendidikan. Dimana tahun 2016 mencapai 73,54 persen, meningkat menjadi 73,80 persen pada tahun 2017, pada tahun 2018 naik menjadi 74,49 persen, dan pada tahun 2019 naik lagi menjadi 74,58 persen. Peningkatan Indeks Pendidikan ini turut mempengaruhi peningkatan Indeks Pembangunan Manusia Kota Parepare,” tandasnya.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Bisnis28 Maret 2024 17:39
Pengiriman Barang Lebih Cepat dan Mudah Melalui Layanan Same Day Delivery Cahaya Bone
Cahaya Bone sebagai salah satu lini bisnis Kalla Transport & Logistcs (Translog) senantiasa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat....
Ramadan28 Maret 2024 16:22
Pegadaian Hadirkan Panggung Emas di Puncak Festival Ramadhan
PT Pegadaian memperingati hari ulang tahun PT Pegadaian yang ke-123 dan memeriahkan bulan Ramadhan 1445 H menghadirkan kegiatan Festival Ramadhan....
Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...
Aneka28 Maret 2024 13:55
Pertama di Indonesia, Pj Gubernur Sulsel Inisiasi Gerakan Sedekah Pohon
SULSELSATU.com, BONE – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kembali mencetak sejarah dengan melakukan gerakan sedekah pohon untuk masya...