Logo Sulselsatu

Ratusan Kapal Nelayan Kepung Kapal Perang TNI AL, Ini Sebabnya

Asrul
Asrul

Sabtu, 13 Juni 2020 13:00

Kapal hias nelayan ikut meriahkan kirab obor Asian Games 2018. (Ist)
Kapal hias nelayan ikut meriahkan kirab obor Asian Games 2018. (Ist)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Pandemi Covid-19 di Indonesia memberi dampak luar biasa bagi perekonomian rakyat, khususnya bagi para nelayan tradisional.

Peduli dengan kondisi tersebut, Koarmada II bersama Komando Utama (Kotama) TNI Angkatan Laut di wilayah Surabaya membagikan ribuan paket sembako kepada masyarakat nelayan di kawasan pesisir Kenjeran, Batuporon, dan Bulak Banteng yang terdampak pandemi Covid-19.

Aksi sosial yang bertajuk Peduli Kasih Dampak Covid-19 TNI AL Wilayah Surabaya ini, digelar pada Jumat (12/6/2020) di atas geladak KRI Makassar-590 yang lego jangkar di perairan Suramadu, Selat Madura.

Dalam acara tersebut, ratusan perahu nelayan tampak mengepung dan mengelilingi Kapal Perang TNI AL itu guna mendapatkan bantuan paket sembako.

Acara ini dihadiri Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V Brawijaya Kapolda Jatim, Pangdiv 2 Kostrad, IKAL Komisariat Jatim, serta beberapa pejabat Forkopimda Jawa Timur lainnya.

Panglima Koarmada II memprakarsai kegiatan sosial ini dengan melibatkan Kotama TNI AL lainnya yakni Kodiklatal, Akademi Angkatan Laut (AAL), Lantamal V, STTAL, Dispsial, Pasmar-2, Puspenerbal, dan Rumkital dr. Ramelan.

Selain itu, beberapa instansi juga berpartisipasi memberikan dukungan, yakni Pemprov Jatim, Polda Jatim, Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia dan IKAL Komisariat Jatim.

“Hari ini telah terkumpul lebih dari 3.000 paket sembako yang akan dibagikan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Khusus untuk hari ini, kita bagikan 750 paket kepada para nelayan dari daerah Kenjeran, Batuporon dan Bulak Banteng yang kebetulan sedang melaut. Sisa sembako, prajurit kami akan membagikan langsung ke masyarakat pesisir di wilayah Jawa Timur,” kata Laksda Heru seperti yang dikutip dari jpnn.com.

Editor: Kink Kusuma Rein

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi28 Maret 2024 22:30
Penyaluran Kredit UMKM Januari 2024 di Sulsel Mencapai Rp59,96 Triliun
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulselbar merilis penyaluran kredit UMKM di Sulsel hingga posisi Januari 2024 mencapai Rp59,96 triliun. Nominalnya naik 1...
Berita Utama28 Maret 2024 22:24
PLN Jeneponto Bukber Sekaligus Berbagi Keberkahan Ramadhan Dengan Yatim Dhuafa
SULSELSATU.com,JENEPONTO – PT. PLN Persero Rayon Jeneponto berkolaborasi dengan Yayasan Baitul Maal (YBM) menggelar buka puasa bersama (Bukber) ...
Sulsel28 Maret 2024 22:02
Ekonomi Kabupaten Gowa Tumbuh 5,82 Persen Selama 2023
Dari data BPS pertumbuhan ekonomi Kabupaten Gowa tumbuh positif. Menjadi 5,82 persen pada 2023, lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya yang hanya 4,5...
Video28 Maret 2024 21:34
VIDEO: Muchlis Misbah Atensi Khusus Pasar Sentral dan Butung
SULSELSATU.com – Podcast bersama Anggota DPRD Kota Makassar, Muchlis Misbah pada Selasa (26/3/2023) lalu. Dalam kesempatan tersebut, Muchlis Mis...