Logo Sulselsatu

Terkesan Ekslusif dan Boros Anggaran, DPR Usul IPDN Diswastakan

Asrul
Asrul

Kamis, 25 Juni 2020 08:40

ilustrasi. (int)
ilustrasi. (int)

JAKARTAInstitut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN) diusulkan untuk dilepas dari sekolah kedinasan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Hal ini disampaikan Anggota Komisi II DPR Fraksi Demokrat Wahyu Sanjaya dalam rapat kerja bersama Mendagri Tito Karnavian dan Komisi II di Kompleks MPR/DRP, Jakarta, Rabu (24/6/2020) kemarin.

Wahyu mengusulkan IPDN dijadikan institusi pendidikan tinggi swasta. Ini menyusul karena IPDN menyerap pagu anggaran APBN milik Kemendagri tahun 2020 hingga sekitar Rp539 miliar.

Baca Juga : Diterapkan Bertahap, Begini Cara Buat KTP Digital

“Saya rasa dengan jumlah pelamar yang membludak itu enggak ada yang keberatan juga kalau itu (IPDN) diswastakan,” kata Wahyu.

Dia melihat selama ini pihak IPDN hanya datang dan menggelar rapat ke Komisi II apabila ada masalah saja. Ia mengaku belum pernah mendengar berita baik tentang prestasi IPDN di bidang pendidikan.

“Jadi kita lepaskan saja, karena bisa saja suatu saat bisa dapat BLU atau PNBP (penerimaan negara bukan pajak) dari sana,” kata dia.

Baca Juga : e-KTP Bakal Diganti Jadi KTP Digital, Kemendagri Target 25 Persen Penduduk Gunakan IKD Tahun Ini

Tak hanya itu, dia menilai para praja lulusan IPDN terkesan eksklusif dan diutamakan untuk bisa diterima sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS).

Padahal, kata dia, seleksi CPNS sendiri bersifat umum dan terbuka bagi semua warga negara. Baik sekolah kedinasan, perguruan tinggi negeri mau pun swasta.

IPDN jadi eksklusif ketimbang lulusan PTN atau PTS,” kata dia.

Baca Juga : Pemkab Gowa Bersiap Gunakan Identitas Kependudukan Digital Untuk Masyarakat

Wahyu berpandangan kinerja dan pelayanan Kemendagri akan lebih baik ke depannya bila tak menanggung beban anggaran untuk IPDN. Komisi II pun bisa lebih leluasa jika tak lagi mengawasi IPDN. “Karena belum terasa manfaatnya,” pungkasnya.

Editor: Hendra Wijaya

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...