Logo Sulselsatu

Legislator Gorontalo Sharing Pengelolaan IPAL Komunal ke Dinas PU Makassar

Asrul
Asrul

Kamis, 22 Oktober 2020 16:57

Legislator Gorontalo Sharing Pengelolaan IPAL Komunal ke Dinas PU Makassar

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Gorontalo, berkunjung ke Dinas PU kota Makassar untuk melakukan sharing informasi mengenai pengelolaan IPAL Komunal.

Kunjungan DPRD Gorontalo ini dipimpin Ketua Komisi C, Siadauri Dj.Kinga, beranggotakan lima orang dan staf Sekretariat DPRD Gorontalo. Kunjungan diterima oleh Kepala Seksi Sanitasi & Air Bersih, Nuraeni Bakiman, dihadiri Kepala UPT PAL, Kerlinus B.

Siadauri mengatakan, di Gorontalo sudah ada terbangun beberapa titik IPAL Komunal, tetapi dari segi pemanfaatan belum maksimal. Dimana sebagian masyarakat belum mengetahui dampak air limbah terhadap lingkungan sekitar.

Baca Juga : Jalan Metro Tanjung Bunga Akan Dibeton, Dinas PU Makassar Alokasikan Anggaran Rp90 Miliar

“Dengan adanya kunjungan ini diharapkan sharing dan masukan pengelolaan IPAL Komunal di Gorontalo nantinya,” ujarnya.

Sponsored by MGID

Kepala Seksi Sanitasi dan Air Bersih Dinas PU Makassar, Nuraeni Bakiman menjelaskan, bahwa di Kota Makassar sendiri sistem pengolahan air limbah ada IPLT, sementara ini progres pembangunan jaringan perpipaan IPAL Losari dengan skala kota, untuk IPAL Komunal sudah terbangun kurang lebih 150 titik tersebar di beberapa kelurahan.

“Pada Dinas PU untuk pembangunan fisik di bidang sedangkan untuk pengelolaan pasca konstruksi oleh UPT PAL, sehingga untuk menjaga keberlanjutan pemanfaatannya dilakukan sosialisasi berkala oleh UPT PAL terkait bagaimana pengelolaan air limbah dimasyarakat, termasuk operasional dan pemeliharaannya,” ujarnya.

Baca Juga : Top! UPT Lampu Jalan Dinas PU Makassar Selalu Jaga Kota Daeng Tetap Terang

Untuk itu dengan terbentuknya unit teknis pengelola (UPT) diharapkan pengelolaan air limbah pasca konstruksi tetap terjaga keberlanjutannya dengan adanya monitoring, pembinaan dan sosialisasi terkait pengelolaan air limbah domestik. (*)

Penulis: RESTI SETIAWATI

Editor: ANDI

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Metropolitan23 September 2021 22:15
Perumda Air Minum Makassar Laksanakan Instruksi BPK
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Berdasarkan Instruksi BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) terkait air baku yang akan diolah sebagai air bersih harus teruk...
Video23 September 2021 22:05
VIDEO: Satpol PP di Bekasi Minta Konsumen Masuk Minimarket Pakai PeduliLindungi, Ahli: Berlebihan
SULSELSATU.com – Sosialisasi petugas Satpol PP untuk pemasangan barcode PeduliLindungi di minimarket di Bekasi dianggap berlebihan. Dalam video ...
Ekonomi23 September 2021 21:17
Yuk Merapat! PLN Cari Mitra Usaha untuk Bangun Lebih dari 100 SPKLU
SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT PLN (Persero) membuka peluang kerja sama bagi para pelaku usaha untuk ikut membangun 101 stasiun pengisian kendara...
Sponsored by MGID
Adventorial23 September 2021 21:00
Pemkot-DPRD Masih Kaji Aturan PTM di Parepare
SULSELSATU.com, Parepare — Meski Pemerintah Kota Parepare belum memperbolehkan kegiatan sekolah luar jaringan (luring) atau Pembelajaran Tatap M...