Logo Sulselsatu

Tenaga Kesehatan Gowa Dapat Bantuan 31 Kotak Aerosol

Asrul
Asrul

Sabtu, 27 Juni 2020 20:44

Penyerahan aerosol secara simbolis. (ist)
Penyerahan aerosol secara simbolis. (ist)

SULSELSATU.com, GOWA – Tenaga Kesehatan di Kabupaten Gowa mendapat bantuan berupa 31 buah aerosol sebagai dukungan dalam menjalankan tugas penanganan Covid-19.

Bantuan 31 buah aerosol itu diadakan Tim Penggerak PKK Gowa bekerja sama dengan Little Juin. Bantuan itu diperuntukkan kepada tenaga kesehatan di 26 puskesmas dan RSUD Syekh Yusuf.

Kepala Dinas Kesehatan Gowa, dr. Hasanuddin menyampaikan terima kasih kepada jajaran PKK yang bekerja sama dengan Little Juin memberikan alat. Ia menilai, Aerosol Box ini akan sangat membantu bagi petugas kesehatan yang ada di puskesmas.

“Ini sangat membantu untuk mengatasi penyebaran dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” kata Hasanuddin, Sabtu (27/6/2020).

“Nanti mungkin digunakan pada pemeriksaan pasien untuk menghindari kontak langsung pada pasien,” tambah dr Hasanuddin.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Direktur RSUD Syekh Yusuf Gowa Bidang Pelayanan Medik, dr Magdalena Maya Khubaeni. Dia menyampaikan terima kasih kepada PKK Kabupaten Gowa atas bantuan tersebut.

Menurutnya, aerosol box sebanyak ini 5 buah itu pasti sangat bermanfaat untuk mereka gunakan. Sebab, ada beberapa pelayanan yang menggunakan yang mengakibatkan aerosol yakni di poli gigi, poli THT di kamar operasi.

“Itu semua pekerjaan pelayanan yang menggunakan zat kimia yang menyebabkan aerosol,” jelasnya.

Dia menjelaskan aerosol box ini sangat bermanfaat untuk membantu beberapa poli untuk mengurangi penyebarluasan dari Corona yang diakibatkan oleh efek aerosol.

“Karena aerosol itu maksudnya penggunaan zat kimia yang menyebabkan udara. Itu kita takutkan mengandung virus yang bisa kena kepada petugas. Jadi aerosol box ini menghambat minimal dia menghambat udara tersebut,” tambahnya.

Bantuan diserahkan oleh dr Alamsyah mewakili Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan kepada Kepala Dinas Kesehatan, dr. Hasanuddin dan Wakil Direktur RSUD Syekh Yusuf Gowa bidang pelayanan Medik, dr Magdalena Maya Khubaeni di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, Jumat (26/6/2020) sore kemarin.

Alamsyah mengatakan bantuan ini merupakan bentuk dukungan PKK Kabupaten Gowa kepada para tenaga medis di tengah pandemi Covid-19 ini. Menurutnya Aerosol Box ini akan sangat dibutuhkan untuk melindungi para tenaga medis di Kabupaten Gowa agar tidak bersentuhan langsung dengan pasien. Alat ini bisa digunakan oleh tenaga medis di beberapa pelayanan seperti di poli gigi, THT dan di ruang operasi.

Dia menjelaskan saat pelayanan biasa menimbulkan hembusan udara dari mulut pasien. “Dengan adanya aerosol box ini tentu akan memberikan perlindungan yang lebih maksimal, tentunya alat ini akan lebih membantu petugas kesehatan,” jelasnya.

Oleh karena itu, dirinya berharap dengan adanya alat ini akan memberikan motivasi yang lebih besar lagi kepada petugas petugas kesehatan khususnya yang bersentuhan langsung dengan di lapangan.

Editor: Hendra Wijaya

 

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...