Logo Sulselsatu

Diskes Sulsel Siagakan Lima Unit Ambulans Laut di Dermaga Paotere

Asrul
Asrul

Minggu, 19 Januari 2020 23:50

Diskes Sulsel Siagakan Lima Unit Ambulans Laut di Dermaga Paotere

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), untuk sementara menyiagakan armada Ambulans Laut di Dermaga Paotere, Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Bachtiar Baso mengatakan sebanyak lima unit ambulans laut disiagakan di Dermaga Paotere.

Dia mengatakan alasan Dinkes menyiagakan armada ini di Paotere, karena ambulans ini baru saja didatangkan dari Tanjung Burung, Tangerang, Banten.

Baca Juga : Diskes Canangkan Gerakan Trisula, NA: Pembatasan Penyebaran Covid

“Jadi ambulans ini diketahui adalah pengadaan ambulans laut tahap kedua. Ditahap dua ini sebanyak 5 unit kita adakan, 1 dengan tipe jumbo,dan empat unit untuk type mini,” ujar Bachtiar, Minggu (19/1/2020).

Sponsored by MGID

Bachtiar melanjutkan, ambulans tersebut nantinya akan diserahkan kepada kabupaten dan kota yang memiliki pulau.

Saat ini lanjut Bachtiar, sudah ada 1 pihak yang mengajukan permohonan bantuan ambulans laut. Dia adalah Dinas Kesehatan Kota Makassar.

Baca Juga : Bantu Penanganan Covid-19, Kadiskes Sulsel Kunjungan ke Lutim

“Jadi Makassar sudah ajukan, ia juga memenuhi syarat untuk diberi bantuan ambulans ini,” katanya.

Bachtiar mengaku penyerahan ambulans ke daerah, akan digelar serentak ke beberapa kabupaten kota yang meminta dan sanggup memenuhi syarat-syaratnya.

Selain Makassar, Sinjai, Luwu Timur, Pangkep, dan Selayar juga telah mengajukan. Hanya saja, Dinas Kesehatan setempat masih melakukan konsolidasi untuk memenuhi syarat-syaratnya.

Baca Juga : Berantas Stunting, Pemprov Sulsel Gagas Program Gammara’ta

Ambulans laut ini diadakan tahun anggaran 2019, untuk rincian anggaran type ambulans paut jumbo dihargai Rp2,2 miliar perunit, sedangkan mini Rp1,1 miliar pe runit.

Ia menjelaskan, lima ambulans laut ini untuk memudahkan masyarakat pulau dalam mengakses pelayanan kesehatan.

“Seperti diketahui bersama, bahwa pusat pelayanan kesehatan beserta sarananya ada di darat atau di dalam kota, nah untuk mengaksesnya membutuhkan waktu berjam-jam. Saya berharap dengan hadirnya ambulans ini paling tidak mereka bisa mendapatkan tindakan awal sebelum dirujuk ke rumah sakit yang ada di kota,” ujar Bachtiar.

Baca Juga : Berantas Stunting, Pemprov Sulsel Gagas Program Gammara’ta

Penulis: Jahir Majid
Editor: Hendra Wijaya

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Aneka20 Oktober 2021 14:46
Pentingnya Penguasaan Teknologi Bagi Pemuda Dimasa Pandemi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tantangan bagi anak-anak muda di Indonesia makin kompleks diera pandemi Covid-19 sekarang ini. Selain diharap kontrib...
Berita Utama20 Oktober 2021 14:26
Hadiri Pelantikan Pengurus GP Ansor Jeneponto, Ini Harapan Sekda
SULSELSATU.com, Jeneponto – Sekretaris Daerah Jeneponto, Syafruddin Nurdin hadir langsung dalam Pelantikan Pimpinan cabang Gerakan Pemuda Ansor ...
Ekonomi20 Oktober 2021 13:50
PLN Kembali Tambah Pasokan Listrik ke PT HNI di Bantaeng 90 MVA
SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT PLN (Persero) kembali menyalurkan tambahan daya listrik sebesar 90 Mega Volt Ampere (MVA) ke PT Huadi Nickel-Alloy Ind...
Sponsored by MGID
Makassar20 Oktober 2021 13:36
4 Tahun Komunitas Perempuan, Ini Harapan Ketua TP PKK Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail secara resmi membuka kegiatan seminar yang digelar oleh Komunitas Per...