Muktamar PPP Digelar di Makassar, Presiden dan Wapres Dijadwalkan Hadir

images-ads-post

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Presiden Joko Widodo direncanakan akan hadir dalam acara muktamar IX Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Makassar yang direncanakan dimulai pada 18 hingga 21 Desember 2020.

Ketua Panitia Lokal, Muh Aras mengatakan Muktamar IX kali ini cukup berbeda. Sebab untuk pertama kalinya, akan dilangsungkan di luar pulau Jawa.

“Sebelum-sebelumnya kan, selalu di Pulau Jawa. Nah muktamar kali ini, kita akan gelar di Makassar. Apalagi kita sebagai tuan rumah,” kata Aras saat ditemui di Makassar, Kamis (12/11/2020).

Aras menuturkan, muktamar IX PPP kali ini juga terasa spesial karena akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin. Selain itu, sejumlah orang-orang penting juga dijadwalkan hadir. Diantaranya ialah beberapa menteri, pengurus DPP partai, majelis syariah, badan otonom partai, 34 DPW PPP, hingga kader dan simpatisan.

“Targetnya 1500 peserta, tapi kemungkinan bisa mencapai 3000 sampai 5000 peserta. Melihat antusias kader dan simpatisan yang akan hadir,” ungkap Aras.

Anggota DPR RI ini melanjutkan, agenda muktamar IX ini ialah pemihan ketua umum untuk periode 2020-2025. Beberapa nama telah mencuat sebagai bakal calon ketua umum (bacaketum), mulai dari figur eksternal maupun internal PPP.

Diantaranya ialah Ketum PPP Suharso Monoarfa, Wantimpres Mardiono serta Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Adapun dari figur eksternal yang mencuat akhir-akhir ini ialah Sandiaga Uno yang merupakan kader Gerindra.

“Tapi kan kami punya AD/ART sebagai syarat caketum. Dimana figur yang bersangkutan harus menjadi pengurus sebelumnya, baik di DPP atau di DPW,” jelas Aras.

Salah satu panitia lokal, Hamka Anas menambahkan bahwa persiapan muktamar IX PPP di Makassar sudah mencapai 80 persen. Khusus untuk venue agenda besar ini sudah aman.

“Jadi seluruh peserta muktamar IX itu, wajib datang di Makassar. Makanya kita siapkan tiga hotel besar yang sudah dibooking full. Ada Claro, Mercure dan Four Point by Sheraton, akan diback up tiga hotel lainnya,” jelas Hamka.

Hamka menjelaskan, Claro akan dipilih sebagai venue utama lokasi muktamar IX. Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, maka peserta akan dibatasi masuk dalam ruangan.

“Kalau lokasi utama dirasa sudah penuh sesuai dengan standar protkes, maka peserta muktamar IX bisa melakukan virtual di kamarnya masing-masing. Kita sudah siapkan komputer di setiap kamarnya,” tutup Hamka.

Editor: Asrul