Logo Sulselsatu

Dinas Pendidikan Maros Mulai Gencarkan Inovasi “Macca”

Asrul
Asrul

Sabtu, 06 Juni 2020 20:50

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAROS – Dinas pendidikan semakin gencar melalukan terobosan Inovasi Budaya Baca dengan membawa tagline ‘Macca’ atau Maros Cinta Baca. Inovasi ini merupakan gerakan literasi yang dimulai dari sekolah dengan mengedepankan inovasi baca dengan melahirkan sentuhan kreatif dan inovatif.

Saat dikonfirmasi Sulselsatu.com, Jumat (6/6/2020), Kepala Dinas Pendididkan Maros Takdir mengatakan Gerakan Macca ini akan menjadi gerakan literasi Maros dan akan dilakukan oleh semua sekolah, namun akan memilih beberapa sekolah yang diharapkan menjadi Pionir gerakan Maros Cinta Baca ini.

“Inipun sekolah yang kami pilih adalah sekolah yang menjadikan budaya baca sebagai hasil inovasi sekolahnya, karena saat ini kami mewajibkan semua sekolah memiliki ciri inovasi yang lahir dari ide sekolah masing masing,” ujarnya.

Baca Juga : VIDEO: Mobil Ambulans Alami Kecelakaan Tunggal di Maros

Gerakan Maros Cinta Baca ini berbentuk pembangunan perpustakaan sekolah, sudut baca, taman baca, gazebo baca, gerobak baca, cafe baca dan inovasi pemanfaatan teknologi untuk mendukung budaya baca ini.

“Juga ada kelas inovasi dimana siswa siswi yang ada di sekolah akan diberi motivasi hidup dan belajar oleh alumni atau tokoh yang sudah berhasil dalam kehidupannya, selain itu juga akan dilaksanakan lomba bercerita antarsiswa yang akan membawakan cerita rakyat daerah Maros dalam bentuk dongeng,” Beber Takdir

Takdir menjelaskan harusnya rangkaian kegiatan ini sudah berjalan sedari bulan Maret, tapi karena adanya pandemi baru akan massif dilaksankan pada saat sekolah diaktifkan kembali. Yang berjalan terus adalah pembenahan di sekolah untuk penataan taman baca, atau sarana yang akan memicu minat baca anak.

Baca Juga : Bawaslu Maros Dalami Dugaan Pelanggaran Anggota DPRD Sulsel Kampanye Saat Reses

“Jadi ini diharapkan menjadi motivasi untuk semua sekolah dan menjadikan budaya baca sebagai gerakan bersama di kabupaten Maros, kita yakin kalau gerakan ini berasal dari sekolah maka akan menjadi gerakan yang membumi dan akan melahirkan kebiasaan membaca pada anak sampai mereka dewasa, sehingga membaca menjadi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Adapun sekolah-sekolah yang dijadikan percontohan gerakan ini antara lain, SMP 22 Bantimurung ,SMP Angkasa , SMP 6 Moncongloe Sementara untuk Tingkat Sekolah Dasar diantaranya, SDN 39 Kassi SDN 145 pampangan,SDN 35 pao Pao, SDN 173 Manngai,SDN 63 Sambueja SD 21 Sanggalea SD 96 Carangki SD 56 Pattontongang SD 121 Kakabbirang.

Penulis: Indra Sadli Pratama

Baca Juga : Jalan Sehat Bersama Warga Maros, Pj Gubernur Bahtiar Serahkan Bantuan Sembako dan Alsintan

Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...