Logo Sulselsatu

Musrenbang Anak di Parepare Sasar Penyandang Disabilitas dan LPKA

Asrul
Asrul

Rabu, 19 Februari 2020 08:32

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, PAREPARE Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Anak Kota Parepare tahun ini lebih maju.

Itu karena tidak hanya Musrenbang Anak dimulai dari tingkat kecamatan, tapi sudah ada Musrenbang Anak Disabilitas dan Musrenbang Anak Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA).

Hal ini diungkap Kepala Bappeda Parepare melalui Sekretaris Bappeda, Zulkarnaen di sela Musrenbang Anak tingkat Kecamatan Bacukiki dan Bacukiki Barat di Hotel Bukit Kenari, Parepare, Selasa, 18 Februari 2020.

Baca Juga : Tiba di Parepare, Pj Gubernur Sulsel Tebar Benih Udang Vaname dan Tanam Pisang Cavendish

“Pelaksanaan Musrenbang anak tingkat kecamatan untuk tahun 2020, ada penambahan lokasi pelaksanaan, yang tadinya hanya dilaksanakan di empat kecamatan akan tetapi di tahun 2020 ini dilaksanakan di Sekolah Luar Biasa (SLB) untuk Musrenbang Disabilitas dan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA),” ungkap Zulkarnaen.

Musrenbang Anak tingkat Kecamatan Bacukiki dan Bacukiki Barat dilaksanakan di Hotel Bukit Kenari, Selasa, 18 Februari 2020.

Tingkat Kecamatan Soreang dan Ujung dilaksanakan Rabu, 19 Februari 2020 di Hotel Bukit Kenari.

Baca Juga : VIDEO: Capres Anies Baswedan Bakal Hadiri Kampanye di Parepare

Sementara Musrenbang Disabilitas dilaksanakan pada Kamis, 20 Februari 2020 di SLB Kota Parepare, dan Musrenbang Anak LPKA, Jumat, 21 Februari 2020 di LPKA Parepare.

Zulkarnaen mengemukakan, dalam penyelenggaraan Musrenbang RKPD tahun 2021 telah ditandatangani nota kesepahaman antara Wali Kota Parepare dengan DPRD Parepare tentang pagu indikatif wilayah sesuai amanat Perda nomor 1 tahun 2010, yang selanjutnya akan dijabarkan secara operasional dalam peraturan Wali Kota Parepare.

“Pagu indikatif wilayah ini memberikan ruang yang sangat signifikan kepada masyarakat untuk menentukan sendiri kebutuhan prioritasnya sekaligus memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa anggaran kebutuhan prioritas itu telah disiapkan oleh Pemerintah Kota Parepare,” terang Zulkarnaen.

Baca Juga : VIDEO: Pohon Tumbang hingga Kabel Listrik Putus saat Hujan Deras di Parepare

Hal ini, kata Zulkarnaen, menunjukkan komitmen yang kuat dari Wali Kota Parepare dan jajarannya untuk melibatkan masyarakat dan anak-anak secara aktif dalam pelaksanaan pembangunan daerah.

Peserta Musrenbang Anak Kecamatan Bacukiki dan Bacukiki Barat adalah utusan dari Forum Anak yang mewakili Kecamatan Bacukiki dan Bacukiki Barat. Peserta difasilitasi oleh Fasilitator Anak Kecamatan.

“Jadi tidak ada intervensi SKPD pada Musrenbang Anak ini. Semua diserahkan ke Forum Anak tingkat kecamatan,” tandas Zulkarnaen.

Baca Juga : Oknum Guru di Parepare Diduga Terbitkan Buku Bukan Karya Orisinil

Musrenbang Anak tahun ini adalah yang keempat kali di Parepare, dan kedua untuk Musrenbang Anak dimulai dari tingkat kecamatan.

Musrenbang Anak pertama berlangsung di Kebun Raya Jompie pada 2017. Musrenbang Anak kedua di Hotel Pare Wisata 2018. Musrenbang Anak ketiga di Hotel Bukit Kenari 2019. Dan, Musrenbang Anak keempat di Hotel Bukit Kenari 2020.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...