Juventus Pecat Sarri, Tunjuk Andrea Pirlo Jadi Pelatih Baru

Andrea Pirlo. (int)

TURIN – Juventus akhirnya memecat Maurizio Sarri karena hasil minus yang diperolehnya. Tim yang bermarkas di kota Turin, Italia ini, kemudian menunjuk sang legenda Andrea Pirlo untuk menangani Si Nyoya Tua.

Pemecatan Saari tidak lepas dari hasil buruk yang dipetik Juventus di Liga Champions. Ronaldo Cs terpental dari kompetisi tertinggi di Eropa setelah disingkirkan Lyon di babak 16 besar pada Sabtu (8/8/2020).

Meski menang 2-1, itu tidak cukup. Secara agregatnya, skornya 2-2 dan Lyon berhak lolos atas keunggulan mencetak gol tandang.

Dilansir Football Italia, pihak klub Juventus langsung mencari pengganti. Andrea Pirlo masuk dalam daftar, malah sudah diajak bertemu dan diangkat jadi pelatih barunya dalam hitungan jam setelah pemecatan Sarri.

Hal itu tentu mengejutkan. Mengingat, pengalaman menjadi pelatihnya masih nol.

Baru di akhir Juli kemarin, Andrea Pirlo melatih tim U-23 Juventus. Meski begitu, dirinya sudah memegang lisensi kepelatihan, yakni UEFA A Licence.

Andrea Pirlo bukanlah sosok yang asing bagi Juventus. Dia pernah memperkuat Bianconeri pada tahun 2011 sampai 2015.

Empat trofi Scudetto, sekali Coppa Italia, dan dua kali Piala Super Italia pernah dipersembahkannya. Dirinya mencatatkan 164 penampilan dengan 19 gol dan 38 assist.

Sebelumnya beredar dua nama yang akan menggantikan Maurizio Sarri. Kedua nama itu adalah eks manajer Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino dan pelatihnya Real Madrid, Zinedine Zidane.

Presiden Juventus, Andrea Agnelli sudah bertemu dengan Andrea Pirlo dan bakal memberinya kepercayaan dengan kontrak sampai tahun 2022. Twitter resmi Juventus juga sudah mengumumkan Andrea Pirlo sebagai pelatih baru Si Nyonya Tua.

Editor: Hendra Wijaya