Logo Sulselsatu

Tingkatkan Kemitraan, Parepare Komitmen Bangun Perencanaan Responsif Gender

Asrul
Asrul

Rabu, 08 Juli 2020 20:00

Tingkatkan Kemitraan, Parepare Komitmen Bangun Perencanaan Responsif Gender

SULSELSATU.com, PAREPARE – Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) menggelar web seminar (webinar) Peningkatan Kemitraan Kelembagaan Pengarusutamaan Gender (PUG) dan Pendampingan Penilaian Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020.

Kegiatan yang melibatkan SKPD, organisasi mitra, budayawan, tokoh agama, masyarakat, focal point, dan instansi vertikal ini dibuka oleh Wali Kota Parepare yang diwakili Sekretaris Daerah, Iwan Asaad, Rabu (8/7/2020).

Plt Kepala DP3A Parepare, Rostina mengatakan kegiatan tersebut merupakan buah komitmen Pemerintah Kota Parepare dalam perencanaan responsif gender.

Baca Juga : Taufan Pawe Bakar Semangat Relawan Airlangga di Takalar, Minta Massif Bergerak

“Termasuk menyediakan SDM andal pada bidang perencanaan, SKPD yang pro gender,” ujar Rostina.

Sponsored by MGID

Acara yang dilaksanakan hingga Sabtu, 11 Juli ini dipandu Sriyanti Ambar, Kepala Bidang Kesetaraan Gender DP3A Parepare.

Sementara, Sekretaris Daerah Parepare, Iwan Asaad dalam membacakan sambutan tertulis Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe mengapresiasi kegiatan yang dinilai sebagai upaya peningkatan pengarusutamaan gender di Kota Parepare.

Baca Juga : Relawan Airlangga Presiden Deklarasi di Takalar, Taufan Pawe Turut Hadir

“Ini adalah komitmen yang lahir untuk membangun perencanaan berbasis responsif gender. Sangat penting melibatkan semua stake holder seperti yang hadir saat ini, karena penyusunan APE harus kita penuhi, dan tidak akan terpenuhi jika satu SKPD yang tidak memiliki perencanaan yang responsif gender,” kata Iwan.

Iwan menilai, penghargaan APE yang telah diterima Pemkot Parepare tahun sebelumnya merupakan wujud komitmen Parepare sebagai kota responsif gender.

“Kita berharap kesuksesan APE bisa kita raih kembali. Tidak sekedar mengejar penghargaan, tetapi kita harap berbanding lurus dengan pelayanan kepada perempuan dan melahirkan pengarusutamaan gender. Penghargaan itu hanyalah dampak,” ulas mantan Kepala Bappeda Parepare ini.

Baca Juga : Taufan Pawe dan Ace Hasan Rancang Kesiapan Pembukaan Golkar Institute di Makassar

Oleh karena itu lanjut Iwan, peran Bappeda sebagai SKPD sentral dapat melahirkan perencanaan, yang responsif gender.

“Untuk mewujudkan pengarusutamaan gender dibutuhkan sinergitas semua SKPD, Bappeda sebagai muara penting dalam perencanaan. Mari bersama-sama, termasuk instansi vertikal, BUMN/BUMD, YLP2EM, dan organisasi mitra lainnya kita tingkatkan kemitraan, mari kita kaji isu responsif gender sebagai suatu kebutuhan bukan keinginan karena pada dasarnya hak perempuan sama dengan laki-laki,” ujar mantan Kepala Bagian Humas Setdako Parepare ini.

Penulis: Andi Fardi

Baca Juga : Taufan Pawe dan Ace Hasan Rancang Kesiapan Pembukaan Golkar Institute di Makassar

Editor: Kink Kusuma Rein

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Breaking News04 Desember 2021 12:57
Usai Viral, Siswi yang Lamar Pria di Pinrang Alami Gangguan Psikis Karena Sering di Bully
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Usai kisahnya viral karena melamar pria di Pinrang, siswi kelas III SMP di Kabupaten Pinrang, Sulsel sering jadi baha...
Ekonomi04 Desember 2021 11:37
Transaksi Agen BRILink Tembus Rp1.000 Triliun
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Di tengah maraknya digitalisasi di sektor keuangan, peran AgenBRILink dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk tet...
Lifestyle03 Desember 2021 22:46
Rajai Penjualan PT SJAM, Desain Keren dan Futuristik Jadi Pemikat Utama
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Selama tahun 2021 ini, Nmax jadi motor terlaris dalam penjualan PT Suracojaya Abadimotor (SJAM). Total, sudah ada 32....
Sponsored by MGID
Makassar03 Desember 2021 21:36
Peringatan Hari Ibu, Indira Jusuf Ismail Sampaikan Makna Hari Ibu
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail, mengingatkan kembali akan makna hari ibu kepada generasi muda pada m...