iklan Kareba Parlementa

Menuju New Normal Life, Ini Inovasi Pemkot Parepare

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, PAREPARE – Kota Parepare berinovasi menuju tatanan kehidupan normal baru (new normal life) produktif dan aman Covid-19.

Ada 7 sektor yang menjadi inovasi awal Parepare dalam menghadapi kehidupan normal baru itu. Ketujuh sektor tersebut adalah pasar tradisional, pasar modern atau mal, restoran, hotel, pelayanan perizinan, tempat wisata dan transportasi umum.

Kesiapan berinovasi di 7 sektor itu ditandai dengan Parepare mengikuti lomba inovasi daerah dalam penyiapan tatanan normal baru produktif dan aman Covid-19 yang diadakan Pemerintah Pusat melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri. 

Pemkot Parepare melalui Bappeda yang membidangi Kelitbangan dan Laboratorium Inovasi sudah mengirimkan video hasil inovasi OPD teknis terkait yang menggambarkan kondisi riil penerapan kehidupan normal baru pada 7 sektor tersebut ke panitia lomba, Balitbang Kemendagri.

Kepala Bappeda Kota Parepare, Samsuddin Taha mengatakan, tujuan lomba dalam rangka mendorong inovasi dan kreativitas pemerintah daerah menghadapi new normal life pada situasi pandemi Covid-19.

“Jadi video yang dikirim ini karya asli atau orisinil yang tidak melanggar hak cipta. Dibuat oleh OPD teknis terkait yang menggambarkan inovasi dan kondisi riil kehidupan normal baru produktif dan aman Covid-19 pada 7 sektor di Parepare,” ujar Samsuddin.

Sektor pasar tradisional dan pasar modern ditangani oleh Dinas Perdagangan (UPTD Pengelolaan Pasar), restoran dan hotel ditangani Badan Keuangan Daerah (BKD), pelayanan perizinan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), tempat wisata oleh Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) dan transportasi umum oleh Dinas Perhubungan.

Samsuddin menambahkan, lomba inovasi diikuti oleh seluruh provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia. Peserta lomba dikelompokkan dalam 4 kluster daerah, yakni provinsi, kabupaten, kota, kabupaten tertinggal/perbatasan.

“Linknya sudah tayang di web resmi Litbang Kemendagri. Masyarakat Parepare bisa berpartisipasi dengan menjadi viewer video inovasi new normal Parepare,” harap Samsuddin.

Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe mendukung inovasi Parepare menuju new normal life dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Taufan Pawe menekankan rencana pelaksanaan new normal life ini memang membutuhkan koordinasi, kolaborasi, dan kerja sama pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan stakeholder.

“New normal ini menjadi gerakan nasional yang mendorong pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19 di tengah kehidupan masyarakat yang kembali produktif, ekonomi dan aktivitas bisnis kembali hidup, dan pemerintah daerah bisa berinovasi mencegah penyebaran Covid-19 melalui protokol kesehatan yang dibuatnya,” kata Taufan yang juga Wakil Ketua Bidang Informasi, Advokasi, dan Hukum Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ini.

Penulis: Andi Fardi

Editor: Kink Kusuma Rein

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

VIDEO: Pemotor Trail Lakukan Pelecehan, Sentuh Area Sensitif Wanita Berkemben di Sungai

SULSELSATU.com - Seorang pengendara motor trail tega melakukan pelecehan terhadap seorang wanita di sebuah sungai. Dalam video terlihat wanita seksi berkemben atau memakai kain jarik. Kejadian...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Asosiasi Pedagang Karisa Datangi Kantor DPRD Jeneponto, Ini Harapannya

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Sejumlah pengurus Asosiasi Pedagang Karisa mendatangi Kantor DPRD Jeneponto, Senin (28/9/2020). Mereka datang membawa sejumlah aspirasi para pedagang yang kiosnya terbakar...

Sejarah Singkat 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan

SULSELSATU.com - Hari ini, Bangsa Indonesia memperingati 10 November Hari Pahlawan. Namun mungkin banyak yang belum tahu kenapa pada tanggal 10 November di tetapkaN...

Jalan Terjal Calon Bupati Petahana Majene Hadapi Tes Kesehatan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melaksanakan beberapa rangkaian tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020. Saat ini, jajaran KPU sedang...

Ina Kartika dan Taufan Pawe Kompak Semangati Usungan Golkar di Barru

SULSELSATU.com, BARRU - Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari bersama...

Artikel Lainnya

Misi Sosial, Kurir Langit Ajak Masyarakat Bantu Biaya Umrah Muadzin Disabilitas Netra

SULSELSATU.com, BARRU - Komunitas Kurir Langit menginisiasi keberangkatan umrah untuk Kamaruddin,...

GALERI FOTO: Polda Sulsel Rilis Dua Joki CPNS

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kabid Humas Polda Sulsel, Dicky Sondani bersama Kasat...

Gugus Tugas Pemkab Sinjai Sediakan Alat TCM Sampel Swab Covid-19

SULSELSATU.com, SINJAI - Tim gugus tugas Kabupaten Sinjai telah memiliki alat...

Kompol Iman Wahyudi Resmi Jadi Kepala UPH Bakamla RI

SULSELSATU.com, JAKARTA - Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia memimpin...

Esapratama Fishery Company Larang Wartawan Liput Kegiatan Menteri Edhy Prabowo di Barru

SULSELSATU.com, BARRU - Kehadiran Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo...

Terkini

Wabup Jeneponto Ditunjuk Jadi Ketua Tim Pemulihan Pasar Karisa

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar secara resmi menunjuk Wakil...

Gubernur Support Generasi Muda Sulsel Ikut Lomba Esai Persahabatan Indonesia-Jepang

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), HM Nurdin Abdullah, mensupport...

DPD II Golkar Gelar Rapid Test Massal Gratis Bagi Warga Parepare

SULSELSATU.com, PAREPARE - DPD II Partai Golkar Kota Parepare melaksanakan rapid...

Penyusunan DED Stadion Mattoanging Habiskan Anggaran 20 Miliar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel Andi...

Direksi Ingatkan Karyawan PD Pasar Agar Netral di Pilwali Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Jelang Pilwali Makassar tahun 2021, Direktur Operasional PD...