iklan Kareba Parlementa

Ledakan Dahsyat Guncang Beirut, KBRI Libanon Minta WNI Segera Melapor

Iklan Humas SulSel

JAKARTA – Kedutaan Besar RI untuk Libanon merespons cepat ledakan dahsyat yang terjadi di Beirut pada Selasa (4/8/2020) petang. KBRI meminta warga Indonesia yang berada di ibu kota segera melapor.

Setidaknya 70 orang tewas dan lebih dari 4.000 orang terluka akibat ledakan yang terjadi sekitar pukul 18.00 waktu setempat tersebut. Pihak berwenang Libanon menuturkan korban tewas dan terluka masih dapat terus bertambah menyusul evakuasi dan penyelamatan masih berlangsung.

Duta Besar RI untuk Libanon, Hajriyanto Y Tohari mengatakan, pihaknya telah berkomunikasi dengan simpul-simpul WNI melalui pesan WhatsApp dan mengimbau mereka untuk segera melapor jika berada dalam situasi tidak aman.

“KBRI Beirut telah melakukan komunikasi dengan pihak kepolisian dan meminta laporan segera apabila ada update mengenai WNI dan sepakat akan segera menyampaikan informasi kepada KBRI,” kata Hajriyanto dalam keterangan tertulis pada Rabu (5/8/2020).

Sejauh ini, satu WNI dilaporkan terluka akibat ledakan. WNI berinisial NNE itu telah dirawat di rumah sakit dan berada dalam kondisi stabil.

Hajriyanto menuturkan berdasarkan pengecekan terakhir seluruh WNI dalam keadaan aman.

Dalam catatan KBRI, terdapat 1.447 WNI, 1.234 di antaranya adalah Kontingen Garuda dan 213 merupakan WNI sipil termasuk keluarga KBRI dan mahasiswa.

Sementara itu, secara terpisah, Presiden Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Libanon, Hamzah Assuudy Lubis, melalui akun Instagram mengatakan sejauh ini mahasiswa RI di Libanon yang berjumlah 65 orang dalam keadaan aman.

Sejauh ini, pihak berwenang Libanon belum bisa memastikan penyebab ledakan. Namun, sumber ledakan berasal dari sebuah gudang di dekat pelabuhan ibu kota yang menyimpan 2.750 ton amonium nitrat.

Sebelum insiden terjadi, kebakaran dilaporkan terjadi di gudang tersebut.

Berdasarkan sejumlah video yang tersebar di media sosial, kepulan asap pekat terlihat membumbung tinggi ke langit Beirut beberapa detik kemudian ledakan besar terdengar sampai ke seluruh penjuru Beirut.

Ledakan terdengar bersamaan dengan gelombang asap berbentuk jamur yang langsung menyapu wilayah sekitar sumber ledakan hingga puluhan kilometer.

Guncangan yang berasal dari kawasan pelabuhan itu menimbulkan suasana mencekam di ibu kota. Kaca rumah penduduk dan bangunan di sebagian Beirut terutama dekat sumber ledakan pecah dan terbakar.

Ledakan bahkan terdengar hingga Nicosia yang terletak di bagian timur Pulau Siprus yang berjarak 240 kilometer dari asal ledakan.

Editor: Hendra Wijaya

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Dua Wartawan di Jeneponto Diusir Oknum Security Saat Meliput di DPRD

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Rapat Anggaran perubahan R-APBD di ruang komisi III Kantor DPRD Jeneponto, Selasa, (29/9/2020), diwarnai insiden pengusiran terhadap dua jurnalis yang sedang...

VIDEO: Pemotor Trail Lakukan Pelecehan, Sentuh Area Sensitif Wanita Berkemben di Sungai

SULSELSATU.com - Seorang pengendara motor trail tega melakukan pelecehan terhadap seorang wanita di sebuah sungai. Dalam video terlihat wanita seksi berkemben atau memakai kain jarik. Kejadian...

Wabup Jeneponto Ditunjuk Jadi Ketua Tim Pemulihan Pasar Karisa

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar secara resmi menunjuk Wakil Bupati Jeneponto, Paris Yaris sebagai ketua Tim Penanganan dan Pemulihan Pasar Karisa yang...

Kampanye di Zona III, None Nginap di Rumah Ketua RT

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Calon Wali Kota Makassar, Irman "None" Yasin Limpo, hari ini akan melakukan kampanyenya di Zona III, yang meliputi Kecamatan Panakkukang, Manggala,...

Artikel Lainnya

Caleg Milineal Wajib Diperhitungkan, Pengamat: Masyarakat Lebih Percaya Anak Muda

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pemilihan umum (pemilu) 2019 seolah menjadi ajang bagi...

Rahmat Kadir-Ronny Bugis, Polisi Aktif Penyerang Novel Baswedan

JAKARTA - Kejaksaan Agung telah menerima Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP)...

Live Streaming Liga Champions: Shaktar vs City

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Manchester City akan bentrok dengan Shaktar di fase...

Alumni SMAN 1 Angakatan 89 Parepare Beri Bantuan Pengungsi Sulteng

SULSELSATU.com, PAREPARE - Alumni SMAN 1 angkatan 89 Kota Parepare, turut...

Minim Pengawasan, Barang Malaysia dan Cakar Diduga Keluar Masuk Pelabuhan Nusantara

SULSELSATU.com, PAREPARE - Pakaian bekas atau cakar dan barang Malaysia diduga...

Terkini

APT, Politisi Muda NasDem Diberi Amanah Jabat Wakil Ketua Komisi C DPRD Sulsel

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Legislator Fraksi NasDem Sulsel, Andre Prasetyo Tanta (APT),...

Prof Rudy Apresiasi Hadirnya Perda Pencegahan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Prof Rudy Djamaluddin...

VIDEO: Bikin Haru, Kisah Anak Driver Ojol yang Lulus Perguruan Tinggi dan Dapat Beasiswa

  SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan seorang anak driver ojek online menceritakan...

Akan Diresmikan Presiden Jokowi, Menhub Dijadwalkan Kunjungi Bandara Toraja

SULSELSATU.com, TANA TORAJA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dijadwalkan...

Taat Protokol Kesehatan Covid-19, Satlantas Polres Jeneponto Beri Edukasi Pengendara

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Kepolisian Resort (Polres) Jeneponto terus mengedukasi masyarakat untuk...