Logo Sulselsatu

Demi Porang, Petani Bulukumba dan Soppeng Belajar di Sidrap

Asrul
Asrul

Minggu, 20 September 2020 22:28

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, SIDRAPPetani Bulukumba dan Soppeng melakukan studi banding ke Kebun Porang Semangat Milenial di Desa Talumae, Kecamatan Watangsidenreng, Kabupaten Sidrap, Minggu (20/9/2020).

Kelompok tani dari Bulukumba dan Soppeng ini di fasilitasi Anggota DPRD Bulukumba Abdul Kaaf dan Anggota DPRD Soppeng Muh Topan untuk mempelajari cara membudidaya porang.

Syaharuddin Alrif yang juga Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan adalah pengagas tanaman porang di Sulsel mengatakan, bahwa dirinya memulai ini dari lahan “tidur” yang dikelola dengan baik sehingga seperti ini.

“Terima kasih atas kunjungan para petani Bulukumba dan Soppeng ini atas kehadiran di Sidrap, perlu saya sampaikan bahwa disini dulu adalah lahan tidur, tapi setelah saya kelola dengan kerja keras dan semangat sehingga porang bisa berhasil tumbuh dengan baik,” jelas Syahar yang baru-baru ini mendapat penghargaaan dari Menteri Pertanian.

Tokoh Pemuda Bulukumba Anggoro menyampaikan bahwa dirinya sudah kedua kalinya hadir di kebun porang ini, sejak dirintis pertama kali masih lahan tidur dan tempat ini sangat kering tapi karena kerja kerja pertanian Syaharuddin Alrif sehingga bisa seperti saat ini.

“Awal tahun 2020 saat mulai di gerakkan penanaman porang ini, saya hadir di tempat ini, masih sangat kering tapi saat ini hamparan ini telah ditanami porang oleh kak Syahar, sangat luar biasa ini dan menjadi inspirasi,” jelasnya.

Sekadar informasi, perkebunan porang ini telah banyak memfasilitasi masyarakat Sulsel untuk memulai menanam porang. Mulai dari bibit sampai pembelian hasil tanaman porang di fasilitasi Syaharuddin Alrif. (*)

Editor: ANDI

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...