iklan Kareba Parlementa

Bareng Rudy, NA Bawa Bantuan untuk Warga Pulau Langkai-Lanjukang

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah bersama Pj Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin, membawa sejumlah bantuan untuk kebutuhan warga Pulau Langkai dan Pulau Lanjukang, Kelurahan Barrang Caddi, Kecamatan Sangkarrang, Makassar, Minggu (2/8/2020).

Kedua pemimpin ini membagikan sembako, masker dan juga bibit pohon sukun kepada penghuni pulau. Saat di Pulau Langkai, Nurdin dan Rudy terlihat berdialog langsung sekaligus mendengar berbagai cerita kehidupan masyarakat setempat.

Dalam dialog yang berlangsung santai tersebut, warga secara bergantian menyampaikan berbagai permintaan pengadaan layanan dasar yang dibutuhkan oleh mereka.

“Kami sangat butuh jaringan untuk menelpon Pak, itu sangat berguna untuk kami berbicara dengan keluarga yang ada di seberang pulau. Misalnya jika air laut sedang pasang, minimal kita bisa memberi tahu keluarga lewat telepon untuk tidak menyeberang dulu sambil menunggu ombak tidak tinggi,” ujar Sartia, salah satu warga yang tinggal menetap di Pulau Langkai.

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, saat menyapa warga mengatakan, saat ini pihaknya sedang menyiapkan fasilitas air bersih yang bisa langsung diminum oleh warga pulau tanpa perlu lagi dimasak atau disterilkan. Termasuk bagi warga pulau dengan jumlah 315 kepala keluarga ini.

“Salah satu yang paling penting yakni ketersedian air bersih. Kita sedang menyiapkan fasilitas penyulingan air bersih yang bisa langsung diminum oleh warga,” ujarnya.

Soal listrik dan juga jaringan telepon, Nurdin Abdullah mengaku sudah membahasnya bersama PLN dan juga Telkom. “Insya Allah, semoga dalam waktu tidak lama warga kita sudah bisa menikmati semua fasilitas layanan dasar ini,” harap Nurdin Abdullah yang disambut aplaus warga Pulau Langkai.

Nurdin Abdullah juga mengaku sedang merancang fasilitas dermaga serta angkutan umum kapal roro yang berfungsi menghubungkan setiap pulau. Demikian pula pengadaan ambulance laut yang berfungsi memberi layanan kesehatan untuk seluruh warga pulau.

“Warga kita akan lebih mudah bertemu kerabat yang ada di pulau sebelahnya dengan adanya kapal roro nanti, demikian pula keberadaan ambulance laut yang bertugas memberikan layanan kesehatan jika ada warga yang sakit,” lanjutnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin, banyak berbicara tentang pendidikan anak pulau.

“Kita sengaja datang untuk mendekatkan yang jauh. Jangan sampai yang jauh merasa semakin jauh, jika kita tidak saling mengunjungi. Meskipun jaraknya jauh dari pusat kota, namun tetap saja warga yang tinggal di pulau terluar tetap berhak mendapatkan layanan publik dari pemerintah. Salah satu yang tidak kalah pentingnya yakni fasilitas pendidikan,” terangnya.

“Disini anak-anak kita hanya bisa mengakses pendidikan tingkat menengah pertama saja, selebihnya mesti harus ke kota. Kita sedang merancang ketersediaan asrama siswa dan mahasiswa asal pulau demi memastikan anak-anak kita disini bisa terus melanjutkan pendidikannya demi menggapai cita-cita tertinggi yang diimpikannya,” tambah Prof Rudy yang disambut gembira penduduk setempat.

Saat bertolak ke Pulau Lanjukang, Nurdin dan Rudy melakukan penanaman pohon sukun yang diyakini bisa membuat air payau menjadi tawar. Keduanya juga membagikan masker kepada seluruh warga pulau untuk digunakan saat melakukan aktifitas diluar rumah.

Dalam kunjungan pulau ini, juga hadir Kepala Kantor Konsuler Jepang di Makassar, Miyakawa Katsutoshi, serta sejumlah anggota Perhimpunan Alumni dari Jepang (Persada) yang juga memberikan bantuan.

Di Pulau Langkai, Gubernur membagikan 315 paket sembako dan di Pulau Lanjukang 60 paket sembako.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Hendra Wijaya

Iklan PDAM
...

Populer

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

VIDEO: Viral, Sebuah Kuburan Keluarkan Darah Segar dan Bau Amis

  SULSELSATU.com - Sebuah makam yang dipenuhi oleh cairan berwarna merah yang diduga darah viral di media sosial, Minggu (20/9). Dalam video terlihat makam itu amblas...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Enam Staf Positif Covid-19, Pelayanan di DPMPTSP Jeneponto Tutup Sementara

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jeneponto yang berada di Jl Ishak Iskandar ditutup sementara. Penutupan pelayanan di...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Sejarah Singkat 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan

SULSELSATU.com - Hari ini, Bangsa Indonesia memperingati 10 November Hari Pahlawan. Namun mungkin banyak yang belum tahu kenapa pada tanggal 10 November di tetapkaN...

INFOGRAFIK: 4 Kerajaan Tertua di Indonesia

1. Kerajaan Kandis (sebelum Masehi) Kerajaan ini diyakini berdiri sebelum Masehi, mendahului berdirinya kerajaan Moloyou atau Dharmasraya. 2. Kerajaan Salakanagara (130-362 M) Kerajaan ini adalah kerajaan yang...

Pj Rudy Rapid Test, Hasilnya Non Reaktif

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman...

Artikel Lainnya

Pemkot Parepare Pasang Alat Perekaman Pajak di Restoran dan Cafe

SULSELSATU.com, PAREPARE - Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare memasang alat perekaman pajak...

Cegah Corona, Nurdin Abdullah Hargai Kebijakan Arab Saudi

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menghargai keputusan Arab Saudi...

Sosialisasi di Jeneponto, Fathul Nurdin Tak Singgung Jokowi-Ma’ruf

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Caleg PSI, Fathul Fauzi Nudin melakukan sosialisasi di...

Prajurit Lantamal VI Asah Kemampuan Menembak Laras Panjang

SULSELSATU.com, MAKASSAR - prajurit Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI)...

Pj Wali Kota Makassar Hadiri HUT Bhayangkara ke-73

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb didampingi Pj...

Terkini

Pemuda  Bersimbah Darah Ditemukan Tewas di Pinggir Jalan

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Rendy Sacada (23) pemuda asal Jl, raya Lanto...

VIDEO: Viral, Tukang Bubur di Surabaya Jago Bahasa Jepang

SULSELSATU.com - Seorang penjual bubur kacang hijau di Surabaya, lancar berbahasa...

Pandemi Covid-19, HUT Polantas ke-65 di Jeneponto Digelar Sederhana

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Meski masih di tengah Pandemi Covid19, Polres Jeneponto...

Sanksi Sosial Tidak Beri Efek jera, Pemerintah Diminta Pertegas Sanksi Administrasi

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kepala Satpol PP Kota Makassar, Iman Hud menyebut...

PD Parkir Gagas Parkir Berlangganan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Direktur Utama PD Parkir Makassar Raya, Irham Syah...