iklan Kareba Parlementa

Polisi Malaysia Geledah Stasiun TV Al Jazeera karena Dokumenter Sorotan

Iklan Humas SulSel

KUALA LUMPUR – Pemerintah Malaysia dikabarkan murka setelah stasiun televisi Al Jazeera menayangkan dokumenter berjudul Locked Up in Malaysia’s Lockdown. Siaran ini tentang penanganan Negeri Jiran terhadap para pendatang yang tidak mempunyai dokumen lengkap.

Kepolisian Diraja Malaysia (DPRM) telah mekakukan penggeledahan di biro Al Jazeera. Seperti dilansir Associated Press, Rabu (5/8/2020), Al Jazeera menyatakan dalam penggeledahan itu anggota PDRM menyita dua komputer.

Mereka melayangkan protes terhadap penggeledahan itu yang dinilai mengganggu kebebasan pers, dan meminta pemerintah Negeri Jiran menghentikan penyelidikan.

Selain Al Jazeera, anggota PDRM juga menggeledah kantor stasiun televisi Astro dan Unifitv. Sebab keduanya juga menyiarkan tayangan dokumenter yang diproduksi Al Jazeera.

Menurut pejabat PDRM yang memimpin penyelidikan, Huzir Muhamad, proses investigasi itu dilakukan secara gabungan dengan Komisi Komunikasi dan Multimedia Malaysia. Dia mengatakan seluruh barang bukti yang disita akan dianalisis oleh penyidik.

Huzir mengatakan penyidik juga akan meminta keterangan dari sejumlah saksi. “Tidak ada siapapun yang bisa lolos jika mereka melanggar hukum,” kata Huzir.

Penyelidikan itu dilakukan oleh PDRM sejak Juli lalu. Pemerintah Malaysia menuduh dokumenter itu bias dan tidak akurat. PDRM lantas memeriksa tujuh staf Al Jazeera karena dugaan melakukan pencemaran nama baik dan menghasut, serta melanggar Undang-Undang Komunikasi dan Multimedia.

Kantor pusat Al Jazeera di Qatar mengecam langkah Malaysia menggeledah kantor biro mereka. “Dengan menggeledah kantor biro kami dan menyita komputer memperlihatkan pemerintah setempat mencoba membungkam kebebasan pers dan, siap melakukan intimidasi terhadap jurnalis,” kata Manajer Al Jazeera English, Giles Trendle.

“Al Jazeera selalu mendukung jurnalis kami dan tetap mendukung hasil reportase. Staf kami sudah melaksanakan tugas mereka dan mereka tidak perlu meminta maaf. Jurnalisme bukan kejahatan,” kata Trendle.

Dokumenter itu menyoroti nasib para pendatang gelap di tengah pandemi virus corona di Malaysia. Dilaporkan ada lebih dari 2.000 pekerja migran yang ditangkap dalam razia di Kuala Lumpur, yang menerapkan lockdown akibat pandemi Covid-19.

Kepolisian Malaysia juga menangkap seorang pekerja migran asal Bangladesh yang diwawancara dalam dokumenter itu, setelah lebih dulu mencabut izin bekerja. Mereka menyatakan akan mendeportasi lelaki itu karena mengkritik kebijakan pemerintah Malaysia terkait penanganan imigran tanpa dokumen.

Polisi Malaysia juga memeriksa seorang jurnalis dari surat kabar South China Morning Post yang berbasis di Hong Kong, usai membuat reportase tentang penangkapan imigran.

Pemerintah Malaysia sudah pernah menjatuhkan denda kepada stasiun televisi Astro saat menayangkan dokumenter Al Jazeera lima tahun lalu. Dokumenter itu mengulas tentang kasus pembunuhan seorang model asal Mongolia, Altantuya Shaariibu, yang diduga menjadi tokoh kunci dalam kasus korupsi pembelian kapal selam dari Prancis.

Saat itu Malaysia menyebut isi dokumenter tersebut menyerang pemerintah.

Pemerintah Malaysia yang dipimpin Perdana Menteri Muhyiddin Yassin yang berkuasa pada Maret lalu dinilai menerapkan kebijakan akan otoriter dan mencoba membungkam kebebasan berpendapat dan media massa.

Editor situs berita Malaysiakini juga diperkarakan ke pengadilan gara-gara memuat suara pembaca yang mengkritik lembaga peradilan setempat. Selain itu, polisi Malaysia juga memeriksa seorang aktivis usai mengunggah muatan di media sosial soal dugaan perlakuan tidak baik yang dilakukan aparat terhadap para imigran yang ditahan di pusat detensi.

Editor: Hendra Wijaya

Iklan PDAM
...

Populer

Selain Bupati, 5 Kadis di Jeneponto Positif Covid-19

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Selain Bupati Jeneponto Iksan Iskandar dan Istrinya Hamsiah Iksan dinyatakan Positif Covid-19, sebanyak 5 Kepala Dinas di Jeneponto juga dinyatakan positif...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Kadis Dukcapil Jeneponto Positif Covid-19, Pelayanan Distop Sementara

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jeneponto ditutup sementara, Jumat (18/9/2020). Penutupan pelayanan sementara dilakukan setelah Kadis Disdukcapil,...

KNPI Barru Kecam Aksi Rusuh Demontrasi 

Foto : Ketua KNPI Barru Kaharuddin Pallemmai SULSELSATU.com, BARRU- Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Barru mengecam aksi demontrasi yang melakukan kegaduhan dan kerusuhan di...

Sejarah Singkat 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan

SULSELSATU.com - Hari ini, Bangsa Indonesia memperingati 10 November Hari Pahlawan. Namun mungkin banyak yang belum tahu kenapa pada tanggal 10 November di tetapkaN...

Pemerintah Malaysia Ucapkan Imlek dengan Gambar Ayam Menggonggong, Ini Reaksi Warganya

SULSELSATU.com, MALAYSIA - Salah gambar pada iklan ucapan Tahun Baru Imlek...

Artikel Lainnya

Temukan Paket Ganja Bukannya Lapor Polisi Malah Dipakai, Karyawan JNE Diciduk

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Seorang oknum karyawan jasa pengiriman JNE di Kota...

Tahun Baru Islam, Iqbal Suaeb Ingatkan Pentingnya Zakat

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb membuka sekaligus...

Pemerintah Akan Rekrut Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, Begini Mekanismenya

SULSESATU.com, JAKARTA - Pemerintah memastikan akan merekrut Pekerja Pemerintah dengan Perjanjian...

Disdag Palopo Gelar Pasar Murah

SULSELSATU.com, PALOPO - Dinas Perdagangan Kota Palopo membuka pasar murah di...

Air PDAM Tak Mengalir di Lakkang, Warga Merasa Kian Termarginalkan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Warga Kelurahan Lakkang, Kecamatan Tallo, Makassar, mengeluh. Aliran...

Terkini

VIDEO: Viral, Bocah Ini Mandi Air Panas di Atas Wajan

  SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan seorang bocah laki-laki mandi air panas...

Progres Pembangunan Rest Area Jeneponto Sudah 34 Persen

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah, melakukan peninjauan...

Dua ASN di Lutra Kepergok Bawa Logistik Petahana Indah-Suaib

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan III di...

INFOGRAFIK: 12 Daerah di Sulsel Gelar Pilkada 2020

  SULSELSATU.com - Sebanyak 24 Kabupaten dan Kota di Sulawesi Selatan, 12...

Adnan Tegaskan Pihaknya Dukung Penerapan Protokol Kesehatan di Pilkada

SULSELSATU.com, GOWA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa bersama KPU, Bawaslu dan...