KPU Resmi Tetapkan Danny-Fatma Pemenang Pilwali Makassar

images-ads-post

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Moh Ramdhan Pomanto dan Fatmawati Rusdi sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar terpilih hasil Pilkada Makassar. Dalam rapat pleno terbuka, di Hotel Claro Makassar, Sabtu ( 23/1/2020)

Ketua KPU Kota Makassar Farid Wajdi mengucapkan apresiasinya terhadap seluruh penyelenggara pemilu. Sebab, menurutnya, baru Pilkada di Tahun 2020 Kota Makassar bisa laksanakan dengan tenang tanpa isu yang serius.

Ia pun mengaku memfasilitasi semua kandidat dengan maksimal, sehingga tidak ada sengketa ataupun gugatan yang terjadi.

“Kami berupaya maksimal memfasilitasi seluruh tim, KPU pastikan sampai hari ini tidak ada satupun tim yang merasa terzalimi,” ujar Farid dalam sambutannya.

Tak hanya itu, pencapaian KPU bisa dilihat dari angka kenaikan partisipasi masyarakat meningkat dibandingkan Pilkada sebelumnya

“Sebelumnya 58,9 persen kali ini 59,6 persen. Prediksi kita kan partisipasi di tengah pandemi Covid-19 turun, ini lebih dari yang kita proyeksikan,” katanya

Meski pilkada ini berbeda sebab dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Kata farid, itu menjadi tantangan yang sulit namun tetap dilaksanakan dengan baik.

“Pilkada ini adalah Pilkada yang paling sukses yang pernah digelar oleh KPU Makassar,” tuturnya

diketahui, berdasarkan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada Makassar 2020, pasangan nomor urut 1, Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi menang dengan jumlah perolehan suara 218.908 (41,3 persen).

Posisi kedua ditempati pasangan nomor urut 2, Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando, dengan persen dengan perolehan suara 184.094 (34,7 persen). Posisi ketiga, ditempati pasangan nomor urut 3, Syamsu Rizal-Fadli Ananda, dengan perolehan suara 100.869 (19 persen).

Dan di posisi terakhir adalah pasangan nomor urut 4, Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin dengan perolehan suara 25.817 (4,9 persen).

Penulis: Resti Setiawati
Editor: Asrul