Bapenda Gelar Sosialisasi Kepatuhan Bayar Pajak BPHTB

images-ads-post

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota menggelar sosialisasi kepatuhan wajib pajak untuk Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) di Hotel Claro Makassar, Senin (23/11/2020)

Pj Walikota Makassar, Rudy Djamaluddin mengatakan sosialiasi wajib pajak perlu dilakukan untuk meningkatkan pembayaran pajak. Ia pun menekankan dalam pembayaran pajak ada hak rakyat yang harus dipenuhi oleh pemerintah.

“Ada hak rakyat pada diri kita yaitu pembayaran pajak. Karna pajak yang dibangun untuk kota ini, tujuannya untuk kesejahteraan rakyat dan semakin meningkatkan ekonomi naik,” ujar Rudy.

Sementara, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar Irwan R Adnan mengaku secara umum pendapatan asli daerah (PAD) Makassar sebanyak 93 persen.

“Secara umum pendapatan kita masuk 93 persen, setelah ada covid dan rasionalisasi. Alhamdulillah kita dapat 93 persen, sekitar Rp760 miliar dari target Rp 813 miliar kita dapat,” jelasnya.

Khusus pencapaian BPHTB, kata Irwan, telah mencapai angka Rp70 miliar lebih atau 87 persen. Menurutnya, capaian tersebut sudah sangat luar biasa dengan kondisi Covid-19.

“Dengan catatan seperti ini sudah sangat luar biasa melihat kondisi covid ini, karena ini kan prediktibel. Tidak bisa kita tahu kapan orang transaksi tapi dengan kondisi sekarang ini bisa kita dapat sampai 87 persen itu sudah luar biasa.”

Penulis: Resti Setiawati
Editor: Asrul