Logo Sulselsatu

Pemerintah Bakal Impor 2 Ribu Ton Bawang Bombay dari Selandia Baru

Asrul
Asrul

Rabu, 11 Maret 2020 16:32

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto. (int)
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto. (int)

JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) memutuskan untuk impor bawang bombay sebesar 2 ribu ton. Belakangan ini, bawang jenis ini langka.

“Kami sudah keluarkan izin untuk impor bawang bombay, karena baru masuk rekomendasi impor produk hortikultura (RIPH), sehingga langsung kami proses,” kata Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Rabu (11/3/2020).

Harga bawang bombay di pasar melesat dari Rp20 ribu-Rp30 ribu menjadi Rp180 ribu per kg. Bahkan terjadi kelangkaan di sejumlah daerah.

Baca Juga : Lambungkan Image Teh Indonesia di Mata Dunia, BRI Dukung UMKM Sila Tea di Pasar Tong Tong Belanda

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Indrasari Wisnu Wardhana mengatakan, 2 ribu ton bawang bombay akan didatangkan dari Selandia Baru. Namun, ia tidak mengungkapkan kapan bawang bombay itu akan masuk ke Indonesia.

“Tunggu saja dari Selandia Baru,” katanya.

Dia mengatakan, kuota impor bawang bombay masih berpotensi untuk bertambah. Sebab, Kemendag masih memproses kelengkapan syarat RIPH yang telah diajukan oleh Kementerian Pertanian (Kementan). Namun, dia tidak mengungkapkan jumlah RIPH yang diajukan oleh Kementan.

Baca Juga : BRI Dominasi Pasar Valas Indonesia di Tengah Volatilitas Pasar Global dan Pemulihan Ekonomi

“Kami cek dia sudah lengkap atau belum. Kadang (syarat) lengkap tapi belum tentu benar. Misalnya dalam Permendag ada aturan penguasaan gudang mau sewa mau milik dan gudangnya mesti berpendingin, karena ini fast moving,” katanya.

Sebelumnya, Kemendag juga telah merilis persetujuan impor (PI) untuk Gula Kristal Mentah (GKM) sebanyak 438,8 ribu ton. Agus mengatakan 260 ribu ton gula mentah akan masuk pada akhir Maret nanti. Selanjutnya, gula mentah akan diproses sebagai bahan baku Gula Kristal Putih (GKP) konsumsi atau gula pasir.

Editor: Hendra Wijaya

Baca Juga : VIDEO: Mobil Berpelat ‘Jokowi’ di Selandia Baru, Netizen: Esemka Mendunia

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...