iklan Kareba Parlementa

Barru Bakal Miliki Perda Layak Anak dan Gender

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, BARRU – Perhatian DPRD dan Pemkab Barru terhadap hak anak dan gender patut mendapat support. Pasalnya, baik eksekutif maupun legislatif, sepakat akan membuatkan peraturan daerah (Perda).

Di rapat paripurna DPRD, Bupati Barru Suardi Saleh, resmi menerima tanggapan dan pembahasan atas dua Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda). Masing-masing, Ranperda Kabupaten Layak Anak dan Ranperda Pengarusutamaan Gender.

Suardi Saleh menuturkan, pihaknya sangat mengapresiasi dua Ranperda yang merupakan inisiatif DPRD Barru. Baginya, Barru harus menjadi percontohan bagaimana seharusnya memperlakukan dan memberi ruang kepada anak-anak untuk berkembang menjadi generasi yang baik.

“Anak adalah generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa yang memiliki peran strategis, dan mempunyai ciri dan sifat khusus yang diharapkan dapat menjamin kelangsungan eksistensi bangsa dan negara di masa depan. Anak-anak perlu mendapat kesempatan seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, baik secara fisik, mental, maupun sosial,” ujar Suardi Saleh di ruang rapat paripurna DPRD Barru, Jumat (6/3/2020).

Di depan para wakil rakyat, pimpinan Forkopimda, dan para pimpinan OPD, Suardi Saleh berkomitmen untuk menerapkan dua Ranperda ini. Termasuk mendorong semua sekolah untuk ramah anak.

Apalagi, lanjut dia, Barru sudah mendapat pengakuan dari pemerintah pusat tentang perhatian terhadap anak. Itu ditandai dengan penghargaan, yakni Sekolah Ramah Anak untuk SMK 2 Barru, dan Ruang Bermain Ramah Anak di Taman Colliq Pujie.

“Kita juga berharap, dengan adanya Ranperda Kabupaten Layak Anak, mudah-mudahan Kabupaten Barru kedepan bisa meraih penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak karena di Tahun 2019 Pemerintah Daerah sudah menerima 2 (dua) penghargaan nasional yang berhubungan dengan Anak yaitu Sekolah Ramah Anak (SMK 2 Barru) di Pancana dan Ruang Bermain Ramah Anak di colliq Pujie,” ungkap Ketua DPD NasDem Barru itu.

Terkait dengan Ranperda Pengarusutamaan Gender, Suardi Saleh menyebut jika hal ini merupakan perhatian Barru mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender, antara laki-laki dan perempuan.

“Dalam pembangunan, sangat diperlukan pengarusutamaan gender, sehingga dapat berperan serta secara adil dan setara dalam proses pembangunan. Oleh karena itu, kami selaku Pemerintah Daerah Kabupaten Barru sangat mendukung terkait penyusunan dan pembentukan Perda ini,” tuturnya.

Sementara itu, Anggota Bapemperda DPRD Barru, Andi Wawo Mannojengi, mengaku berterima kasih atas respon dan tanggapan Bupati Barru mengenai dua Ranperda inisiatif DPRD.

Menurutnya, dua Ranperda ini diharapkan bisa menjadi pedoman semua pihak untuk menjadikan Barru sebagai kabupaten layak anak, serta terwujudnya keadilan dan kesetaraan gender dalam pembangunan.

“Mengenai beberapa penyempurnaan kita akan melakukannya dalam proses pembahasan termasuk memperkaya bahan lainnya demi kesempurnaan Rancangan Perda ini,” pungkas Andi Wawo.

Penulis: Asriadi Rijal
Editor: Asrul

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

VIDEO: Pemotor Trail Lakukan Pelecehan, Sentuh Area Sensitif Wanita Berkemben di Sungai

SULSELSATU.com - Seorang pengendara motor trail tega melakukan pelecehan terhadap seorang wanita di sebuah sungai. Dalam video terlihat wanita seksi berkemben atau memakai kain jarik. Kejadian...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

VIDEO: Inalillahi, Pasar Tradisional Karisa Jeneponto Terbakar

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Pasar Tradisional Karisa Jeneponto di Jl. Pahlawan, Kelurahan Empoang, terbakar. Dari pantauan sulselsatu.com, kebakaran terjadi sekitar pukul 10.20 Wita, Kamis malam (24/9/2020). Video...

Ujian SKB CPNS Parepare Selesai, 5 Peserta Gugur

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2019 Pemkot Parepare di BKN Kantor Regional IV Makassar, selesai. Selama...

Polres Jeneponto Ungkap Motif Tewasnya Pemuda Asal Bantaeng

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pihak kepolisian Polres Jeneponto berhasil mengungkap motif tewasnya Rendy Sacada (23) pemuda asal Jl, Raya Lanto nomor 21, Tappanjeng, Kabupaten Bantaeng...

Di Tengah Pandemi Covid, BLF Virtual 2020 Hadirkan Nuansa Berkarya dari Rumah

SULSELSATU.com, BARRU - Event Barru Local Fest (BLF) 2020 kini memasuki...

Artikel Lainnya

Antisipasi Banjir, DLH Bersama Perangkat Kelurahan Labukkang Keruk Drainase

SULSELSATU.com, PAREPARE - Di masa pandemi tidak menghalangi petugas kebersihan Dinas...

Pemkot Parepare Data UMKM Terdampak Covid-19

SULSELSATU.com, PAREPARE - Pemerintah Kota Parepare menyiapkan program pemulihan bagi usaha...

Bikers Barru Bakal Gelar Millenial Road Safety Riding

SULSELSATU.com, BARRU - Pecinta dunia touring se-Kabupaten Barru akan berkumpul pada...

Taufik Fahruddin dan Natsir Kalla Mundur, AIA Pimpin Kadin Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Sulawesi Selatan...

Ini Daftar Jagoan Gerindra di Pilkada Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR - DPD Partai Gerindra Sulsel telah merampungkan proses penjaringan...

Terkini

Semakin Mudahkan Layanan Kesehatan, Ini Program Lanjutan SS-AK

SULSELSATU.com, BARRU - Warga Kabupaten Barru bakal terus mendapatkan kemudahan di...

Salurkan Kreatifitas, Aplikasi I’m Yours Siapkan Fasilitas Ruang Virtual Bagi Pemuda

SULSELSATU.com, PAREPARE - Tak hanya sebagai sarana digital yang memberikan kemudahan...

Bisa Tampung 15 Juta Penumpang, NA Pantau Progres Pembangunan Terminal Bandara Sultan Hasanuddin

SULSELSATU.com, MAROS - Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah (NA), meninjau progres...

VIDEO: Gubernur Sulsel Tinjau Pulau Lanjukang, Bakal Jadikan Percontohan Pulau Wisata

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan, HM Nurdin Abdullah dan Penjabat...

VIDEO: Kecelakaan Tunggal di Kanal Batua Raya, Pemotor Tewas

SULSELSATU.com - Seorang pemotor tewas saat mengalami kecelakaan tunggal di Jalan...