Logo Sulselsatu

Analisis Lembaga Survei, Pemilih Mengambang Berpotensi ke Danny-Fatma

Yulhaidir Ibrahim
Yulhaidir Ibrahim

Sabtu, 05 Desember 2020 16:48

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Konsistensi pasangan Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (Danny-Fatma) bertarung gagasan dan ide, menjadi salah satu alasan kenapa elektabilitasnya terus melejit hingga saat ini.

Termasuk dari tiga kali debat, pasangan nomor urut 1 ini, berhasil tampil meyakinkan dengan tetap mengacu pada visi-misinya tanpa ikut-ikutan menebar “omong kosong” atau janji-janji yang justru tidak masuk dalam visi-misi.

Direktur Riset CRC, Muhammad Nur Hidayat mengurai, temuan di survei terbaru lembaganya, memang terkonfirmasi jika banyak warga menjatuhkan pilihan ke ADAMA, karena selain faktor bukti nyata kepemimpinan, juga konsisten beradu gagasan dan ide.

Khusus pemilih yang belum menentukan sikap atau masih ragu-ragu, diyakini bisa mengarahkan pilihannya pasca-debat pamungkas, kemarin. Meski jumlah swing voters sedikit lagi, namun potensi Danny-Fatma merebut pemilih itu sangat terbuka.

Apalagi jika mengacu pada debat terakhir, Danny-Fatma kembali tampil meyakinkan dengan konsisten mengurai visi-misi, dan menawarkan solusi untuk Makassar.

“Bisa jadi (elektabilitas Danny-Fatma bertambah). Artinya ketika melihat hasil survei bahwa ternyata debat cukup mempengaruhi pilihan masyarakat, bisa jadi itu bisa meningkatkan elektabilitas (Danny-Fatma),” kata Direktur Riset CRC, Muhammad Nur Hidayat, Sabtu (5/12/2020).

Pemilih yang berpeluang mengalihkan dukungan ke paslon yang identik dengan tagline ADAMA’ itu berasal dari kalangan swing voters. Istilah untuk para pemilih rasional yang dapat mengubah pilihannya sesuai dengan ide atau gagasan tertentu.

“Jika disinkronkan dengan temuan kita di survei kemarin bahwa masih ada sekitar 18,5 persen pemilih yang masih mungkin mengubah pilihannya nanti. Bisa jadi mereka itu menunggu debat ketiga,” demikian Nur Hidayat.

Dengan elektabilitas sebesar 45,9 persen saat ini (versi survei CRC) ditambah peluang untuk panen dukungan tambahan membuat pasangan Danny-Fatma bisa semakin melejit di detik-detik akhir jelang pemungutan suara, 9 Desember mendatang.

Meski unggul di survei terbaru, dan elektabilitasnya mengalami kenaikan hingga 5% dari survei sebelumnya, namun baik Danny maupun Fatma tetap mengingatkan segenap tim, relawan dan simpatisan untuk tidak lengah sedikit pun.

Bagi pasangan representasi perempuan ini, dukungan dan suara rakyat harus dikawal baik. Tidak membiarkan ada kecurangan terjadi. Karena itu, di sisa waktu yang ada harus fokus menjaga basis masing-masing, dan mengawasi praktik kecurangan. (*)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Bisnis28 Maret 2024 17:39
Pengiriman Barang Lebih Cepat dan Mudah Melalui Layanan Same Day Delivery Cahaya Bone
Cahaya Bone sebagai salah satu lini bisnis Kalla Transport & Logistcs (Translog) senantiasa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat....
Ramadan28 Maret 2024 16:22
Pegadaian Hadirkan Panggung Emas di Puncak Festival Ramadhan
PT Pegadaian memperingati hari ulang tahun PT Pegadaian yang ke-123 dan memeriahkan bulan Ramadhan 1445 H menghadirkan kegiatan Festival Ramadhan....
Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...
Aneka28 Maret 2024 13:55
Pertama di Indonesia, Pj Gubernur Sulsel Inisiasi Gerakan Sedekah Pohon
SULSELSATU.com, BONE – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kembali mencetak sejarah dengan melakukan gerakan sedekah pohon untuk masya...