Logo Sulselsatu

Warga Butuh Relaksasi, Alasan Rudy Djamaluddin Perbolehkan Anjungan Losari Segera Dibuka

Asrul
Asrul

Rabu, 22 Juli 2020 19:20

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Puluhan Pedagang kaki lima mendapat edukasi secara langsung dari Tim Edukasi Pemkot Makassar tentang tata cara penerapan Protokol Kesehatan saat berjualan di Anjungan Pantai Losari. Hal ini terlihat di pelataran salah satu anjungan, Rabu (22/7/2020).

Salah satu tim edukator dari Dinas Kesehatan Kota Makassar secara detail menjelaskan tentang cara menghindari potensi terjadinya transmisi penyebaran Virus Covid-19 mulai dari memberi jarak setiap kursi digunakan pengunjung, menjaga kebersihan peralatan makan yang digunakan menjual, termasuk memastikan seluruh pengunjung menggunakan masker saat melakukan transaksi.

“Para penjual harus memastikan piring dan sendok yang digunakan dalam kondisi bersih. Berikan tanda silang di salah satu sisi di meja agar pengunjung tidak saling berhadap-hadapan saat makan. Dan pastikan semua menggunakan masker, baik penjual dan pembeli kecuali saat makan,” ujar salah satu tim edukator melalui pengeras suara dihadapan puluhan PK5 yang duduk bersila di pelataran.

Baca Juga : PPALC Harap Pemerintah Turut Sukseskan Yatim Fest di Sulsel

Sementara itu di tempat yang sama, Camat Ujung Pandang Zulkifli Nanda mengatakan bahwa edukasi ini dilakukan berdasarkan permintaan Pj Walikota Makassar, Prof Rudy Djamaluddin sebelum Anjungan Losari dibuka untuk umum.

“Hari ini kita lakukan edukasi bersama tim, kepada seluruh penjual pisang epe dan pedagang asongan untuk memastikan mereka paham dan bersedia melaksanakan protokol kesehatan selama berjualan di area anjungan. Rencananya akan kita lakukan simulasi dulu sebelum mereka bisa beroperasi,” katanya.

“Kita juga sedang mengupayakan ketersediaan alat cuci tangan disetiap pintu masuk anjungan, sehingga protokol kesehatan betul-betul terlaksana, termasuk pengawasan ketat yang akan kita lakukan terhadap seluruh pengunjung tentang kewajiban menggunakan masker dan menjaga jarak” sambung Zulkifli.

Baca Juga : VIDEO: Pemuda Bersenjata Serang Jemaah Salat Subuh di Makassar

Sementara itu di Balaikota Makassar, Pj Walikota Makassar, Prof Rudy Djamaluddin menjelaskan alasan di bukanya kembali Anjungan Pantai Losari untuk dikunjungi oleh masyarakat umum.

“Masyarakat kita kan sudah beraktifitas kembali, dan mereka tentunya butuh titik kumpul dan relaksasi. Makanya ini kita siapkan fasilitas protokol kesehatannya termasuk memastikan seluruh warga yang beraktifitas disana betul-betul menerapkan semua aturan Perwali. Termasuk penjual, mereka harus diberi edukasi dulu termasuk membuat komitmen dalam bentuk tertulis, yang melanggar tentu ada sanksi, mulai dari teguran tertulis hingga penutupan tempat usaha,” ujar Rudy.

Penulis: Resti Setiawati

Baca Juga : VIDEO: Ganjar Pranowo Hadir Kampanye Akbar Besok di Makassar

Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi29 Maret 2024 19:22
BRI Jadi Bank Penyalur KUR Terbesar di Sulsel
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menjadi perbankan yang menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) terbesar di Sulsel. Nominal KUR yang disalurkan BR...
Sulsel29 Maret 2024 18:18
Pj Gubernur Sulsel Apresiasi Gerakan Sedekah Bibit dan Penghijauan PT Vale
Dukungan PT Vale Indonesia untuk gerakan penghijauan yang digalakkan Pemerintah Provinsi Sulsel terus berlanjut. Terbaru ini melakukan sedekah bibit p...
Otomotif29 Maret 2024 17:51
Bengkel dan Showroom Kalla Toyota Tetap Buka Saat Hari Libur
Bengkel resmi dan showroom Kalla Toyota tetap buka di hari libur Peringatan Wahat Isa Almasih yang jatuh pada 29 Maret 2024 mendatang. Di hari libur t...
Video29 Maret 2024 16:46
VIDEO: Aksi Blokade di Lahan Pertambangan di Luwu Timur
SULSELSATU.com – Aksi blokade di dalam lokasi Izin Pertambangan PT. Citra Lampia Mandiri, Kamis (28/3/2024) kemarin. Blokade tersebut dilakukan ...