Logo Sulselsatu

Bupati Sinjai Bentuk Gugus Tugas Pencegahan Virus Corona

Asrul
Asrul

Selasa, 17 Maret 2020 00:30

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, SINJAI – Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa menggelar rapat pembentukan gugus tugas pencegahan penyebaran corona virus disease 2019 (Covid 19) yang digelar di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Seni (16/3/2020).

Rapat tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai, Akbar Mukmin yang dihadiri oleh Kapolres Sinjai AKBP Iwan Irmawan, Dandim 1424 Sinjai Letkol Inf Oo Sahrojat, Kajari Sinjai Adjie Prasetya, Wakil Ketua DPRD Muh. Sabir, Kepala OPD terkait, dan perwakilan masing masing Instansi.

Andi Seto mengatakan Pemerintah Kabupaten Sinjai telah melakukan rapat terbatas dengan Forkopimda mengenai situasi di Kabupaten Sinjai yang sampai saat ini belum terdapat orang yang posisitf korona. Namun karena virus korona berbahaya dan sangat mudah penyebarannya maka wajib untuk ditangani secara serius tanpa menimbulkan kepanikan masyarakat.

Baca Juga : Hamka Gani Ajak Warga Kampala Bersatu Majukan Desa

“Atas nama pemerintah Kabupaten Sinjai menetapkan status siaga darurat untuk penyebaran virus corona. Meskipun masih berstatus siaga namun harus lebih ditingkatkan kesiagaannya, sebagai langkah siaga kita sudah membentuk gugus tugas untuk pencegahan yang diketuai oleh kadis kesehatan dimana poskonya berada pada kantor dinas kesehatan,” katanya.

Salah satu aksi yang akan kita lakukan, Seto menyebutkan salah satunya adalah akan membentuk posko minimal 4 di darat dan 4 di laut untuk memantau orang masuk dan keluar terkhusus bagi orang yang sudah mendatangi daerah yang sudah tertular virus corona.

“Setiap posko akan ditugaskan tenaga medis dan disiapkan termoscanner untuk mengecek suhu tubuh dan khusus bagi para camat agar menyampaikan kepada para kepala desa agar memberi info apabila ada orang yang baru masuk di desanya sehingga bisa dilakukan penelusuran terhadap orang tersebut. Dan khusus untuk dinas perikanan dan perhubungan agar didata nelayan maupun ABK yang masuk dan keluar,” imbaunya.

Baca Juga : Jelang Akhir Tahun, Kepala Daerah di Sulsel Kebut Vaksinasi

“Sedangkan terkait himbauan untuk rumah ibadah untuk sementara kalau bisa karpet yang ada di Mesjid diharapkan agar dikeluarkan dan dihimbau kepada para jamaah untuk masing-masing membawa sejadah. Dan kepada para imam dan penceramah agar dibekali info tentang virus corona sehingga info tersebut tentunya lebih mudah disebarkan,” tambahnya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan dr Suryanto Asapa menyampaikan bahwa saat ini sudah ada 15 orang warga Kabupaten Sinjai yang telah dilakukan pemeriksaan kesehatan karena disinyalir warga tersebut pernah berkunjung ke Malaysia, namun berdasarkan hasil pemeriksaan semua hasilnya negatif corona.

“Dan jumlah 15 orang tersebut ada 12 warga yang masuk kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan masih akan dilakukan pemantauan selama 14 hari kedepan. Pemantauan akan dilakukan oleh petugas kesehatan yang ada di Kecamatan dengan di Back Up oleh personil Kodim 1424 Sinjai dan Polres Sinjai,” ungkapnya.

Baca Juga : Pemda Genjot Vaksinasi, Capaian Vaksinasi di Kabupaten Sinjai Naik Peringkat

Penulis: Andi Irfan Arjuna
Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...