iklan Kareba Parlementa

APBD-P Gowa 2020 Difokuskan untuk Bidang Kesehatan, Sosial dan UMKM

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, GOWA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa akan memfokuskan Anggaran Perubahan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2020 pada tiga aspek.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menjelaskan, ketiga aspek tersebut yaitu bidang kesehatan, jaring pengaman sosial (social safety nett) dan pemulihan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Kabupaten Gowa.

“Ini terkait dengan pedoman penyusunan APBD Perubahan baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota sesuai dengan instruksi dari Kementerian Dalam Negeri,” kata Adnan saat coffe morning, Senin (24/8/2020).

Di bidang kesehatan, ada beberapa yang perlu dianggarkan, seperti penyediaan Alat Pelindung Diri (APD), tracking serta testing. Adnan berharap Dinas Kesehatan untuk tetap menyediakan APD bagi tenaga medis agar bisa tetap bekerja dengan baik dan aman dari penularan Covid-19.

Kemudian tracking untuk mendeteksi orang-orang yang berpotensi tertular Covid-19. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan testing untuk bisa mengetahui orang-orang yang terpapar Covid-19 sehingga bisa langsung dilakukan penanganan.

Walaupun reproduction number atau angka reproduksi dalam pandemi Covid-19 ataupun effective reproduction number atau jumlah kasus baru di Kabupaten Gowa sudah di bawah angka 1 namun, Adnan mengakui, harus tetap dilakukan testing.

“Meskipun memang satu Minggu terakhir ini angka positif di Kabupaten Gowa, Alhamdulillah data dari Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan sesuai degan ukuran WHO, bahwa RT dan RO kita di Kabupaten Gowa itu 0,64 sampai 0,82 persen di bawah satu persen. Tetapi kita harus tetap melihat apakah testing seperti di awal atau menurun,” ujarnya.

Selain itu, Adnan juga meminta Dinas Kesehatan Gowa fokus pada penyembuhan pasien yaitu dengan menganggarkan pembelian vitamin dan obat-obatan pendukung untuk menaikkan daya tahan tubuh agar bisa melawan Covid-19 di dalam tubuh.

Kemudian jaring pengaman sosial, dalam APBD Perubahan Kabupaten Gowa TA 2020, Adnan berharap, ada penganggaran bantuan sosial yang akan diberikan ke masyarakat.

Terakhir pemulihan bidang ekonomi. Adnan menyebutkan, sekarang ekonomi Indonesia minus 5,32 persen. Salah satu upaya yang bisa dilakukan pemerintah adalah pemilihan UMKM dengan pemberian stimulus agar akselerasi perekonomian tetap berjalan.

Adnan berharap, program bantuan modal sebesar Rp2.400.000,- bagi setiap pemilik usaha kecil dari Kementerian Koperasi dan UMKM RI dapat disinkronkan dengan Kabupaten Gowa. Dari laporan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Gowa, Muh Yusuf saat ini jumlah UMKM yang sudah terdaftar yaitu sebanyak 12 ribu.

Olehnya itu, Adnan meminta agar dilakukan verifikasi terhadap UMKM yang bisa dapat bantuan dari pusat maupun yang tidak. Sehingga pemilik usaha yang tidak ter-cover oleh program pemerintah pusat bisa dibantu oleh pemerintah daerah.

“Bagi yang tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat, maka akan dibantu oleh pemerintah labupaten agar semua UMKM mendapatkan bantuan,” ujarnya.

Penulis: Jahir Majid

Editor: Hendra Wijaya

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

Inilah 6 Peran Ayah yang Ideal untuk Keluarga Ayah

 SULSELSATU.com - Ayah adalah bagian yang tak terpisahkan dalam keluarga. Keluarga bukan hanya urusan para Ibu, sementara urusan Ayah adalah mencari nafkah. Pembagian peran...

Sejarah Singkat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Selasa (19/11/2018) hari ini, umat Muslim di seluruh dunia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau biasa dikenal dengan Maulid Nabi...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Live Streaming Liga Champions: MU Vs PSG

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Paris Saint Germain (PSG) akan bentrok Manchester United pada leg 1 Liga Champions. Kedua tim tajir itu akan duel di Old...

VIDEO: Pengacara Hotman Paris Sebut UU Cipta Kerja Sangat Untungkan Pekerja

SULSELSATU.com - Pengacara Hotman Paris Hutapea memberikan komentar terkait Omnibus Law UU Cipta Kerja. Dalam video Hotman mengatakan buruh dan pekerja justru sangat diuntungkan lewat...

Gowa Raih Penghargaan Terbaik I Wajah Bahasa 2020

SULSELSATU.com, GOWA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa berhasil meraih penghargaan terbaik...

Artikel Lainnya

Soal Aturan Penggunaan Randis untuk Mudik, Pj Wali Kota Makassar Tunggu Petunjuk Pusat

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar rupanya belum mengeluarkan imbauan terkait...

Live Streaming Liga Italia: Napoli Vs Inter Milan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Laga panas bakal tersaji kala Inter Milan bersua...

Reses di Maricaya, Fasruddin Diminta Perjuangkan Insentif RT/RW

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Setelah terpilih untuk kedua kalinya menjadi Anggota DPRD...

Mantan Caleg dan Simpatisannya Geruduk Kodim 1405 Mallusetasi Parepare

SULSELSATU.com, PAREPARE - Puluhan orang berunjuk rasa di Markas Komando Distrik...

Husler Sambangi Atlet Porda Luwu Timur, Ini Hadiah yang Disiapkan

SULSELSATU.com, LUTIM - Jelang pembukaan Pekan Olahraga Daerah (Porda) ke XVI...

Terkini

Kadinkes Makassar Segera Pensiun, Rudy Siapkan Pengganti

  SUSELSATU.com,MAKASSAR - Dalam waktu dekat Kepala Dinas Kesehatan, Naisyah T Azikin...

Danny: Kemenangan Anak Lorong dan Kaum Perempuan Adalah Kemenangan Masyarakat Kecil

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Dihadapan warga jalan Sibula Kelurahan Layang Kecamatan Bontoala,...

Maksimalkan Gerakan 3 M, Kosekhanudnas II Makassar Bentuk Kampung Disiplin Protokol Kesehatan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Komitmen Panglima Kosekhanudnas II dalam upaya pencegahan dan...

Terima Keluhan Warga Buloa, Appi: Jika Diamahkan Jadi Walikota  Kami Tuntaskan Dalam Setahun

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Calon Walikota Makassar, Munafri Arifuddin, menjanjikan membangun instalasi...

Disdik Sulsel Siap Bersinergi dengan BPPMPV KPTK

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof Dr...