Logo Sulselsatu

Fokus Penanganan Covid-19, Segini Besaran RAPBD 2021 Kabupaten Maros

Asrul
Asrul

Selasa, 06 Oktober 2020 14:31

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAROS – Pemerintah Kabupaten Maros menyerahkan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2021 ke DPRD Maros, yang selanjutnya akan dibahas di komisi masing-masing, Senin (6/10/2020).

Adapun yang dibahas besaran dari RAPBD dari segi pendapatan sebesar Rp 1,4 triliun, yang terdiri dari pendapatan asli daerah sebesar Rp 302 miliar. Sementara untuk pendapatan transfer, ditargetkan sebesar Rp 1,1 triliun, dengan sisa lebih pembiayaan anggaran (Silpa) sebesar Rp 8 miliar.

Kemudian untuk belanja daerah, dianggarkan sebesar Rp 1,4 triliun, dengan rincian belanja operasi sebesar Rp 926 miliar, belanja modal Rp 357 miliar, belanja tidak terduga sebesar Rp 2 miliar dan belanja transfer sebesar Rp 166 miliar.

Untuk anggaran 2021 ini, Bupati Maros Hatta Rahman mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Maros diarahkan untuk mengalokasikan anggaran untuk penanganan Covid-19 dengan prioritas penanganan kesehatan dan juga penanganan dampak ekonomi, terutama menjaga agar dunia usaha tetap hidup.

Selain itu, Pemkab juga didorong untuk mengalokasikan anggaran penyediaan jaring pengaman sosial.

“Dengan terjadinya pandemi yang berdampak pada ketidakpastian perekonomian dunia dan pertumbuhan nasional, maka tema pembangunan nasional bertemakan mempercepat pemulihan ekonomi dan reformasi sosial,” ujarnya.

Dengan adanya pedoman tersebut, kata dia, Pemkab Maros memprioritaskan pembangunan dalam 6 poin. Mulai dari akselerasi pengurangan kemiskinan dan pengangguran, peningkatan kualitas hidup dan kualitas SDM Masyarakat dan peningkatan iklim investasi dan daya saing ekonomi masyarakat.

“Selain itu, peningkatan infrastruktur wilayah yang mendukung pencapaian pelayanan dasar dan berwawasan lingkungan dan juga pemantapan tata Kelola pemerintahan guna menghasilkan pelayanan public dan kondusifitas wilayah,” jelasnya.

Ia pun berharap, semoga dalam waktu yang tidak terlalu lama, RAPBD ini dapat dibahas menjadi APBD Kabupaten Maros tahun 2021. (*)

Penulis: INDRA SADLI PRATAMA

Editor: ANDI

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video18 Mei 2024 22:20
VIDEO: Anak Hilang Misterius Dijembatan Merah Makassar Ditemukan Meninggal Dunia di TPA Antang
SULSELSATU.com – Media sosial dihebohkan dengan anak hilang di jembatan merah, Makassar, Sulawesi Selatan. Anak tersebut berhasil ditemukan dala...
Kesehatan18 Mei 2024 21:35
Kupas Tuntas Penyakit Lupus, Waspada Autoimun
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penyakit Lupus atau umum dikenal Systemic Lupus Erythematosus merupakan penyakit reumatik autoimun yang menyerang be...
Video18 Mei 2024 20:37
VIDEO: Trafo Terbakar Depan Masjid Al-Khaeriyah Palopo
SULSELSATU.com – Sebuah trafo tiang listrik terbakar di depan Masjid Al-Khaeriyah, Wecudai, Palopo tiba-tiba meledak. Kejadian tersebut terjadi ...
Makassar18 Mei 2024 19:19
Kepala Humas UNM Edukasi Warga Tentang Perda Perlindungan Guru Sebagai Profesi Mulia
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Akademisi Universitas Negeri Makassar (UNM), Dr. Burhanuddin menjadi narasumber dalam sosialisasi penyebarluasan pera...