Logo Sulselsatu

Pemkot dan IKA Unhas Kerja Sama Tangani Covid-19 Berbasis IT

Asrul
Asrul

Minggu, 21 Juni 2020 13:42

IKA Unhas bersama Pj Wali Kota Makassar Yusran Jusuf. (ist)
IKA Unhas bersama Pj Wali Kota Makassar Yusran Jusuf. (ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas) menemui Pj Wali Kota Makassar Yusran Jusuf di Posko Covid-19, Sabtu (20/6/2020). Pertemuan ini membahas kerja sama memutus mata rantai penyebaran Coronavirus di Kota Anging Mammiri.

Pertemuan tersebut dipimpin langsung mantan Rektor Unhas Prof Idrus Paturusi bersama Ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo.

Idrus menyampaikan bahwa IKA Unhas telah membuat satu model pengendalian Covid-19 secara TSM, dengan prinsip kolaborasi, partisipasi dan berbasis IT.

Baca Juga : Pemkot Makassar Jadi Pemerintah Kota Pertama di Indonesia Timur Terapkan KKPD

Pj Wali Kota Yusran Jusuf menyambut baik strategi IKA Unhas. Dia mengatakan, pemkot siap bersinergi untuk mensinkronkan kerja-kerja Tim Gugus Tugas dan IKA Unhas.

“Perhatian dan sikap Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar yang terbuka dan siap bekerjasama dengan IKA mendapat apresiasi. Apa yang dilakukan adalah bentuk kepedulian dalam mendukung pemerintah khususnya Kota Makassar,” kata Yusran.

Secara bergantian tim IKA Unhas Prof Najib, Dr Sakka Pati, dan Dr Ramli memaparkan model pengendalian Covid-19 yang akan dilakukan oleh IKA Unhas.

Baca Juga : ITB Nobel Alauddin Ajak Pemkot Makassar Kerja Sama Kembangkan SDM

Secara teknis yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat mensinkronkan data Aplikasi 119 yang dibuat IKA dengan aplikasi yang dibuat Gugus Tugas Covid-19 Makassar.

Aplikasi tersebut akan melibatkan ketua RT/RW di Makassar khususnya lima kecamatan yang menjadi episentrum utama di Makassar.

Konten aplikasi 119 akan disinkronkan dengan data yang sudah dilakukan oleh pemkot. Hanya dalam aplikasi tersebut juga ditambahkan konten sosialisasi dan informasi berdasarkan perkembangan day to day. Pembatasan Sosial Berbasis Keluarga/Komunitas (PSBK)

Baca Juga : Danny Pomanto Hadiri Sertijab Pangdivif 3/Kostrad, Perkuat Kolaborasi Jaga Ketahanan Pangan

(PSBK ) menjadi bahasan khusus karena partisipasi yang cukup berperan untuk memutus dan menangani Covid-19 adalah keluarga dan komunitas.

Terkait regulasi/kebijakan pendekatan persuasif tetap dikedepankan namun perlu juga penegakan hukum bagi yang melanggar agar ada efek jera.

Selain itu perlu ada reward/penghargaan bagi masyarakat/nankes yang telah berperan memberikan pengabdian/kepedulian terbaik dalam penanganan/pengendalian Covid-19 di Kota Makassar.

Baca Juga : Gedung Baru Makassar Government Center Siap Beroperasi Juli Mendatang

Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Lifestyle19 April 2024 15:04
Jangan Dilewatkan! Kalla Toyota Siapkan Keuntungan dan Layanan Spesial Melalui Aplikasi Kallafriends
Kalla Toyota memberikan banyak keuntungan bagi pelanggan melalui Kallafriends. Garis besarnya, Kalla Toyota menyiapkan pelayanan secara eksklusif bagi...
Makassar19 April 2024 14:03
Pemkot Makassar Jadi Pemerintah Kota Pertama di Indonesia Timur Terapkan KKPD
Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mulai menggunakan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD). Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) menjadi ...
Pendidikan19 April 2024 13:55
ITB Nobel Alauddin Ajak Pemkot Makassar Kerja Sama Kembangkan SDM
Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Nobel menawarkan kerja sama ke Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. Kerja sama tersebut dilakukan dalam bidang penge...
Bisnis19 April 2024 13:49
Telin dan Dialog Axiata Kerja Sama Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional
Telin sebagai anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global bersama Dialog Axiata PLC yang merupakan penyedia konektivitas nomor sat...