Logo Sulselsatu

Muncul 5 Kasus Baru, Wuhan Gagal Pertahankan Nol Penularan Corona

Asrul
Asrul

Senin, 11 Mei 2020 11:43

ilustrasi. (int)
ilustrasi. (int)

BEIJING – Otoritas Kota Wuhan, China, kembali melaporkan lima kasus Covid-19 baru dalam 24 jam terakhir. Padahal, kurang lebih satu bulan sebelumnya, tak adalagi tambahan kasus.

Seperti dilansir AFP, Senin (11/5/2020), virus Corona diketahui pertama muncul di Wuhan pada akhir tahun lalu, kemudian menyebar luas di kota tersebut dan Provinsi Hubei hingga menewaskan ribuan orang dan menginfeksi puluhan ribu orang. Pandemi virus Corona kini merajalela ke berbagai negara.

Otoritas kota Wuhan memberlakukan pembatasan ketat terhadap perjalanan dan pergerakan warga yang dianggap sukses mengendalikan penyebaran virus Corona. Beberapa pekan terakhir, pembatasan itu mulai diperlonggar setelah jumlah kasus baru terus menurun.

Baca Juga : Presiden Jokowi Umumkan Pelonggaran Pemakaian Masker

Otoritas setempat menyebut virus Corona bisa dikendalikan, dengan yang terbaru adalah anak-anak mulai kembali ke sekolah dan warga kembali diperbolehkan bepergian ke luar kota. Namun pada Minggu (10/5) waktu setempat, otoritas kota Wuhan kembali melaporkan adanya satu kasus baru. Satu kasus baru ini merupakan yang pertama dilaporkan sejak 3 April.

Dalam pengumuman terbaru pada Senin (11/5) waktu setempat, otoritas kota Wuhan melaporkan lima kasus baru virus Corona di wilayahnya. Menurut para pejabat kesehatan setempat, kelima kasus baru ini berasal dari kompleks permukiman yang sama, yang ditinggali mayoritas warga lanjut usia.

Otoritas Provinsi Hubei — yang menjadi lokasi kota Wuhan — melaporkan adanya 11 kasus baru tanpa gejala (asymptomatic). Otoritas China diketahui mencatat kasus dengan gejala dan tanpa gejala secara terpisah.

Baca Juga : Siapkan Asuransi Sebelum Terkena Komorbid, Sequiz Bisa Jadi Pilihan Tepat

Pada Senin (11/5) waktu setempat, sedikitnya 17 kasus baru dilaporkan di berbagai wilayah China. Dengan tujuh kasus merupakan kasus impor dan 10 kasus merupakan kasus domestik atau penularan lokal, yang lima kasus di antaranya ada di Wuhan.

Saat ini, total 82.918 kasus virus Corona terkonfirmasi di China daratan. Dari jumlah itu, sebanyak 141 pasien masih menjalani perawatan medis dan 78.144 pasien lainnya telah dinyatakan sembuh dari virus Corona.

Tidak ada tambahan kematian sepanjang Minggu (10/5) waktu setempat, sehingga jumlah korban meninggal masih ada di angka 4.633 orang. Otoritas China secara nasional melaporkan tidak ada kematian baru akibat virus Corona dalam sebulan terakhir.

Baca Juga : VIDEO: Boeing 737-800 China Jatuh, Sebanyak 132 Orang Meninggal Dunia

Kembali munculnya kasus baru virus Corona di China terjadi saat Amerika Serikat (AS) dan kebanyakan negara Eropa juga mulai melonggarkan pembatasan. Para pakar kesehatan memperingatkan bahwa terlalu cepat kembali ke situasi normal bisa memicu gelombang kedua virus Corona. Menurut para pakar, pembatasan harus tetap diberlakukan hingga vaksin untuk virus Corona ditemukan.

Editor: Hendra Wijaya

 Komentar

 Terbaru

Video06 Oktober 2022 20:06
VIDEO: Tembok MTSN 19 Pondok Labu Roboh saat Banjir, 3 Siswa Dikabarkan Meninggal
SULSELSATU.com – Banjir terjadi di sejumlah wilayah Jakarta pada Kamis (6/10) sore. Hingga mengakibatkan tembok MTSN 19 Pondok Labu, Insiden rob...
OPD06 Oktober 2022 20:04
Program Ipal Komunal Pemkot Makassar Jadi Percontohan di Indonesia
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Air Limbah (PAL) Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar melakukan rapat bersama T...
Nasional06 Oktober 2022 19:08
Dukung Pengurangan Emisi, Program BRI Menanam Proyeksikan Penyerapan Karbon Hingga 108 Ribu Ton CO2
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) turut ambil bagian dalam mendukung ketahanan iklim melalui penyerapan emisi karbon. Sal...
Makassar06 Oktober 2022 18:56
Fatmawati Rusdi Buka High Level Meeting TPID Kota Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi menekankan pentingnya kolaborasi semua pihak dalam mengendalikan laju infla...