HUT ke-413 Tahun, Sinergi Pemprov dan Pemkot Kembalikan Kejayaan Makassar

images-ads-post

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penjabat Walikota Makassar Rudy Djamaluddin mengungkap sejarah kejayaan Makassar yang tersohor karena pariwisatanya.

Tanah Makassar terkenal dengan perputaran ekonomi yang kuat dengan sinergitas semua pihak juga para investornya. Hal inilah yang ia ungkapkan saat memberikan sambutan pada hari jadi Kota Makassar 413 tahun di ruang rapat paripurna DPRD Kota Makassar, Sabtu (14/11/2020).

Rudy dalam sambutannya optimis Makassar bisa kembali berjaya dan kembali bangkit ditengah pandemi Covid-19, menyusul sinergi yang kuat antara seluruh elemen, baik legislatif, termasuk Pemerintah Propinsi Sulsel.

“Alhamdulillah, berkat sinergi yang erat Maksssar mampu keluar dari zona merah dan terus melakukan upaya pengendalian Covid hingga saat ini. Kita tidak ingin lambat-lambat dalam memulihkan ekonomi, makanya kita bangun program prioritas yang strategis dan tepat sasaran,” ujar Rudy.

Pada kesempatan ini, Rudy menyampaikan terima kasih kepada legislatif yang telah menganggarkan pelebaran jalan Metro Tanjung Bunga sebagai ikon baru yang akan membawa multiplier effect yang tinggi terhadap pergerakan ekonomi masyarakat. Selain itu, Rudy juga berterima kasih kepada Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah yang telah menginisiasi lahirnya ikon baru di Kota Makassar, seperti pembangunan lego-lego di kawasan CPI.

“Kami juga berterima kasih atas prakarsa bapak gubernur, yang akan menghadirkan twin tower di kawasan CPI yang nantinya akan menciptakan paradigma baru hubungan eksekutif dan legislatif menjadi sinergi yang lebih kuat.

Kita juga akan melakukan penataan zona kawasan wisata, revitalisasi taman dan pedesterian, termasuk perbaikan sistem lalu lintas sebagai program prioritas. Termasuk pembenahan sistem kebersihan, menghadirkan mobil compactor yang berfungsi sebagai pengangkut sampah yang lebih efisien. Infrastruktur pendukung segera kita bangun, seperti pasar modern, gedung parkir dan penataan jalan, termasuk bus wisata gratis di Kota Makassar yang akan menambah daya tarik wisata bagi pengunjung yang ingin menikmati Kota Makassar,” urai dia.

Pada kesempatan ini, Rudy juga menyebut sejumlah upaya dalam menggerakkan sektor riil, seperti kerajinan tangan, serta ribuan produk-produk UMKM yang akan dimunculkan sebagai produk unggulan, termasuk kerajinan perak di Borong, dan kerajinan emas di Tallo.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah memberikan pesan khusus kepada seluruh jajaran Pemkot Makassar untuk terus fokus pada upaya penanganan Covid-19 yang dibarengi dengan pemulihan ekonomi masyarakat.

“Saya berharap semua tetap kompak memberikan perhatian yang besar terhadap perbaikan Kota Makassar. Kita bersyukur, meskipun pandemi, namun sejumlah program strategis tetap jalan di Makassar, termasuk penyelesaian jalan tol layang Pettarani,” ujar Nurdin yang mendapat aplaus dari seluruh hadirin.

Mantan Bupati Bantaeng ini juga menyampaikan kondisi Makassar yang

minim dengan akses pejalan kaki.

“Kita akan membantu untuk membangun lahan parkir yang representatif, agar jalan raya terbebas dari perparkiran liar. Demikian pula ketersedian ruang terbuka hijau yang perlu mendapat perhatian serius. Insya Allah, dalam waktu dekat juga, warga Makassar akan menikmati stadion Mattoanging sebagai stadion baru yang jauh lebih representatif,” ungkap Nurdin.

Puncak Peringatan hari jadi Kota Makassar ke 413 di laksanakan dalam bentuk rapat paripurna DPRD Kota Makassar yang dipimpin langsung Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo.

Penulis: Resti Setiawati

Editor: Asrul