iklan Kareba Parlementa

Kerap Absen Paripurna, PJ Walikota Dinilai Remehkan Peran Legislator

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pj Walikota Makassar, Rudy Djamaluddin dinilai meremehkan peran DPRD Kota Makassar. Pasalnya, ia kerap absen pada rapat paripurna dan hanya diwakili.

Komisi A Bidang Pemerintahan dan Hukum DPRD Kota Makassar, Syamsuddin Raga menyebut, DPRD Kota Makassar berulang kali mengundang Rudy Djamaluddin dengan agenda yang berbeda namun tak diindahkan.

Seperti pada agenda rapat paripurna penjelasan pimpinan Pansus pembahasan Ranperda Prakarsa DPRD Makassar tentang pendirian perusahaan umum daerah Perparkiran yang digelar Kamis, 24 September 2020.

Kemudian Jumat, 25 September, dengan agenda pendapat Walikota terhadap Ranperda Prakarsa DPRD Makassar tentang pendirian perusahaan umum daerah Perparkiran. Dilanjutkan dengan pandangan Pj Walikota Makassar.

Dan Sabtu 26 September 2020, yakni pandangan fraksi-fraksi terhadap Ranperda Prakarsa DPRD Makassar tentang pendirian Perusahaan umum daerah Perparkiran.

Dengan demikian, Ia menyayangkan ketidakhadiran Rudy Djamaluddin dalam sederet rapat penting tersebut. Seharusnya, kata dia, seorang pemimpin patuh terhadap aturan yang ada.

“Kami sudah mengundang, malah tidak hadir, tidak mengindahkan undangan kami. Jika memang ada agenda lain, kami bisa maklumi. Tapi ini sampai tiga kali diwakili terus, tidak masuk logika ini,” ujar Syamsuddin Raga.

Politisi Partai Perindo ini berharap Pj Walikota menghormati wakil rakyat di parlemen. Bagaimana pun, legislatif adalah mitra dari eksekutif dalam hal ini pemerintah.

“Jadi saya harap pak Pj ini, dia kan orang yang bisa mengayomi seluruh masyarakat Makassar tapi kenyataannya tidak bisa memberikan apa-apa, tidak ada kesan pencitraan dari DPRD, dan sangat tidak menghormati DPRD Makassar, selaku lembaga terhormat,” ketusnya.

Pendapat lain, juga dikemukakan dari anggota Komisi A DPRD Makassar Kasrudi. Ia memandang sikap acuh yang ditunjukkan Rudy Djamaluddin, dinilai melecehkan dan meremehkan peran legislator di parlemen.

“Ada kesan melecehkan. Karena tiga kali tidak hadir. Rapat Paripurna ini, rapat tertinggi kami di DPRD Makassar. Absen tiga kali mengesankan ada perlawanan bagi kami,” terang Kasrudi kepada, Senin (28/9/2020).

Lanjut Kasrudi, rapat tertinggi sebagai rapat pengambilan keputusan itu seharusnya Pj walikota hadir karena telah diundang. Ia akan meminta jika memang ketidakhadirannya adalah hal urgen, atau dalam hal ini urusan negara, sebaiknya ada penjelasan kepada DPRD.

“Harusnya menghargai undangan itu. Kalaupun tidak hadir ada alasan atau ada urusan negara yang penting. Kalau tidak hadir harus ada penjelasan alasan khusus bahwa betul-betul ketidakhadirannya harus dalam keadaan genting. Saya merasa memang kita tidak dihargai, bahkan melecehkan,” ketus Kasrudi. (*)

Penulis: RESTI SETIAWATI

Editor: ANDI

Iklan PDAM
...

Populer

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

Inilah 6 Peran Ayah yang Ideal untuk Keluarga Ayah

 SULSELSATU.com - Ayah adalah bagian yang tak terpisahkan dalam keluarga. Keluarga bukan hanya urusan para Ibu, sementara urusan Ayah adalah mencari nafkah. Pembagian peran...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

Sejarah Singkat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Selasa (19/11/2018) hari ini, umat Muslim di seluruh dunia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau biasa dikenal dengan Maulid Nabi...

6 Kerajaan Tertua di Indonesia

SULSELSATU.com - Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak kerajaan pada jaman dahulu. Kerajaan-kerajaan tersebut pernah jaya pada masanya dan kini kita hanya bisa...

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...

VIDEO: Mahasiswi di Kupang Diduga Mesum saat Kuliah Online

SULSELSATU.com - Seorang mahasiswa di Kupang diduga berbuat mesum saat sedang mengikuti kuliah online viral di media sosial. Dalam video menunjukan proses perkuliahan yang diikuti...

Sejarah Singkat 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan

SULSELSATU.com - Hari ini, Bangsa Indonesia memperingati 10 November Hari Pahlawan. Namun mungkin banyak yang belum tahu kenapa pada tanggal 10 November di tetapkaN...

Pj Rudy Rapid Test, Hasilnya Non Reaktif

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman...

Artikel Lainnya

Pucuk Coolinary Festival Ajak Foodies Jelajahi Beragam Rasa Kuliner Favorit Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Teh Pucuk Harum akan menggelar festival kuliner terbesar...

Peserta BJRB Lantamal VI Belajar Olahraga Selam dan Dayung

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Hari ke-2 Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) Tahun...

GALERI FOTO: Bekas Kantor Abu Tours Jadi “Sarang” APK

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Sejumlah warga melintas di depan eks kantor Abu...

Soal BLT DD yang Berujung Maut, Ini Tanggapan Camat Sinjai Borong

SULSELSATU.com, SINJAI - Kasus penganiayaan berujung maut yang diduga dipicu karena...

IDP Hadiri Launching Pemilihan Bupati Lutra

SULSELSATU.com, LUWU UTARA - Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (IDP)...

Terkini

VIDEO: TNI Antar Pulang Massa Aksi Tolak UU Cipta Kerja

  SULSELSATU.com - Puluhan Prajurit TNI kawal pulang massa aksi unjuk rasa...

Donor Darah Aston Makassar Hasilkan 35 Kantong Darah

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Aston Makassar kembali menggelar kegiatan donor darah bersama...

Besok, Stadion Mattoanging Dibongkar

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel melalui Badan Keuangan dan...

Imam Islamic Center New York Temui Prof Rudy, Ini yang Dibahas

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Imam Islamic Center Of New York Amerika Serikat,...

Selamat, Jeneponto Peringkat Kedua Pencegahan Stunting di Sulsel

SULSELSATU.com, JENEPONTO - Kabupaten Jeneponto mendapat peringkat kedua di Sulawesi Selatan...