iklan Kareba Parlementa

Bawaslu Didesak Tertibkan APK Melanggar, Jubir: Kami Resmi Sesuai Aturan KPU

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Juru bicara Irman Yasin Limpo – Andi Zunnun Armin NH, Muwwafiq, angkat bicara terkait viralnya video baliho kandidat nomor urut 4 yang terpasang dan menimpa baliho kandidat lain.

Ia menegaskan, hal tersebut terjadi akibat ketidakberdayaan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) liar milik kandidat.

“Video yang viral itu, ibaratnya ini APK yang legal sesuai regulasi versus APK liar,” kata Muwwafiq, Minggu, 27 September 2020.

Ia mengungkapkan, baliho yang ditimpa oleh baliho IMUN (akronim pasangan Irman-Zunnun), merupakan APK liar, yang seharusnya sudah diturunkan setelah proses penetapan pasangan calon di KPU.

“Mungkin yang pasang itu beranggapan kalau ini boleh saja ditimpa karena baliho liar, dan baliho liar memang tidak boleh terpasang pasca penetapan,” ujarnya.

Dalam video yang beredar, perekam juga dengan jelas menyebut bahwa baliho mereka lebih dulu terpasang dua minggu sebelumnya. Artinya, secara jelas mereka mengakui jika itu melanggar aturan.

“Saya kira semua harus taat hukum. Pasangan calon, tanpa terkecuali. Seharusnya kalau mereka paham regulasi, mereka menurunkan sendiri APK mereka. Bukannya malah memviralkan, seolah-olah pihak kami tidak santun,” terangnya.

Muwwafik berharap, agar kejadian serupa tidak terjadi lagi, Bawaslu bisa bertindak cepat. Apalagi, pihaknya sudah sejak awal mendesak Bawaslu untuk menertibkan APK liar para kandidat.

Sebelumnya, Tim Hukum Irman Yasin Limpo – Andi Zunnun Armin NH, Achmad R Hamzah, mendesak Bawaslu Kota Makassar untuk menertibkan baliho-baliho liar pasangan calon yang masih bertebaran. Ia menyayangkan, karena pasca penetapan paslon, masih banyak APK liar yang terpasang di sejumlah ruas jalan. “Bawaslu harusnya sudah menertibkan APK atau baliho-baliho liar milik paslon,” kata Achmad.

Ia mengungkapkan, mengacu pada Peraturan KPU No 10 Tahun 2020, seharusnya sudah tidak ada lagi APK atau baliho liar yang terpasang di tempat-tempat umum. Masalah teknis APK dan bahan kampanye sudah ada aturan mainnya.

“Aturan main ini yang harus ditegakkan. Bawaslu dan KPU Makasar harus bertindak. Penertiban sudah harus dilakukan,” terangnya.

Ia berharap, baik penyelenggara hingga pasangan calon bisa taat hukum. Semua harus memberikan contoh yang baik untuk masyarakat. “Semua harus taat hukum tanpa terkecuali. Sudah seharusnya baliho-baliho yang ada sekarang itu diturunkan,” pungkasnya. (*)

Editor: ANDI

Iklan PDAM
...

Populer

Rachmad Gobel Tinjau Ambulans NasDem Makassar yang Dibakar, Bakal Diganti 20 Unit

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Wakil Ketua DPR RI dari Partai NasDem Rachmad Gobel meninjau langsung Kantor DPD NasDem Makassar dan ambulans yang dibakar sejumlah oknum...

Sejarah Singkat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Selasa (19/11/2018) hari ini, umat Muslim di seluruh dunia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau biasa dikenal dengan Maulid Nabi...

VIDEO: Istri dan Mertua di Makassar Jadi Korban Pembacokan

SULSELSATU.com - Satu keluarga di Jalan Barawaja, Kecamatan Panakukkang, Makassar dibacok pada Jumat (23/10). Dalam keterangan video, ada tiga korban dalam pembacokan tersebut yang merupakan...

VIDEO: Gadis di Jeneponto Dilamar Pakai Helikopter

SULSELSATU.com- Seorang gadis asal Kabupaten Jeneponto dilamar kekasihnya menggunakan helikopter. Gadis tersebut bernama Vieranni yang menitih karir di ibu kota Jakarta sebagai salah satu girls...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

VIDEO: Detik-detik Angin Puting Beliung di Babelan Bekasi

aSULSELSATU.com - Angin puting beliung terjadi di Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Jumat (23/20) pukul 13.10. Angin puting beliung tersebut terjadi setelah hujan deras mengguyur Bekasi....

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

Bawaslu Telusuri Foto Asisten 1 Pemkot Makassar Hadiri Kegiatan Politik Paslon

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Makassar mulai menelusuri...

Artikel Lainnya

Popularitas dan Elektabilitas None Merangkak Naik

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Meski belum membentuk tim pemenangan dan massif turun...

Legislator Makassar Desak Proyek Metro Tanjung Bunga Disetop

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar DPRD...

Sekda Lutra Dorong Kolaborasi Pemerintah dan Swasta untuk Kesejahteraan Transmigran

SULSELSATU.com, LUWU UTARA - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Luwu Utara, Tafsil...

Atasi Masalah Warga Panakkukang, Ini Solusi yang Ditawarkan Andi Zunnun

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Calon Wakil Wali Kota Makassar, Andi Zunnun Armin...

Bupati Wajo Serahkan Satya Lencana Karya Satya kepada 188 ASN

SULSELSATU.com, WAJO - Sebanyak 188 Aparat Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah...

Terkini

Dorong Percepatan Akses Keuangan, Wali Kota Parepare Diganjar Penghargaan OJK

SULSELSATU.com, PAREPARE - Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe menerima penghargaan...

Konsolidasi MKGR, Taufan Pawe: Fokuskan Pemulihan Ekonomi

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ketua DPD I Golkar Sulsel, Taufan Pawe menggelar...

Baru Sehari, Film Pendek Appi-Rahman “Ayah (I Love U)” Sudah Ditonton 10.000 Kali

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Sudah nonton film pendek Ayah (I Love U)?...

Relawan Anir-Lutfi Dibekali Konsep Pembangunan Jembatan Pangkajene

SULSELSATU.com, PANGKEP - Relawan pasangan calon Andi Nirawati-Lutfi Hanafi (Anir-Lutfi), terus...

VIDEO: Banjir Pujian, Pramugari Tayamun dan Salat di Pesawat

SULSELSATU.com - Momen seorang pramugari yang sedang menunaikan ibada salat di...