iklan Kareba Parlementa

Butuh SDM Unggul, Jepang Minta ke Sulsel

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Negara Jepang membutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, untuk ditempatkan di 14 sektor. Mulai dari Cleaning Service Bangunan, Industri Bahan Baku, Manufaktur Mesin, Industri Terkait Listrik, Konstruksi, Galangan Kapal, Bengkel Mobil, Industri Penerbangan, Perhotelan, Pertanian, Manufaktur Makanan, Restoran, Industri Kelautan, dan Perawatan Lansia. 

Hal ini disampaikan langsung oleh Senior Executive OS Selnajaya, Abdul Wahab Bangkona, saat menemui Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, di Ruang Kerja Gubernur, Rabu (05/02/2020. 

Dia mengaku pihaknya bertindak selaku fasilitator untuk perekrutan, dan akan mengutamakan keterampilan dan bahasa. Selain itu, Lanjut dia, Pihaknya menawarkan satu fase kontrak di Jepang sebagai pekerja, bukan magang. 

“Tiga tahun disana kemudian pulang dia sudah bawa teknologi dari Jepang, sehingga bisa mendukung, menopang, menunjang industri perikanan di Sulsel,” kata Wahab.

Wahab mengungkapkan, rencananya perekrutan sudah dimulai di Kabupaten Bone, Kamis, 6 Februari, besok. Alasan memulai di Bone, karena disana sudah siap SDM-nya untuk dites. Bagi yang lulus, akan dibekali dengan Bahasa Jepang dan beberapa materi budaya dan regulasi di sana. 

“Diharapkan setelah pulang kembali ke kampungnya untuk menerapkan teknologi praktis dari Jepang dan bisa akselerasi pembangunan di bidang perikanan di Sulsel,” harapnya.

Menanggapi permintaan tersebut, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, menjelaskan, apa yang sampaikan oleh Asosiasi Perikanan dari Jepang tersebut merupakan gayung bersambut dari apa yang sudah dikerjakan antara Pemprov Sulsel dengan Wajima Projects sejak awal tahun 2019 lalu. 

“Di awal tahun 2019 kita sudah meneken MoU dengan Wajima Projects dari Jepang, dalam rangka pengembangan ikan dari beberapa jenis ikan,” ujarnya.

Menurut Nurdin Abdullah, pada tahun 2019 lalu sudah mengirimkan satu orang dari alumni Unhas dan satu lagi sementara ditraining Wajima Projects, dan akan kembali nanti menjadi instruktur. 

“Teman-teman dari Jepang ini ketemu dengan program yang sama dengan Pemprov Sulsel. Namun, Asosiasi Perikanan Jepang ini ingin merekrut banyak tenaga-tenaga muda kita, yang punya minat di bidang perikanan untuk di training ke Jepang,” bebernya.

“Kalau ini bukan hanya training tapi juga kerja, dia mendapatkan gaji, habis kontrak mereka kembali memperkuat sistem budidaya kita. Saya kira ini adalah hal yang sangat bagus, makanya hari ini dia akan ke Bone melihat sistem seleksi. Dan yang akan dikirim Jepang ada 35 orang tahun ini,” pungkasnya.

Hadir pada pertemuan tersebut Senior Executive OS Selnajaya, Abdul Wahab, BPPT Muh Ilyas, Presiden Direktur OS Selnajaya Miyajima, Direktur OS Selnajaya Imron Munfaat. Hadir pula dari perwakilan JFA Mr Kigami, Mr. Inoue dan Mr. Nakahira. Untuk yang mendampingi, ada dari Poltek KP Bone serta SUPM Bone.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Awang Darmawan

Iklan PDAM
...

Populer

Pasar Tradisional Karisa Jeneponto Terbakar

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pasar Tradisional Karisa Jeneponto di Jl. Pahlawan, Kelurahan Empoang, terbakar. Dari pantauan sulselsatu.com, kebakaran terjadi sekitar pukul 22.20 Wita, Kamis malam (24/9/2020). Hingga...

Polres Jeneponto Ungkap Motif Tewasnya Pemuda Asal Bantaeng

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pihak kepolisian Polres Jeneponto berhasil mengungkap motif tewasnya Rendy Sacada (23) pemuda asal Jl, Raya Lanto nomor 21, Tappanjeng, Kabupaten Bantaeng...

Bupati Jeneponto “Menangis”, Isi Pasar Karisa Tinggal Puing-Puing

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Bupati Jeneponto Iksan Iskandar yang sementara menjalani isolasi mandiri akibat positif Covid-19 di Rujab, sedih hingga meneteskan air mata saat mengetahui...

VIDEO: Inalillahi, Pasar Tradisional Karisa Jeneponto Terbakar

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Pasar Tradisional Karisa Jeneponto di Jl. Pahlawan, Kelurahan Empoang, terbakar. Dari pantauan sulselsatu.com, kebakaran terjadi sekitar pukul 10.20 Wita, Kamis malam (24/9/2020). Video...

VIDEO: Polisi Ungkap Motif Tewasnya Pemuda Asal Bantaeng

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pihak kepolisian Polres Jeneponto berhasil mengungkap motif tewasnya Rendy Sacada (23) pemuda asal Kabupaten Bantaeng yang ditemukan tewas bersimbah darah di...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Nurdin Minta PT IKI Buat Kapal Fiber untuk Nelayan di Pulau

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kabupaten Selayar adalah daerah yang memiliki kekhususan, yakni...

Artikel Lainnya

Masuk “Kandang Banteng”, Prabowo Bikin Posko di Kampung Jokowi

SULSELSATU.com, JAKARTA - Pasangan calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga...

FKIP Unismuh Ajak Mahasiswa Kurangi Sampah Plastik

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah...

Pemkab Gowa Sosialisasikan Inovasi Pelayanan Publik

SULSELSATU.com, GOWA - Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Bagian Organisasi dan Pemberdayaan...

Meski Dibatalkan Disdik, 582 Sekolah Tetap Gelar Pilketos Serentak

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Dinas Pendidikan Sulsel membatalkan penyelenggaraan Pemilihan Ketua OSIS...

Kasus Korupsi PUPR, Muhaimin Iskandar Diperiksa KPK

SULSELSATU.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Ketua Umum Partai...

Terkini

Kaukus  Perempuan  Parlemen DPRD Sulsel Berbagi dengan Warga Binaan Rutan Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kaukus Perempuan Parlemen  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)...

VIDEO: Tentara China Nangis Histeris Saat Hendak Dibawa ke Zona Konflik

  SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan sejumlah Tentara China nangis saat dikerahkan...

Terima Kunker DPD-RI, Wawali Minta Dukungan Pembangunan ITH di Parepare

SULSELSATU.com, PAREPARE - Dalam rangka melakukan penyerapan Aspirasi Masyarakat dan Daerah,...

VIDEO : Begini Kondisi Kios Pasar Karisa Pasca Kebakaran

  SULSELSATU.com, JENEPONTO - Beginilah kondisi pasar Tradisional Karisa Jl. Pahlawan pasca...

Chaidir-Suhartina Bohari Gencarkan Konsolidasi dengan Menerapkan Protokol Covid-19

SULSELSATU.com, MAROS – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Maros nomor...