iklan Kareba Parlementa

Representasi Perempuan, Anir Ukir Sejarah Baru di Pilkada Pangkep

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com PANGKEP – Andi Nirawati (Anir) menorehkan sejarah baru di Pilkada Kabupaten Pangkep. Ini kali pertama ada kaum perempuan yang ditetapkan sebagai calon bupati sejak pilkada langsung di Kabupaten Pangkep.

Anir yang berduet dengan Lutfi Hanafi sudah resmi ditetapkan sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati Pangkep periode 2021-2026 oleh KPU Pangkep, pada Rabu (23/9/2020). Diusung Partai Gerindra, Hanura, dan PKS, duet Anir-Lutfi melenggang mulus ke bursa pencalonan.

Ini bukan kali pertama Anir mencetak sejarah sebagai representasi perempuan di panggung politik Kabupaten Pangkep. Di Pemilu 2019, Anir yang terjun ke dunia politik sukses mencatatkan diri sebagai perempuan dari Pangkep yang terpilih sebagai legislator DPRD Sulsel.

“Bismillahirrahmanirrahim, saya sudah mewakafkan diri untuk membuat masyarakat Pangkep sejahtera. Sebagai representasi perempuan, wajib memperjuangkan aspirasi emak-emak,” ucap Anir, Founder Komunitas Ibu Cerdas Indonesia (KICI) Sulsel.

Bagi Ketua Kerukunan Keluarga Labakkang se-Jabodetabek tahun 2017 ini, perempuan dan laki-laki hanya berbeda secara biologis. “Namun tidak berlaku dalam hal kapasitas intelektual, bahkan kepemimpinan,” kata Anir yang lahir dan tumbuh di Pangkep.

Kesenjangan ekonomi hingga ketimpangan pembangunan, menjadi alasan Anir dan Lutfi sepakat untuk maju di Pilkada Pangkep 2020. Data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2019 menunjukkan, Kabupaten Pangkep tercatat sebagai daerah kedua terbesar kategori termiskin setelah Kabupaten Jeneponto dengan angka 14,06 persen.

“Pangkep sangat kaya akan SDA, kalau dikelola dengan baik maka akan mampu memberikan income daerah yang cukup tinggi, otomatis lapangan kerja baru juga tercipta,” papar Anir, politisi Gerindra berlatar pengusaha.

Dengan menggandeng Lutfi, jadi pilihan tepat bagi Anir demi mendongkrak kesejahteraan masyarakat Pangkep. Sama-sama putra daerah yang punya solusi dalam mengatasi kesenjangan ekonomi hingga ketimpangan pembangunan.

Di mata Lutfi Hanafi, Anir adalah perempuan tangguh. Punya pengalaman dan niat tulus untuk bersama membangun Kabupaten Pangkep. “Bu Anir, sosok religius dan visioner,” kata Lutfi.

Koalisi Nasionalis-Religius

Kesamaan pandangan serta visi-misi melihat perlunya mengubah arah pembangunan di Pangkep menjadi alasan Gerindra, Hanura, dan PKS untuk berkoalisi.

Gerindra melihat bahwa Pangkep daerah potensial, kaya akan sumber daya alam baik perikanan, pertanian maupun industri serta potensi wisata bahari. “Tapi rakyatnya miskin, bahkan kabupaten termiskin kedua di Sulsel,” cetus Ketua Gerindra Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras.

Senada dengan Hanura. Pangkep harus bangkit dari keterpurukan. Solusinya adalah melalui program Anir-Lutfi bila diamanahkan memimpin Kabupaten Pangkep. “Ke depan lebih fokus pada kesejahteraan rakyat, mengatasi kesulitan ekonomi rumah tangga, menciptakan lapangan kerja serta mengentaskan kemiskinan,” kata Ketua Hanura Pangkep Nurdin Mappiare.

Ketua DPW PKS Sulsel, Surya Darma meyakini pasangan Anir-Lutfi menjadi cahaya perubahan bagi warga Kabupaten Pangkep.

“Kami meyakini masyarakat mengharapkan perubahan berupa, penciptaan lapangan kerja, ketersediaan pupuk dan bibit bagi petani, perbaikan infrastruktur irigasi, modal kerja bagi UMKM dan konektivitas wilayah kepulauan, penyelesaian status guru honorer, permasalahan warga yang akan diperjuangkan Anir-Lutfi,” urai Surya Darma.

Editor: Asrul

Iklan PDAM
...

Populer

VIDEO: Istri dan Mertua di Makassar Jadi Korban Pembacokan

SULSELSATU.com - Satu keluarga di Jalan Barawaja, Kecamatan Panakukkang, Makassar dibacok pada Jumat (23/10). Dalam keterangan video, ada tiga korban dalam pembacokan tersebut yang merupakan...

VIDEO: Detik-detik Angin Puting Beliung di Babelan Bekasi

aSULSELSATU.com - Angin puting beliung terjadi di Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Jumat (23/20) pukul 13.10. Angin puting beliung tersebut terjadi setelah hujan deras mengguyur Bekasi....

Rachmad Gobel Tinjau Ambulans NasDem Makassar yang Dibakar, Bakal Diganti 20 Unit

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Wakil Ketua DPR RI dari Partai NasDem Rachmad Gobel meninjau langsung Kantor DPD NasDem Makassar dan ambulans yang dibakar sejumlah oknum...

Sejarah Singkat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Selasa (19/11/2018) hari ini, umat Muslim di seluruh dunia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau biasa dikenal dengan Maulid Nabi...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

VIDEO: Gadis di Jeneponto Dilamar Pakai Helikopter

SULSELSATU.com- Seorang gadis asal Kabupaten Jeneponto dilamar kekasihnya menggunakan helikopter. Gadis tersebut bernama Vieranni yang menitih karir di ibu kota Jakarta sebagai salah satu girls...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

Ini Alasan Lutfi Hanafi Pakai Songkok Recca di Surat Suara Pilkada Pangkep

SULSELSATU.com, PANGKEP - Songkok recca menjadi ciri khas Lutfi Hanafi di...

Artikel Lainnya

11 Bulan Bertugas di Jeneponto, AKBP Ferdiansyah Digeser ke Mabes Polri

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Acara lepas sambut Kapolres Jeneponto lama AKBP Ferdiansyah...

Bank Sulselbar Bersama Human Initiative Bedah Rumah dan Sekolah

SULSELSATU.com, Makassar - Bank Sulselbar bekerjasama dengan Human Initiative melakukan bedah...

Pemkab Gowa Tertibkan ASN yang Tak Bermasker

SULSELSATU.com, GOWA - Tim Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa kembali melakukan inspeksi...

Jelang Pilwali, Sabri Ajak Warga Kecamatan Makassar Jaga Kamtibmas

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pelaksana tugas (Plt) Camat Makassar, M Sabri mengajak...

Perjuangkan Danny-Fatma, Warga Mangasa Kerap Dapat Panggilan Lurah

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Salmah, Warga Mangasa, Kelurahan Balang Baru, Kecamatan Tamalate...

Terkini

VIDEO: Banjir Pujian, Pramugari Tayamun dan Salat di Pesawat

SULSELSATU.com - Momen seorang pramugari yang sedang menunaikan ibada salat di...

VIDEO: Ketahuan Bawa Kabur Pacar, Pria Ini Dihukum Kepala di Bawah Kaki di Atas

SULSELSATU.com - Seorang pria dihukum gantung kepala di bawah kaki di...

Alasan Kemanusian, RMS Minta Pembakar Ambulans NasDem Dibebaskan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Aksi unjuk rasa menolak UU Omnisbus Law di...

Majelis Taklim Tallo dan Bontoala Galang Dukungan untuk ADAMA

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Komunitas ibu-ibu majelis taklim tak hanya sebatas memberikan...

VIDEO: Detik-detik Perahu Terbalik di Danau Cikoncang Lebak, 3 Wisatawan Tewas

SULSELSATU.com - Perahu wisata di Objek Wisata Danau Cikoncang, Kabupaten Lebak...