iklan Kareba Parlementa

Luhut Apresiasi Langkah Gubernur Sulsel Karantina OTG Corona di Hotel Berbintang

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan apresiasi langkah Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah yang telah melakukan karantina bagi pasien tanpa gejala atau OTG Covid 19 di hotel-hotel berbintang.

Hal ini seperti yang disampaikan Juru Bicara Menko Maritim dan Investasi Jodi Mahardi dalam keterangan di Jakarta, Jumat (18/9/2020)

Menurut Jodi, permintaan itu disampaikan Luhut saat memimpin rapat koordinasi pengendalian Covid-19 secara virtual beberapa waktu yang lalu.

“Pak Menko minta para Gubernur meniru langkah yang telah dilakukan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah,” kata Jodi seperti yang dikutip di ANTARA hari ini.

Luhut juga meminta gubernur 8 provinsi siapkan hotel untuk isolasi OTG Corona. Ruang karantina itu ditujukan bagi pasien berstatus OTG atau orang tanpa gejala hingga mereka yang bergejala ringan.

“Saya ingin agar mereka (OTG dan pasien bergejala ringan) dapat dirawat di pusat karantina supaya tidak berpotensi menularkan kepada keluarga,” ujar Luhut dalam rapat koordinasi seperti dikutip juru bicara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi, Kamis petang, 17 September 2020.

Delapan provinsi yang dimaksud adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, dan Papua. Luhut usul ruang karantina itu memanfaatkan hotel bintang dua dan tiga.

Pemanfaatan hotel juga menjadi solusi atas tingginya okupansi ruang perawatan insentif seperti ICU di rumah sakit. Saat ini, komitmen penyediaan tempat isolasi mandiri sudah dilaksanakan oleh Provinsi Sulawesi Selatan.

Tak hanya itu, Luhut juga meminta pemerintah pusat bekerja sama dengan daerah dalam melakukan disinfeksi di sejumlah titik keramaian. Penyemprotan dilakukan setiap hari atau dua hari sekali.

Selanjutnya, Luhut pun meminta Kementerian Kesehatan memastikan kebutuhan obat dan terapi yang dibutuhkan untuk kesembuhan pasien Covid-19. Menurut Jodi, Luhut ingin ada standar obat bagi pasien Covid-19 di semua daerah. “Misalnya berkolaborasi dengan RSPAD yang beliau tahu sudah bagus,” ucap Jodi.

Luhut menargetkan pemerintah pusat dan daerah fokus menangani Covid-19 sampai akhir tahun. Menurut Luhut, pencegahan penyebaran virus corona bisa dilakukan sebelum vaksin dan obat ditemukan asalkan terjadi kolaborasi yang kuat antar-pemangku kepentingan.

Di antaranya pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI, dan Polri. Guna mencegah penyebaran virus corona, Luhut juga meminta TNI dan Polri menggelar operasi yustisi secara disiplin.

Dalam rapat koordinasi, Luhut memperoleh berbagai masukan dari pemerintah daerah. Masukan itu muncul dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Ridwan Kamil alias Emil meminta adanya penyeragaman data penderita Covid-19 pusat dan daerah agar informasi yang beredar tidak simpang siur. Selain itu, Emil meminta bantuan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tentang penggunaan aplikasi pemantauan Covid-19 yang telah diterapkan di Ibu Kota.

Adapun Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta agar Kementerian Kesehatan mengeluarkan format baku tentang penghitungan angka kematian penderita Covid-19.

“Apakah dihitung karena Covid atau kematian dengan covid karena ini sangat berpengaruh dengan keberhasilan pengendalian kasus Covid,” ujar Khofifah.

Editor: Asrul

Iklan PDAM
...

Populer

Sejarah Singkat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Selasa (19/11/2018) hari ini, umat Muslim di seluruh dunia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau biasa dikenal dengan Maulid Nabi...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

OPINI: Tulisan Arif Saleh Tentang Hari Sumpah Pemuda

SULSELSATU.com, WAJO - Banyak cara dilakukan memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober. Salah satunya, memaknai lewat catatan atau tulisan. Seperti...

Sejarah Singkat 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan

SULSELSATU.com - Hari ini, Bangsa Indonesia memperingati 10 November Hari Pahlawan. Namun mungkin banyak yang belum tahu kenapa pada tanggal 10 November di tetapkaN...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

BNPB Adakan Webinar Anak Muda Bawa Perubahan

SULSELSATU.com - BNPB Indonesia akan menggelar acara Launching Buku KKN Tematik COVID-19 dan Webinar Edukasi Masyarakat melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik COVID-19...

Nurdin Paparkan Keberhasilan Program Wisata Covid-19 Saat Salat Id di Jeneponto

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah berharap seluruh masyarakat...

Artikel Lainnya

Maju di Pilkada Torut, Sindra Maraya Incar Demokrat dan PDIP

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Partai Demokrat menjadi incaran sejumlah bakal calon kepala...

Milad ke-47, Iwan Asaad Harap Jadi Pribadi Bijak dan Bermanfaat

SULSELSATU.com, PAREPARE - Sekretaris Daerah Kota Parepare, Iwan Asaad genap berusia...

Fadli Ananda Kembali Bagi Bahan Pokok ke Warga di Akhir Ramadan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Dokter Fadli Ananda memanfaatkan akhir ramadan dengan gencar...

TP PKK Sulsel Salurkan Bantuan Selama Bulan Ramadan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menyalurkan...

Bupati Jeneponto Sampaikan Capaian Kinerjanya Selama Satu Tahun di Hadapan Dewan

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jeneponto menggelar...

Terkini

Tak Diperhatikan Walikota Sebelumnya, Ibu-Ibu di Tallo Curhat ke Melinda Aksa

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ibu-ibu di kampung Karabba, Jl Sultan Abdullah RT...

Imam Fauzan Jadi Pembicara di Forum Internasional

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Untuk memperingati hari jadinya yang ke-75, Perserikatan Bangsa-Bangsa...

Syaharuddin Alrif Ingatkan Ini di Hari Sumpah Pemuda

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan Syaharuddin Alrif punya...

Appi-Rahman Calon Komplit, Demokrat Percaya Diri Bekerja Meyakinkan Masyarakat

SULSELSATU.com, MAKASSAR - DPD Partai Demokrat Sulawesi Selatan menggelar Rakorda dengan...

Difitnah Politik Uang, Anir-Lutfi Siap Tempuh Jalur Hukum ke Mabes Polri

SULSELSATU.com, PANGKEP - Pasangan calon bupati dan wakil bupati Pangkep, Andi...