Logo Sulselsatu

Kajian Online Wagub Sudirman Beri Tips Ramadan di Tengah Covid-19

Asrul
Asrul

Jumat, 01 Mei 2020 09:21

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSARAndalan Mengaji kembali mengadakan kajian Islam. Namun kali ini berbeda dengan kajian sebelum-sebelumnya.

Mengingat kondisi saat ini dalam pandemi virus corona (Covid-19). Yang mengharuskan menerapkan social distancing. Salah satunya larangan membuat kerumunan.

Jika biasanya kajian digelar di Rumah Jabatan Wakil Gubernur Sulsel, Jalan Yusuf Dg. Ngawing, namun Kamis malam, 30 April 2020, kajian dilakukan via online melalui live akun instagram @andisudirman.sulaiman dan @mabduhtuasikal.

Baca Juga : Safari Ramadan di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah 2.000 Paket Sembako

Mereka berdua pun siaran langsung di Instagram di rumah masing-masing. Kajian online ini diikuti oleh sekitar 150 netizen dari berbagai daerah.

Diketahui, kajian ini menjadi agenda rutin yang dilaksanakan oleh Andalan Mengaji bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Andalan Mengaji merupakan perkumpulan yang tergabung dalam gerakan aktivitas sosial maupun keagamaan. Kehadiran Andalan Mengaji atas inisiasi Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, beserta sang istri, Naoemi Octarina yang juga sebagai Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel.

Baca Juga : KALLA Land & Property Manfaatkan Ramadan Berbagi Kebahagiaan Bersama 1.000 Anak Panti

Dalam kajian online ini diikuti Ustaz M. Abduh Tuasikal dengan mengangkat tema yakni “Sikap Seorang Muslim Menghadapi Wabah Covid-19”.

Ustaz kelahiran Ambon ini merupakan pengisi dan pembina Rumaysho.com yang merupakan situs internet tentang ajaran Islam. Dirinya pun aktif menulis buku-buku Islam.

Disaat kondisi pandemi dan Ramadan saat ini ada tiga hal yang perlu dilakukan. Salah satunya perbanyak berdoa.

Baca Juga : BRI Group Bagi 2.768 Paket kepada Masyarakat dan Anak Yatim di Makassar

“Dalam bulan Ramadan, kiya dituntut perbanyak berdoa. Dalam keadaan musibah (Covid-19) ini momen kita manfaatkan perbanyak berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” ujarnya.

Kedua, kata dia, umat Muslim dituntut untuk berjiwa Al-Jud artinya bermurah hati atau dermawan. Ia pun mencontohkan sifat kedermawanan Rasulullah, bersemangat dalam bersedekah dan beramal seperti angin yang bertiup.

Dengan bersedekah, kata Pimpinan Pesantren Darush Shalihin di Dusun Warak, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang, Gunung Kidul ini, bisa mengangkat bala atau musibah.

Baca Juga : Bertabur Bintang, Kapan Lagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Dihadiri Puluhan Ribu Pengunjung

“Saat ini kita dapati dua waktu, saat Ramadan dan waktu orang-orang susah dan kita juga susah, jika kita berbagi (sedekah), kita akan dimudahkan oleh Allah,” tuturnya.

Ketiga, “untuk mengatasi masalah saat ini, bekali ilmu dan keimananan yang benar. Bersikap dengan ilmu, maka bisa menyikapi (suatu masalah) dengan mudah, yakin dan ketenangan,” jelasnya.

Seperti saat ini, lanjutnya, Pemerintah dan MUI menyarankan untuk melakukan salat di rumah. Ia pun mengakui, sebulan lebih melaksanakan salat di rumah.

Baca Juga : Abadikan Momen Ramadan di Lomba Foto KFJM, Ini Syarat dan Ketentuannya

“Salat dan tarawih di rumah dulu. Pahalanya sama saja (salat di masjid), karena kita punya uzur (halangan),” katanya.

Ia pun berpesan, untuk menghadapi pemberitaan dengan selektif. “Sikapi saat ini dengan ilmu, jangan pakai perasaan,” pungkasnya.

Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman berharap, “semoga kajian rutin ini dapat mengganti kegiatan yang selama ini rutin dilakukan di rujab dan juga sebagai pengisi materi ceramah bulan Ramadan. Tema kita ambil juga bersesuaian kondisi saat ini tentang Islam dalam menghadapi wabah Covid-19.”

Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...