Logo Sulselsatu

Luhut Apresiasi Langkah Gubernur Sulsel Karantina OTG Corona di Hotel Berbintang

Asrul
Asrul

Jumat, 18 September 2020 15:33

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah melaunching Mobile Combat PCR Covid-19. (ist)
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah melaunching Mobile Combat PCR Covid-19. (ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan apresiasi langkah Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah yang telah melakukan karantina bagi pasien tanpa gejala atau OTG Covid 19 di hotel-hotel berbintang.

Hal ini seperti yang disampaikan Juru Bicara Menko Maritim dan Investasi Jodi Mahardi dalam keterangan di Jakarta, Jumat (18/9/2020)

Menurut Jodi, permintaan itu disampaikan Luhut saat memimpin rapat koordinasi pengendalian Covid-19 secara virtual beberapa waktu yang lalu.

Baca Juga : Cerita Legislator Sulsel Manfaat Program Wisata Covid yang Dihentikan Plt Gubernur

“Pak Menko minta para Gubernur meniru langkah yang telah dilakukan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah,” kata Jodi seperti yang dikutip di ANTARA hari ini.

Luhut juga meminta gubernur 8 provinsi siapkan hotel untuk isolasi OTG Corona. Ruang karantina itu ditujukan bagi pasien berstatus OTG atau orang tanpa gejala hingga mereka yang bergejala ringan.

“Saya ingin agar mereka (OTG dan pasien bergejala ringan) dapat dirawat di pusat karantina supaya tidak berpotensi menularkan kepada keluarga,” ujar Luhut dalam rapat koordinasi seperti dikutip juru bicara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi, Kamis petang, 17 September 2020.

Baca Juga : VIDEO: Ponakan NA Ngamuk di Kantor Gubernur Sulsel, Tagih Utang Katering Wisata Covid-19

Delapan provinsi yang dimaksud adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, dan Papua. Luhut usul ruang karantina itu memanfaatkan hotel bintang dua dan tiga.

Pemanfaatan hotel juga menjadi solusi atas tingginya okupansi ruang perawatan insentif seperti ICU di rumah sakit. Saat ini, komitmen penyediaan tempat isolasi mandiri sudah dilaksanakan oleh Provinsi Sulawesi Selatan.

Tak hanya itu, Luhut juga meminta pemerintah pusat bekerja sama dengan daerah dalam melakukan disinfeksi di sejumlah titik keramaian. Penyemprotan dilakukan setiap hari atau dua hari sekali.

Baca Juga : Sudirman Sulaiman Buat Terobosan Baru, Warga Diperbolehkan Ziarah Makam Covid

Selanjutnya, Luhut pun meminta Kementerian Kesehatan memastikan kebutuhan obat dan terapi yang dibutuhkan untuk kesembuhan pasien Covid-19. Menurut Jodi, Luhut ingin ada standar obat bagi pasien Covid-19 di semua daerah. “Misalnya berkolaborasi dengan RSPAD yang beliau tahu sudah bagus,” ucap Jodi.

Luhut menargetkan pemerintah pusat dan daerah fokus menangani Covid-19 sampai akhir tahun. Menurut Luhut, pencegahan penyebaran virus corona bisa dilakukan sebelum vaksin dan obat ditemukan asalkan terjadi kolaborasi yang kuat antar-pemangku kepentingan.

Di antaranya pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI, dan Polri. Guna mencegah penyebaran virus corona, Luhut juga meminta TNI dan Polri menggelar operasi yustisi secara disiplin.

Baca Juga : Nurdin Paparkan Keberhasilan Program Wisata Covid-19 Saat Salat Id di Jeneponto

Dalam rapat koordinasi, Luhut memperoleh berbagai masukan dari pemerintah daerah. Masukan itu muncul dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Ridwan Kamil alias Emil meminta adanya penyeragaman data penderita Covid-19 pusat dan daerah agar informasi yang beredar tidak simpang siur. Selain itu, Emil meminta bantuan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tentang penggunaan aplikasi pemantauan Covid-19 yang telah diterapkan di Ibu Kota.

Adapun Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta agar Kementerian Kesehatan mengeluarkan format baku tentang penghitungan angka kematian penderita Covid-19.

“Apakah dihitung karena Covid atau kematian dengan covid karena ini sangat berpengaruh dengan keberhasilan pengendalian kasus Covid,” ujar Khofifah.

Baca Juga : Kisah Pasien Positif Jalani Karantina di Wisata Duta Covid-19

Editor: Asrul

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Ekonomi29 Maret 2024 09:12
Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepa...
Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...