Pandemi Corona, Anies Baswedan Liburkan Seluruh Sekolah di Ibu Kota

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Int)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Int)

JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta meliburkan seluruh sekolah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19. Kegiatan belajar mengajakar dilakukan jarak jauh.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, kebijakan ini sudah dikoordinasikan dengan pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Baca juga: Corona Bikin Was-was, DPR Minta Kemendikbud Liburkan Sekolah

“Kami berkoordinasi dengan Kemendikbud terutama dengan kegiatan UN. Dan sudah dibahas, Kemendikbud memberi kewenangan kepada daerah untuk menentukan waktunya. Dan kegiatan belajar dan mengajar memang kewenangan ada di daerah,” kata Anies di Balai Kota Jakarta, Sabtu (14/3/2020).

Baca juga: Pemprov DKI Tutup Seluruh Tempat Wisata di Ibu Kota

Anies mengapresiasi Presiden Joko Widodo yang memberikan kewenangan kepada daerah untuk merespons cepat terkait mewabahnya virus Ccorona. Anies mengatakan, keputusan menutup sekolah bukan yang baru dilakukan di Indonesia.

“Di Indonesia beberapa kali melakukan kebijakan menutup sekolah dan belajar jarak jauh, terutama ketika beberapa wilayah di Tanah Air terkena musibah asap dari hutan yang terbakar. Di sana kemudian sekolah-sekolahnya ditutup tapi kegiatan belajar mengajar dilakukan lewat rumah,” kata Anies.

Editor: Hendra Wijaya