Logo Sulselsatu

260 Ribu Ton Gula Impor Tiba Akhir Bulan Ini di RI

Asrul
Asrul

Rabu, 11 Maret 2020 17:56

ilustrasi. (int)
ilustrasi. (int)

JAKARTAKementerian Perdagangan (Kemendag) juga melakukan impor gula kristal mentah (GKM) sebanyak 260 ribu ton. Gula ini akan tiba di Indonesia akhir Maret ini.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan, kebijakan ini merupakan persetujuan impor (PI) yang diterbitkan Kemendag sebanyak 438,8 tibu ton.

“Untuk yang baru masuk akhir bulan ini, masuk lagi 260 ribu ton. Jadi pada dasarnya stok ini masih cukup,” kata Agus seperti dikutip dari CNNIndonesia, Rabu (11/3/2020).

Baca Juga : Lambungkan Image Teh Indonesia di Mata Dunia, BRI Dukung UMKM Sila Tea di Pasar Tong Tong Belanda

Baca juga: impor-2-ribu-ton-bawang-bombay-dari-selandia-baru.html" aria-label="“Pemerintah Bakal Impor 2 Ribu Ton Bawang Bombay dari Selandia Baru” (Edit)">Pemerintah Bakal Impor 2 Ribu Ton Bawang Bombay dari Selandia Baru

Sebelumnya, ia menuturkan izin impor gula mentah diberikan kepada ke Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta. Namun, belum terdapat rincian alokasi kuota impor yang didapat masing-masing perusahaan.

Informasi jatah kuota impor baru disampaikan oleh Perum Bulog yakni 29.750 ton. Agus mengatakan setelah impor datang, GKM akan diolah menjadi gula kristal putih (GKP) atau gula pasir yang dikonsumsi masyarakat.

Baca Juga : BRI Dominasi Pasar Valas Indonesia di Tengah Volatilitas Pasar Global dan Pemulihan Ekonomi

Gula tersebut selanjutnya akan digunakan untuk menjaga pasokan gula pasir di pasar supaya harganya bisa terkendali. Agus menuturkan selain membuka keran impor tersebut, agar harga gula bisa ditekan pihaknya telah meminta distributor segera menggelontorkan gula mereka ke pasar. Saat ini, ketersediaan gula pasir di pasar mencapai 160 ribu ton.

“Kami minta yang pegang itu (gula pasir) untuk dipercepat pengeluarannya. Tidak ada alasan lagi untuk di-hold (ditahan),” ucapnya.

Untuk diketahui, harga gula pasir di pedagang eceran tembus Rp17 ribu per kilogram (kg) dalam 1-2 pekan terakhir. Data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS) menunjukkan harga gula pasir lokal tembus Rp17.400 per kg pada Rabu (11/3).

Baca Juga : Pemerintah Bakal Impor 60 Ribu Ton Bawang Putih dari Negara Sumber Corona

Harga itu naik, Rp1.050 dari hari sebelumnya Rp16.350 per kg. Harga gula pasir lokal melebih gula pasir kualitas premium, yaitu Rp16.400 per kg, yang terpantau stagnan dari kemarin.

Posisi itu telah melampaui Harga Eceran Tertinggi (HET) yang dipatok pemerintah, yaitu Rp12.500 per kg.

Editor: Hendra Wijaya

Baca Juga : Pemerintah Bakal Impor 2 Ribu Ton Bawang Bombay dari Selandia Baru

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...
Aneka28 Maret 2024 13:55
Pertama di Indonesia, Pj Gubernur Sulsel Inisiasi Gerakan Sedekah Pohon
SULSELSATU.com, BONE – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kembali mencetak sejarah dengan melakukan gerakan sedekah pohon untuk masya...
Sulsel28 Maret 2024 13:19
Wabup Gowa Ingatkan Pembangunan 2025 Harus Tepat dan Strategis
perencanaan pembangunan 2025 harus betul-betul adaptif dengan perkembangan situasi yang kita hadapi saat ini...
Lifestyle28 Maret 2024 11:55
KUR BRI Bawa Bisnis Kue Gusti dari Rumah hingga Masuk Retail Terkenal
Gusti Putu Carmisuati adalah salah satu ibu rumah tangga yang berhasil sukses dengan usahanya berkah Kredit Usaha Rakyat (KUR) PT Bank Rakyat Indonesi...