Logo Sulselsatu

Aksara Daerah se-Nusantara Bakal Didigitalisasi

Asrul
Asrul

Minggu, 26 Juli 2020 20:30

istimewa
istimewa

JAKARTA – Ratusan aksara daerah di Nusantara bakal didigitalisasi untuk mencegah dari kepunahan. Wacana ini diinisiasi Pengelola Nama Doiman Internet Indonesia (Pandi).

Sejauh ini, baru domain internet aksara Jawa yang sudah didaftarkan Pandi ke Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN). Setelah itu, domain aksara daerah lainnya akan menyusul berikutnya.

Ketua Pandi Yudho Giri Sucahyo mengungkapkan, tentang pentingnya pemanfaatan teknologi informasi dalam pelestarian budaya nusantara. Yudho berpendapat, korelasi teknologi digital dengan kehidupan saat ini sudah sangat berkaitan erat.

Baca Juga : Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Sejalan dengan hal tersebut, Pandi seperti dikatakan Yudho, melestarikan budaya dengan mendaftarkan domain beraksara daerah yang dikonversi agar bisa terdigitalisasi dan dapat diakses di laman internet.

“Saat ini Pandi telah mendaftarkan Internationalize Domain Name aksara Jawa ke ICANN, sedang diproses dan menunggu respon dalam waktu delapan minggu ke depan,” ucapnya dalam siaran persnya.

Pandi juga berencana akan mendaftarkan aksara daerah lainnya ke ICANN sebagai perwujudan program Merajut Nusantara melalui digitalisasi aksara daerah.

Baca Juga : Mengenal Desa Wawowae, Pemenang Kategori Desa Potensial Wilayah Tengah Program Desa BRILian

“Ke depan, kita akan punya keanekaragaman seperti ini, ratusan aksara yang ada di nusantara ini akan terdigitalkan, sehingga lalu kemudian anak cucu kita semuanya akan masih bisa mengingatnya, masih bisa mempelajarinya dan masih bisa bangga dengan berbagai budaya kita,” tutur Yudho.

Pernyataan Pandi dalam melestarikan budaya nusantara, khususnya yang berkaitan dengan aksara daerah, diungkapkan dalam seminar daring “Menyambut Era New Normal, Momen Membangun Karakter Manusia Berbasis Budaya”. Pada kesempatan tersebut, hadir Menko PMK Muhadjir Effendi sebagai keynote speaker.

Disampaikan Muhadjir, pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini banyak memberikan dampak buruk di setiap lini kehidupan, yang dikhawatirkan akan berpengaruh pula pada terhambatnya pembinaan generasi muda dalam pembangunan karakter bangsa.

Baca Juga : Mengenal Desa Bansari, Pemenang Desa BRILian 2023 Berkat Keindahan Alam & Inovasi Pertanian Modern

Berangkat dari kondisi tersebut, Pemerintah telah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor: 02/KB/2020, KB/1/UM/04.00/M-K/2020 tentang Panduan Teknis Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Bidang Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif dalam Masa Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat.

Diharapkan generasi muda, masyarakat umum dan pegiat kebudayaan khususnya semakin terpacu untuk melestarikan kebudayaan melalui digitalisasi dan memanfaatkan teknologi karena masih ada ruang yang sangat luas untuk melestarikan kebudayaan nusantara.

“Jangan sampai kebudayaan kita diakusisisi dulu oleh negara lain baru kita terpacu, tapi mulailah sejak dini dan dari diri kita sendiri, manfaatkan perkembangan teknologi informasi yang sudah sangat canggih ini untuk melestarikan kebudayaan nusantara,” ungkap Muhadjir.

Baca Juga : Nasabah Semakin Nyaman Bertransaksi, BRI Luncurkan Inovasi Digital BRIFrens Kustodian Berbasis Web

Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Bisnis28 Maret 2024 17:39
Pengiriman Barang Lebih Cepat dan Mudah Melalui Layanan Same Day Delivery Cahaya Bone
Cahaya Bone sebagai salah satu lini bisnis Kalla Transport & Logistcs (Translog) senantiasa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat....
Ramadan28 Maret 2024 16:22
Pegadaian Hadirkan Panggung Emas di Puncak Festival Ramadhan
PT Pegadaian memperingati hari ulang tahun PT Pegadaian yang ke-123 dan memeriahkan bulan Ramadhan 1445 H menghadirkan kegiatan Festival Ramadhan....
Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...
Aneka28 Maret 2024 13:55
Pertama di Indonesia, Pj Gubernur Sulsel Inisiasi Gerakan Sedekah Pohon
SULSELSATU.com, BONE – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kembali mencetak sejarah dengan melakukan gerakan sedekah pohon untuk masya...