Logo Sulselsatu

Hasil SKD CPNS 2019 Diumumkan Serentak 22-23 Maret

Asrul
Asrul

Jumat, 06 Maret 2020 11:35

Seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS Jeneponto. (ist)
Seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS Jeneponto. (ist)

JAKARTA – Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan mengumumkan secar serentak hasil seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS 2019 pada 22-23 Maret 2020.

“Hasil SKD akan diumumkan serentak pada tanggal 22-23 Maret 2020,” kata Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN, Paryono, dikutip dari laman resmi BKN, Jumat (6/3/2020).

Paryono mengatakan, BKN telah menggelar rekonsiliasi dan validasi data hasil SKD CPNS sejak Rabu (4/3/2020) hingga hari ini di Jakarta.

Baca Juga : Terapkan Protokol Kesehatan, SKB CNPS 2019 Direncanakan Akhir Agustus

Data yang divalidasi oleh BKN, meliputi jumlah peserta berdasarkan Berita Acara (BA) kehadiran, kesesuaian formasi SSCN dengan penetapan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB). Selain itu, kesesuaian ambang batas, kesesuaian nilai P1/TL formasi tahun 2018, Berita Acara penyelenggaraan.

“Rekonsiliasi data tahap I dilaksanakan untuk 261 dari 521 instansi pusat dan daerah,” kata Paryono.

Sedangkan 260 instansi lainnya, kata Paryono, akan dilakukan rekonsiliasi pada tahap II tanggal 11-13 Maret mendatang.

Baca Juga : Imbas Corona, Pemerintah Tunda SKB CPNS 2019

“Hari pertama rekonsiliasi dan validasi data dilakukan untuk 91 instansi pusat dan daerah,” ujarnya.

Paryono menambahkan, proses rekonsiliasi data dilakukan melalui empat level proses verifikasi dan validasi.

Pertama, tim pengolahan mengumpulkan data hasil SKD dari seluruh titik lokasi (tilok) dan akan disinkronisasikan saat rekonsiliasi data berlangsung.

Baca Juga : Pengumuman Lolos SKD CPNS Makassar Tunggu Hasil Panselnas

Kemudian, usai diverifikasi dan divalidasi kesesuaian data dari instansi dengan data yang ada di Sistem Informasi Manajemen Fasilitasi Penyelenggaraan Seleksi. Pada tahap ini, instansi mencocokkan kesesuaian hasil SKD di lapangan.

Pada level berikutnya, akan diverifikasi ulang oleh Kordinator Tim Finalisasi Hasil Seleksi, Pemberkasan, dan Penetapan NIP yaitu persetujuan Deputi Bidang Mutasi BKN.

“Terakhir, yakni Kepala BKN mengesahkan dengan digital signature dan hasil rekonsiliasi diserahkan kepada instansi secara online,” katanya.

Baca Juga : Hari Pertama Tes CPNS di Barru, Nilai Tertinggi 388

Peserta yang lolos SKD akan masuk ke tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Penilaian peserta yang lolos disesuaikan dengan Permenpan Nomor 23 Tahun 2019 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi CPNS Tahun 2019 dan Permenpan Nomor 24 Tahun 2019 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan CPNS.

Panitia seleksi nasional (Panselnas) CPNS, menurut Paryono, juga menyediakan fasilitas crisis center untuk membantu penyelesaian masalah, pertanyaan maupun keluhan dari instansi yang terdiri dari BKN, Kementerian PAN RB dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

“BPKP selaku Tim Quality Assurance Panselnas mendampingi BKN selama masa rekonsiliasi dan validasi data hasil SKD ini serta memastikan pelaksanaan SKD berjalan sesuai ketentuan,” katanya.

Baca Juga : Satu Peserta Tes CPNS Asal Barru Diinfus Sambil Ujian

Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Pendidikan23 Mei 2024 13:26
UNM Gelar Tes Wawancara Calon Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar tes wawancara gelombang 1 penerimaan mahasiswa baru Fakultas Kedokteran, ...
Makassar23 Mei 2024 12:32
Diikuti 400 Peserta, KBA SMPN 5 Makassar Kembali Sukses Gelar Turnamen Bulutangkis CUP II
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Keluarga Besar Alumni (KBA) SMPN 5 Makassar kembali menggelar Turnamen KBA Esempe Lima Makassar CUP II (Turnamen Bulu...
OPD23 Mei 2024 09:53
Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar Tinjau Lokasi Program RISE
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Makassar melakukan peninjauan lapangan terkait Program RISE di beberapa lokasi, Rabu ...
Video22 Mei 2024 21:22
VIDEO: Dilarang Berjualan Cakar di Malam Hari, Pedagang di Pasar Sumpang Protes
SULSELSATU.com – Sejumlah pedagang di Pasar Sumpang protes karena dilarang menjual cakar pada Malam hari. Aksi protes tersebut pada Rabu (22/5/2...